Mengenal Fungsi Retikulum Endoplasma Kasar dan Halus


Fungsi retikulum endoplasma kasar berfokus sintesis protein dan menciptakan membran. Sementara itu, fungsi retikulum endoplasma halus dapat beragam sesuai dengan jenis selnya.

0,0
26 Jul 2021|Nenti Resna
Fungsi retikulum endoplasma kasar berbeda dengan fungsi retikulum endoplasma halusIlustrasi nukleus dan retikulum endoplasma yang terbagi menjadi dua (kasar dan halus)
Retikulum endoplasma adalah organel (semacam organ) yang merupakan bagian dari sel eukariotik dan memiliki peranan yang sangat penting. Fungsi retikulum endoplasma adalah memproduksi, memproses, sekaligus sarana transportasi protein transmembran dan lipid untuk membran sel beserta berbagai komponen sel lainnya.

Pengertian retikulum endoplasma

Retikulum endoplasma adalah organel yang membentuk serangkaian kantung pipih dalam sitoplasma sel eukariotik. Semua jenis sel eukariotik memiliki organel retikulum endoplasma. Sistem membran ini punya berbagai fungsi penting, yakni memproduksi, memproses, serta sarana transportasi protein transmembran dan lipid.Selain itu, fungsi retikulum endoplasma lainnya meliputi penyimpanan kalsium dan metabolisme lipid. Bermacam-macam fungsi ini dilakukan oleh domain berbeda, yang terdiri dari tubulus beserta lapisan dan selubung inti sel (nukleus).Retikulum endoplasma juga dapat berubah bentuk sebagai respons terhadap:
  • Sinyal sel
  • Tipe sel
  • Keadaan siklus sel
  • Masa perkembangan organisme

Fungsi retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma terdiri dari selubung nukleus dan perifer retikulum. Lebih jauh lagi, perifer retikulum terbagi menjadi retikulum endoplasma halus dan retikulum endoplasma kasar.Retikulum endoplasma kasar mengandung ribosom yang melekat, sedangkan retikulum endoplasma halus tidak memilikinya. Selain itu, terdapat sejumlah perbedaan fungsi retikulum endoplasma kasar dan halus.

1. Fungsi retikulum endoplasma kasar

Secara umum, fungsi retikulum endoplasma kasar adalah mensintesis protein melalui proses penerjemahan dan memproduksi membran. Berikut adalah penjelasan seputar fungsi retikulum endoplasma kasar secara keseluruhan.
  • Menghasilkan protein

Fungsi retikulum endoplasma kasar yang utama adalah memproduksi dan memproses protein tertentu pada ribosom yang kemudian akan diekspor.Ribosom melakukan tugasnya dan membuat protein, kemudian dikirim ke retikulum endoplasma kasar untuk diproses lebih lanjut.
  • Pelipatan protein

Protein yang dihasilkan oleh retikulum endoplasma kasar dilipat menjadi bentuk tiga dimensi dan karbohidrat ditambahkan. Setelah pelipatan selesai, protein-protein tersebut siap untuk dikirim.
  • Transportasi protein

Fungsi retikulum endoplasma kasar meliputi transportasi protein siap pakai ke tempat yang membutuhkannya. Protein ini juga dapat dikirim ke badan Golgi melalui vesikel untuk diproses lebih lanjut.
  • Pemeriksaan kualitas protein

Setelah dibuat, setiap protein yang dibuat akan menjalani evaluasi kualitas secara menyeluruh. Protein diperiksa berdasarkan urutan dan struktur yang benar. Jika tidak sesuai, protein akan ditolak dan dikirim kembali untuk didaur ulang.

2. Fungsi retikulum endoplasma halus

Retikulum endoplasma halus bentuknya seperti jaringan tubular yang saling berhubungan dan dapat meluas ke pinggiran sel. Bagian ini terutama bertanggung jawab untuk produksi dan metabolisme lipid.DI samping itu, berikut adalah sejumlah fungsi retikulum endoplasma halus yang memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup manusia:
  • Metabolisme karbohidrat
  • Pengaturan ion kalsium
  • Sintesis dan metabolisme, baik untuk steroid maupun lipid
  • Penyimpanan enzim, steroid, dan ion
  • Detoksifikasi obat
  • Sintesis membran
  • Transportasi lipid dan protein yang baru disintesis dari retikulum endoplasma kasar ke lokasi lain, baik di dalam maupun di luar sel.
Sementara itu, berikut adalah beberapa fungsi retikulum endoplasma halus yang bervariasi berdasarkan jenis selnya.
  • Pada jenis sel otot tertentu, retikulum endoplasma halus menyimpan ion kalsium. Pelepasan ion kalsium ini dapat menghasilkan kontraksi otot.
  • Pada sel hati, retikulum endoplasma halus memiliki fungsi detoksifikasi karena mengandung enzim yang dapat menonaktifkan racun berbahaya, misalnya dari sisa metabolisme dan obat-obatan.
  • Fungsi retikulum endoplasma di sel-sel organ reproduksi adalah menghasilkan hormon steroid, seperti estrogen dan testosteron.
  • Organel retikulum endoplasma juga dapat membantu mengubah glukosa-6-fosfat menjadi glukosa dalam proses glukoneogenesis, yakni proses produksi glukosa dari sumber nonkarbohidrat. Proses ini terutama terjadi di organ hati.
  • Pada jenis sel tumbuhan tertentu, retikulum endoplasma halus memfasilitasi hubungan antara sel-sel yang berdekatan melalui plasmodesmata.
Retikulum endoplasma kasar dan halus biasanya terhubung satu sama lain. Hal ini memungkinkan protein dan membran yang dibuat oleh retikulum endoplasma kasar bisa bergerak dengan bebas ke dalam retikulum endoplasma halus untuk diangkut ke bagian sel lainnya.Salah satu hal yang menarik dari retikulum endoplasma adalah retikulum endoplasma kasar dan halus dapat berubah dari satu jenis ke jenis lainnya. Perubahan terjadi berdasarkan pada kebutuhan sel, terutama kebutuhan enzimatik. Perubahan ini terjadi melalui proses penyisipan protein.Itulah penjelasan seputar fungsi retikulum endoplasma kasar dan halus. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
protein
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4700099/
Diakses pada 12 Juli 2021
Thoughtco. https://www.thoughtco.com/endoplasmic-reticulum-373365
Diakses pada 12 Juli 2021
Britannica. https://www.britannica.com/science/endoplasmic-reticulum
Diakses pada 12 Juli 2021
Biology Wise. https://biologywise.com/rough-endoplasmic-reticulum-function
Diakses pada 12 Juli 2021
Biiology Wise. https://biologywise.com/smooth-endoplasmic-reticulum-2
Diakses pada 12 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait