Mengenal Manfaat Serum Bulu Mata dan Efek Sampingnya Dibaliknya


Manfaat serum bulu mata dipercaya dapat merangsang pertumbuhan bulu mata sekaligus membuatnya lebih lebat. Namun, ketahui cara memakai serum bulu mata yang tepat agar terhindar dari efek samping yang mungkin terjadi.

(0)
18 May 2020|Azelia Trifiana
Serum bulu mata mengandung bahan aktif yang bisa memicu pertumbuhan bulu mata menjadi lebih tebalSerum bulu mata dipercaya dapat memicu pertumbuhan bulu mata
Selain melakukan perawatan, seperti eyelash extension dan lash lift, penggunaan serum bulu mata diyakini sebagai alternatif cara menumbuhkan bulu mata lainnya yang bisa dilakukan. Meski ada berbagai manfaat serum bulu mata, pastikan Anda mewaspadai efek samping yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, sebelum menerapkan cara memakai serum bulu mata, pastikan Anda tahu aturan mainnya terlebih dahulu.

Apa itu serum bulu mata? 

Serum bulu mata adalah salah satu produk penumbuh bulu mata yang diyakini dapat merangsang pertumbuhan bulu mata sekaligus membuatnya lebih tebal dan kuat. Serum penumbuh bulu mata banyak dijual di pasaran, serta bisa diperoleh melalui resep dokter. Formulanya pun beragam, tetapi utamanya mengandung bahan aktif yang bisa memicu pertumbuhan bulu mata menjadi lebih cepat dan tampak lebih tebal.Salah satu kandungan utama pada serum bulu mata adalah asam amino. Asam amino tidak hanya membantu memproduksi protein, tetapi juga memelihara dan memperbaiki kerusakan pada bulu mata. Namun, sejumlah serum penumbuh bulu mata memasukkan asam amino dalam nama yang berbeda, seperti peptida. Peptida berfungsi untuk menutrisi dan memperkuat bulu mata yang rapuh. 

Apa manfaat serum bulu mata? 

Manfaat serum bulu mata bisa membuatnya tampak lebih lebat
Serum bulu mata bisa membuat bulu mata tampak lebih lebat
Beberapa manfaat serum bulu mata, di antaranya:

1. Merangsang pertumbuhan bulu mata

Salah satu manfaat serum bulu mata adalah merangsang pertumbuhan bulu mata. Umumnya, serum bulu mata yang diberikan berdasarkan resep dokter memiliki formula yang sama seperti obat untuk glaukoma. Cara kerja yang mirip prostaglandin membuat serum penumbuh bulu mata bisa mempercepat pertumbuhannya. 

2. Membuat bulu mata lebih lebat atau tebal

Membuat bulu mata lebih lebat atau tebal juga menjadi manfaat serum bulu mata. Perlu diketahui bahwa serum bulu mata hanya dapat membantu menebalkan bulu mata, tetapi tidak membuatnya jadi lebih panjang. Pasalnya, kondisi tebal tidaknya bulu mata tergantung pada tekstur dan kondisi awal bulu mata setiap orang. 

3. Melembapkan bulu mata

Manfaat serum bulu mata berikutnya adalah melembapkan bulu mata dan menjaga kondisinya agar tetap prima. Umumnya, formula serum bulu mata ini diperkaya dengan kandungan antioksidan dan peptida. Tergantung pada jenis bulu mata dan formula serum penumbuh bulu mata yang digunakan, manfaat serum bulu mata mungkin dapat dirasakan setelah 1 bulan. Bahkan, Anda mungkin sudah bisa melihat perbedaan bulu mata sebelum dan sesudahnya dalam waktu 3-4 bulan. 

Apakah serum bulu mata aman digunakan? 

Jika digunakan dengan benar, serum bulu mata cenderung aman untuk digunakan. Anda bisa menggunakan serum bulu mata 2-3 kali sehari ketika bulu mata sudah dalam kondisi bersih. Hindari menggunakan serum bulu mata saat Anda menggunakan riasan mata dan lensa kontak. Namun, pastikan Anda mengikuti aturan cara memakai serum penumbuh bulu mata yang tertera pada kemasan. Jika Anda mengalami reaksi negatif, seperti mata gatal, mata merah, tumbuh bulu mata pada area yang tidak diinginkan, kelopak mata menggelap, atau muncul pigmentasi, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter. 

Seberapa efektif serum penumbuh bulu mata digunakan?

Efektif tidaknya penggunaan serum bulu mata tentu bergantung pada banyak hal. Mulai dari ketebalan awal bulu mata seseorang, kandungan serum yang digunakan, hingga reaksi alergi yang mungkin terjadi.Namun, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan serum bulu mata yang kandungannya sama dengan obat glaukoma, sebanyak 25 persen mengakui bulu matanya menjadi lebih panjang. Sementara, 18 persen lainnya merasa warna bulu matanya menjadi lebih gelap.Perlu diketahui bahwa durasi penggunaan serum bulu mata juga turut menentukan efektivitasnya. 

Bagaimana cara memakai serum bulu mata?

Cara memakai serum bulu mata sangat penting diterapkan guna meminimalisir efek samping yang mungkin dialami. Misalnya, cara memakai serum bulu mata perlu menggunakan aplikator khusus untuk mengoleskan serum pada bagian garis tumbuhnya bulu mata bagian atas. Dengan demikian, kemungkinan cairan serum masuk ke dalam mata bisa dicegah. Selain itu, ada juga hal lain yang perlu diperhatikan sebagai cara memakai serum bulu mata, seperti:
  • Periksa kandungan serum bulu mata. Apabila Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. 
  • Tidak memakai serum bulu mata apabila memiliki masalah di mata atau kulit sekitarnya.
  • Jangan biarkan ujung aplikator menyentuh bola mata atau permukaan lain yang belum tentu bersih, seperti meja atau wastafel.
  • Tidak memakai kontak lensa sebelum menggunakan serum bulu mata.
  • Hanya memakai kontak lensa setidaknya 15 menit setelah memakai serum bulu mata untuk mengantisipasi penyerapan.
  • Memastikan tangan dalam kondisi bersih sebelum dan sesudah memakai serum bulu mata

Apa efek samping serum bulu mata?

Meski serum bulu mata aman digunakan, risiko efek samping tetap ada. Adapun beberapa efek samping serum bulu mata yang mungkin terjadi, di antaranya:
  • Kulit kemerahan.
  • Iritasi.
  • Perubahan warna kulit di sekitar kelopak mata.
  • Mata kering.
  • Pigmentasi di iris mata.
  • Reaksi alergi.
Apabila terjadi efek samping atau reaksi alergi sesaat setelah memakai serum bulu mata, segera hentikan penggunaannya. Jangan tunda bertanya dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. [[artikel-terkait]]Meski ada berbagai manfaat serum bulu mata, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mendapatkan rekomendasi yang tepat. Jika Anda masih punya pertanyaan seputar serum penumbuh bulu mata, konsultasikan dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, download sekarang melalui App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanproduk kecantikancara memanjangkan bulu mata
Bustle. https://www.bustle.com/articles/159267-9-eyelash-growing-hacks-for-fuller-longer-lashes
Diakses 30 April 2020
In Style. https://www.instyle.com/beauty/skin/eyelash-growth-serums-facts
Diakses 30 April 2020
WebMD. https://www.webmd.com/eye-health/eyelash-extensions-and-eyelash-growth-serum#1
Diakses 30 April 2020
Byrdie. https://www.byrdie.com/lash-growth-serum
Diakses 10 Maret 2021
Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/g21685030/best-eyelash-serums/
Diakses 10 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait