Mengenal Fungsi Alis Mata dan Cara Menebalkannya dengan Alami


Fungsi alis mata utamanya adalah untuk menghalau keringat dan sinar matahari langsung ke mata. Memiliki bentuk alis mata yang indah dapat mengubah penampilan wajah. Banyak wanita berusaha mempertebal alis mata mereka.

0,0
30 Jun 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Fungsi alis mata utamanya adalah untuk menghalau keringat dan sinar matahari langsung ke mataAlis mata membantu menjaga mata tetap bersih dan jernih
Alis mata berada tepat di atas mata dengan sejumlah rambut halus dan pendek. Fungsi alis mata secara umum melindungi mata dari tetesan keringat yang jatuh dari dahi. Selain itu, posisi alis mata yang membingkai wajah menjadikan para wanita berlomba-lomba memiliki bentuk alis yang bagus dengan cara dicukur, dibentuk, dipertebal, digambari, hingga melakukan sulam alis..

Beberapa fungsi alis mata

Para ahli mengatakan bahwa alis memiliki dua fungsi utama, yaitu menjaga kelembapan mata dan komunikasi. Berikut ini beberapa fungsi alis mata lainnya:

1. Melindungi mata dari kelembapan dan cahaya

Secara fisik, alis mata membantu menjaga mata tetap bersih dan jernih. Alis mata melindungi mata dari keringat, sinar matahari, dan hujan sehingga kita dapat mempertahankan penglihatan.Bulu alis tumbuh ke arah luar sisi wajah juga membantu mengarahkan kelembapan dari sisi mata Anda ke sisi kepala. Alis juga mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke mata dan menjauhkan kotoran.

2. Membantu mengekspresikan emosi seseorang

Alis adalah bagian penting dari ekspresi dan komunikasi manusia. Misalnya, satu alis terangkat menunjukkan skeptisisme atau minat. Dua alis terangkat menunjukan ekspresi terkejut.Selain penampilan dan emosi, alis juga penting untuk pengenalan wajah. Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2003, peneliti meminta sekelompok orang mengidentifikasi wajah 50 orang terkenal. Para peneliti memanipulasi foto sehingga mereka tidak memiliki mata atau alis. Subjek masih bisa mengidentifikasi wajah orang terkenal sebanyak 60% saat mereka tak memiliki mata. Namun ketika wajah tidak memiliki alis, mereka hanya dapat mengidentifikasi sebanyak 46% saja.Kesimpulan dari penelitian tersebut ialah alis sama pentingnya dengan mata sebagai identifikasi wajah manusia.

Cara menebalkan alis secara alami

Alis juga bisa menjadi simbol kecantikan. Tak heran jika perusahaan kosmetik memasarkan pensil alis, gel, dan produk lain yang membantu membuat alis terlihat tebal. Namun, selain menggunakan makeup, ada juga cara menebalkan alis secara alami yaitu dengan bahan berikut ini:
  • Minyak kelapa

Minyak kelapa selain jadi pengganti minyak goreng, juga bermanfaat menumbuhkan rambut jika digunakan secara topikal atau dioles. Memang tak ada penelitian yang mengatakan bahwa zat dalam minyak kelapa dapat meningkatkan ketebalan rambut, namun banyak testimoni yang mengatakan bahwa minyak kelapa bisa membuat alis lebih tebal.Cara menggunakannya adalah dengan menghangatkan sedikit minyak kelapa kemudian oleskan pada alis sembari dipijat lembut. Biarkan semalaman lalu bilas di pagi hari.
  • Tea tree oil

Seperti minyak kelapa, tea tree oil konon katanya dapat merangsang pertumbuhan dan ketebalan alis dengan menyehatkan area folikel rambut. Penggunaan tea tree oil biasanya adalah untuk luka, cedera, dan perawatan kulit. Untuk menggunakan tea tree oil, oleskan setiap hari ke alis dan biarkan semalaman. Tea tree oil bisa menyebabkan reaksi alergi dermatitis pada beberapa orang. Oleh karena itu, sebelum menggunakan tea tree oil, lakukan patch test dengan meneteskannya sedikit pada area kulit Anda, seperti di belakang telinga atau di pergelangan tangan bagian dalam. Tunggu beberapa saat untuk memastikan tidak ada reaksi alergi yang muncul. Namun saat ini belum ada penelitian yang mendukung manfaat tea tree oil untuk menebalkan alis. Dalam laporan National Center for Complementary and Negative Health, satu-satunya manfaat dari tea tree oil adalah mengatasi jerawat dan infeksi jamur.
  • Minyak lavender

Minyak lavender dikenal karena efek menenangkannya. Ketika dioleskan, minyak ini juga dianggap memerangi kerontokan rambut. Cara menggunakannya, pijat ekstrak minyak lavender ke area alis setiap hari untuk relaksasi dan menumbuhkan rambut pada alis. Namun sebenarnya belum ada penelitian yang mendukung pernyataan ini. Dalam penelitian ditemukan lavender hanya dapat menenangkan stres. Meskipun umumnya tidak dianggap berbahaya sebagai perawatan rambut, namun tidak ada penelitian yang mendukung efektivitasnya.Menggunakan penebal alis mata alami membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung kondisi kulit dan kecocokan. Sebaiknya Anda sabar dan konsisten jika menggunakan cara alami untuk menebalkan alis. Hasil yang maksimal akan Anda dapatkan jika rutin digunakan di waktu tertentu.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang fungsi alis mata, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan matamata iritasigangguan mata
Healthline. https://www.healthline.com/health/why-do-we-have-eyebrows
Diakses pada 15 Juni 2021.
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-grow-thicker-eyebrows
Diakses pada 15 Juni 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait