logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Mengenal Fungsi Kandung Kemih dan Cara-cara Menjaga Kesehatannya

open-summary

Fungsi kandung kemih di tubuh adalah untuk menyimpan urine hasil dari penyaringan ginjal. Tidak menjaga kesehatannya dapat menyebabkan infeksi pada kandung kemih.


close-summary

22 Okt 2019

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Fungsi kandung kemih adalah untuk menyimpan urine hasil penyaringan ginjal

Kandung kemih terletak di panggul, belakang atas tulang pubis

Table of Content

  • Apa itu kandung kemih?
  • Anatomi dan struktur kandung kemih
  • Fungsi kandung kemih dalam tubuh
  • Gangguan pada fungsi kandung kemih
  • Cara menjaga kesehatan fungsi kandung kemih

Tubuh manusia diciptakan dengan beragam sistem dan organ, termasuk sistem perkemihan atau urinaria. Dari beberapa bagian, terdapat kandung kemih yang berfungsi sebagai tempat menampung urine. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai kandung kemih beserta fungsinya.

Advertisement

Apa itu kandung kemih?

Kandung kemih adalah organ berongga yang mempunyai bentuk segitiga. Letaknya berada di perut bagian bawah, tepatnya pada panggul dan belakang atas tulang pubis.

Mengutip dari Cleveland Clinic, kandung kemih terbuat dari otot dan bentuknya seperti balon. Untuk itu, organ ini akan mengembang saat terisi

Kapasitas normal kandung kemih untuk menyimpan urine, yaitu sekitari 400-600 ml. Pada saat kosong, organ ini memiliki ukuran dan bentuk seperti buah pir.

Ada pula yang mengatakan bahwa fungsi kandung kemih seperti perut. Ini karena kantungnya dapat mengembang, lalu berkontraksi saat kosong.

Anatomi dan struktur kandung kemih

Anatomi dan struktur kandung kemih
Anatomi dan struktur kandung kemih

Kandung kemih atau nama lainnya adalah vesika urinaria terdiri dari empat bagian, di antaranya adalah:

  • Apex, bagian atas kandung kemih yang puncaknya mengarah ke depan arah dinding perut.
  • Fundus, merupakan bagian dasar kandung kemih.
  • Tubuh, bagian utama yang letaknya ada di antara puncak dan fundus.
  • Leher, bagian sempit yang menghubungkan organ ke uretra.

Perlu Anda ketahui bahwa struktur kandung kemih tergolong sangat fleksibel karena terdiri dari otot polos. Pita otot polos membentuk otot detrusor, yaitu otot utama kandung kemih.

Otot detrusor bekerjasama dengan sfingter urine, sehingga berfungsi untuk menahan atau mendorong urine keluar dari kandung kemih. Urine akan keluar melalui uretra.

Fungsi kandung kemih dalam tubuh

Fungsi utama kantong kemih adalah untuk menyimpan urine, sebagai hasil penyaringan organ ginjal.

Kandung kemih akan menyimpan serta menahan air seni hingga waktunya harus dikeluarkan. Ureter membawa urine ke kantong kemih melalui ginjal, melalui persimpangan ureterovesikal.

Saat kandung kemih terisi urine, saraf mengirimkan sinyal ke sistem saraf pusat. Setelah itu, akan terjadi relaksasi dan kontraksi otot untuk mengeluarkan urine. Maka dari itu, buang air kecil menjadi lebih terkontrol.

Gangguan pada fungsi kandung kemih

Menjadi bagian dalam sistem eksresi, kandung kemih juga berfungsi untuk membantu mengeluarkan kotoran dan juga zat sisa metabolisme lainnya.

Namun, ada kalanya organ ini juga mengalami gangguan atau kondisi tertentu yang akibatnya memengaruhi fungsi hingga mengalami penyakit kandung kemih.

1. Kanker kandung kemih

Ini adalah jenis kanker yang umum terjadi pada kandung kemih, sehingga memengaruhi fungsinya. Anda perlu melakukan biopsi untuk melihat seberah jauh kanker kandung kemih telah menyebar.

2. Cysitis

Sisitis adalah peradangan yang terjadi pada kantong kemih. Umumnya, penyebab dari kondisi ini adalah infeksi saluran kemih atau obat-obatan tertentu.

3. Cystocele

Cystiocele adalah masalah yang terjadi sata ligamen dan struktur yang menahan kandung kemih terganggu atau prolaps.

Ini mengakibatkan kandung kemih tergelincir ke bawah, sehingga memengaruhi fungsinya. Bahkan, bisa sampai terlihat tonjolan pada vagina.

4. Kerusakan operasi panggul

Ternyata, operasi panggul juga bisa menjadi penyebab kerusakan fungsi kandung kemih atau saraf pembuluh darah. Ahli bedah perlu berhati-hati untuk menghindari kerusakan kandung kemih.

5. Inkontinensia

Inkontinensia adalah istilah yang digunakan untuk bocornya urine karena keluar secara tidak sengaja. Kondisi ini biasanya terjadi karena kelemahan pada otot detrusor.

Anda bisa melakukan latihan otot panggul atau obat sesuai resep dokter untuk mengatasinya.

Cara menjaga kesehatan fungsi kandung kemih

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai cara untuk menjaga kandung kemih Anda senantiasa sehat, yaitu:

1. Buang air kecil sampai benar-benar selesai

Anda tak boleh terburu-buru saat buang air kecil. Sebaiknya, pastikan tidak ada urine yang masih tertinggal di dalam kantong kemih urine.

Ini penting untuk menghindari infeksi saluran kemih. Urine yang tidak dikeluarkan dengan sempurna, akan kembali ke kandung kemih. Hal ini, akan membawa bakteri ke dalam sistem kemih tubuh Anda.

2. Berhenti merokok

Rokok tak hanya buruk untuk paru-paru dan jantung Anda. Organ lainnya, termasuk kandung kemih berisiko mengalami kanker jika Anda masih menerapkan cara hidup tak sehat ini.

3. Minum air secukupnya

Minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh, dapat mengeluarkan bakteri keluar dari saluran kemih, yang kemudian menurunkan risiko Anda terkena infeksi kandung kemih.

Kebutuhan cairan perlu disesuaikan dengan tubuh, jenis aktivitas, umur, serta kondisi cuaca tempat tinggal. Apabila merasa haus, Anda harus segera minum, sampai tak lagi merasa dahaga.

4. Membersihkan area kelamin

Bagi para wanita, membersihkan area genital dapat mencegah risiko infeksi kandung kemih. Sebab, kaum hawa memang lebih berisiko untuk mengalami infeksi ini.

Maka dari itu, sebaimya jangan lupa untuk membersihkan area vagina pada sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual.

5. Hindari duduk terlalu lama

Bagi Anda pekerja kantoran, alokasikan 5 menit tiap jamnya untuk berdiri atau bergerak. Sebab, duduk terlalu lama membuat Anda berisiko untuk mengalami masalah fungsi di kandung kemih.

Sebagai contoh, sering buang air kecil di malam hari, pengosongan kandung kemih yang tidak sempurna, atau aliran urine yang lemah.

Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang fungsi kandung kemih, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

urinesaluran kemihkandung kemihanatomi manusia

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved