Serum bulu mata mengandung bahan aktif yang bisa memicu pertumbuhan bulu mata menjadi lebih tebal dan panjang.
Serum bulu mata dipercaya dapat memicu pertumbuhan bulu mata

Selain perawatan seperti eyelash extension dan lash lift, alternatif melentikkan bulu mata bisa dengan serum bulu mata. Meski demikian, tentu ada risiko efek samping seperti iritasi, mata merah, atau perubahan warna kulit di bagian sekitar bulu mata. Sebelum memutuskan memakai serum bulu mata, penting untuk tahu aturan mainnya.

Serum bulu mata banyak dijual di pasaran dan bisa juga diperoleh lewat preskripsi dokter. Formulanya beragam, namun ada yang mengandung bahan aktif yang bisa memicu pertumbuhan bulu mata menjadi lebih tebal dan panjang.

Fungsi serum bulu mata

Jenis serum bulu mata yang diberikan atas resep dokter biasanya formulanya sama seperti obat untuk mengatasi glaukoma. Berkaitan dengan kinerja prostaglandin, serum bulu mata mengintervensi siklus pertumbuhan bulu mata.

Selain itu, ada juga serum bulu mata yang dijual di pasaran. Sifatnya lebih ke melembapkan dan menjaga kondisi bulu mata. Umumnya, formula serum bulu mata di pasaran kaya akan antioksidan dan peptides.

Serum bulu mata yang ada di pasaran dapat membuatnya tampak lebih tebal, namun tidak akan membuat bulu mata menjadi lebih panjang. Belum lagi hal ini bergantung pada tekstur dan kondisi awal bulu mata setiap orang.

Efek samping serum bulu mata

Orang dengan jenis kulit apapun pada dasarnya aman-aman saja menggunakan serum bulu mata. Meski demikian, risiko efek samping tetap ada. Apa saja?

  • Kulit kemerahan
  • Iritasi
  • Perubahan warna kulit di sekitar kelopak mata
  • Mata kering
  • Pigmentasi di iris mata
  • Reaksi alergi

Inilah mengapa penting untuk tahu bagaimana cara memakai serum bulu mata yang paling tepat. Contohnya, harus dipakai aplikator khusus untuk mengoleskan serum di bagian garis tumbuhnya bulu mata bagian atas. Dengan demikian, kemungkinan serum masuk ke dalam mata dapat dikurangi.

Selain itu, ada juga hal lain yang perlu diperhatikan jika akan memakai serum bulu mata:

  • Periksa kandungan serum bulu mata, jika sedang menjalani pengobatan tertentu, konsultasikan kepada dokter
  • Tidak memakai serum bulu mata apabila memiliki masalah di mata atau kulit sekitarnya
  • Jangan biarkan ujung aplikator menyentuh bola mata atau permukaan lain yang belum tentu bersih seperti meja atau wastafel
  • Tidak memakai kontak lensa sebelum menggunakan serum bulu mata
  • Hanya memakai kontak lensa setidaknya 15 menit setelah memakai serum bulu mata untuk mengantisipasi penyerapan
  • Memastikan tangan dalam kondisi bersih sebelum dan sesudah memakai serum bulu mata

Apabila terjadi efek samping atau reaksi alergi setelah memakai serum bulu mata, segera hentikan penggunaannya. Jangan tunda pula bertanya kepada dokter agar bisa tahu bagaimana cara mengatasi alergi akibat serum bulu mata yang tepat.

Seberapa efektif serum bulu mata?

Efektif tidaknya penggunaan serum bulu mata tentu bergantung pada banyak hal. Mulai dari ketebalan awal bulu mata seseorang, kandungan serum yang digunakan, hingga reaksi alergi yang mungkin terjadi.

Namun dalam penelitian pada pengguna serum bulu mata yang memiliki kandungan sama dengan obat glaukoma, 25% mengakui bulu mata menjadi lebih panjang, sementara 18% lainnya merasa warna bulu matanya menjadi lebih gelap.

Durasi penggunaan serum bulu mata juga turut menentukan efektivitasnya. Ada yang mengaplikasikannya setiap hari hingga beberapa bulan, baru mengurangi durasinya menjadi lebih sedikit.

Tidak seperti lash lift yang jelas efektif selama sekitar 6-8 minggu saja, belum diketahui pasti berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendapatkan bulu mata tampak lebih lentik atau tebal. Hasil tentang hal ini tentu perlu pengamatan dalam jangka waktu panjang.

Penting untuk tahu bahwa serum bulu mata bukan satu-satunya cara untuk membuat bulu mata tampak lebih lentik. Ekspektasi harus disesuaikan dengan realita. Utamanya bagi yang mengalami reaksi alergi atau efek samping, sebaiknya hentikan penggunaan serum yang satu ini.

Ada banyak alternatif cara melentikkan bulu mata yang aman seperti menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, maskara yang tepat, sikat gigi, bahkan sendok sekalipun!

Dari banyaknya cara untuk melentikkan bulu mata, mana yang paling tepat untuk tiap individu tentu berbeda-beda. Sebisa mungkin, cari yang paling aman dan tidak berisiko menimbulkan efek samping.

Bustle. https://www.bustle.com/articles/159267-9-eyelash-growing-hacks-for-fuller-longer-lashes

Diakses 30 April 2020

In Style. https://www.instyle.com/beauty/skin/eyelash-growth-serums-facts

Diakses 30 April 2020

WebMD. https://www.webmd.com/eye-health/eyelash-extensions-and-eyelash-growth-serum#1

Diakses 30 April 2020

Artikel Terkait