Mengenal Fun Learning, Metode Belajar yang Menyenangkan untuk Anak


Fun learning adalah pembelajaran yang dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan, dan tidak membosankan. Orangtua bisa menerapkan metode ini di rumah.

(0)
15 Apr 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Fun learning merupakan metode belajar yang menyenangkan untuk anakFun learning dapat menumbuhkan rasa cinta belajar pada anak
Anak tidak semangat saat belajar? Bisa jadi metode belajar yang Anda gunakan dianggap membosankan atau tidak sesuai dengan Si Kecil. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba metode fun learning.Fun learning cocok dijadikan metode belajar anak TK dan SD karena suasana belajar yang menyenangkan diharapkan bisa membuat anak menjadi lebih bersemangat dan suka belajar. Mari kita kenali lebih jauh mengenai fun learning.

Apa itu fun learning?

Fun learning adalah metode pembelajaran yang didesain sedemikian rupa sehingga menciptakan lingkungan belajar yang efektif, suasana yang penuh keceriaan, menyenangkan, dan tidak membosankan. Tujuan fun learning adalah melatih anak agar semangat belajar sejak dini. Metode pembelajaran ini memungkinkan anak lebih aktif dan mau terlibat dalam proses belajar. Si Kecil pun akan merasa bahwa belajar ternyata merupakan hal yang menyenangkan.Untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, pembawaan orang yang mengajar juga harus fun atau santai. Sebagai orangtua, Anda juga bisa menerapkan metode pembelajaran fun learning di rumah.

Menerapkan fun learning di rumah

Bukan sekadar bermain, fun learning dapat membuat anak lebih mudah menangkap apa yang diajarkan. Sebab, perasaan senang dapat mendorong anak lebih bersemangat untuk belajar.Menerapkan metode fun learning pada anak di rumah juga tidak sulit. Anda bahkan bisa menciptakannya melalui hal-hal sederhana. Berikut cara menerapkan fun learning yang dapat Anda coba:

1. Memainkan permainan belajar

anak membuka buku
Anak belajar mengenal angka dari buku
Anda dapat mengajari anak mengenal warna, bentuk, angka, atau anatomi melalui permainan. Misalnya, mintalah anak menunjukkan benda berwarna merah atau angka 10 di buku. Saat anak berhasil, berikan pujian sehingga ia merasa senang dan ingin terus lanjut belajar. Namun, jika belum berhasil, berikan ia semangat dan beritahu jawaban yang tepat.

2. Mencari kata yang diawali huruf tertentu

Mempelajari huruf dapat membantu mempersiapkan anak untuk mengeja dan membaca. Hal ini dapat diwujudkan melalui fun learningKetimbang duduk dan meminta anak mengulangi huruf yang Anda sebutkan, Anda bisa mengajak Si Kecil bermain game untuk mencari kata yang diawali huruf tertentu atau mencari barang-barang di rumah yang diawali dengan huruf tertentu.

3. Menghubungkan titik-titik di kertas

anak belajar menulis
Menghubungkan titik-titik di kertas bantu anak belajar menulis
Cobalah buat titik-titik di kertas yang jika dihubungkan akan membentuk huruf. Titik-titik ini bisa berbentuk binatang atau barang tertentu sehingga terlihat lebih menarik.Anda dapat meminta anak menghubungkan titik-titik tersebut. Hal ini akan mengasah keterampilannya untuk menulis.

4. Menggunakan benda untuk dihitung

Mengajari anak berhitung dapat dilakukan dengan metode fun learning. Biarkan anak menyentuh suatu objek untuk dihitung, misalnya koin, pensil warna, atau banyaknya mainan yang ia miliki. Ketika anak berhasil menyebutkan jumlahnya, cobalah untuk mengurangi atau menambahnya sehingga anak semakin terbiasa dalam berhitung.

5. Belajar melalui nyanyian

Metode fun learning juga dapat melibatkan nyanyian agar tercipta suasana yang menyenangkan. Misalnya, Anda bisa mengajak anak menyanyikan lagu “satu ditambah satu”, “tek kotek anak ayam”, atau “balonku”. Lagu-lagu tersebut dapat membantu anak belajar berhitung dengan lebih mudah dan menyenangkan.

6. Mengajak anak berkebun

anak berkebun
Ajak anak berkebun merupakan salah satu bentuk fun learning
Berkebun bisa menjadi pembelajaran yang menyenangkan untuk anak. Bukan hanya sekadar menancapkan benih di tanah, kegiatan ini dapat membantu mengajari anak memahami bagaimana tanaman bisa tumbuh.

7. Eksperimen sains sederhana

Tahukah Anda jika anak-anak menyukai eksperimen? Ajaklah anak untuk membuat eksperimen sains sederhana, misalnya membandingkan benda yang mengapung dan tidak mengapung di air. Ini bisa jadi kegiatan yang menyenangkan bagi Si Kecil.Jika anak mengalami kesulitan saat menjalani metode belajar fun learning, berikan ia bantuan. Jangan memarahinya karena ini hanya akan membuat anak enggan untuk melanjutkan belajar. Ketika di tengah-tengah pembelajaran anak tidak fokus, berikan ia waktu untuk beristirahat supaya tidak merasa jenuh.Sementara, bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar kesehatan anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips mendidik anakaktivitas anak prasekolahanak sekolah
Ejournal UPI. https://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/viewFile/6987/4706#:~:text=Bobbi%20DePorter%20menyatakan%20bahwa%20strategi,mengalami%20perbaikan%20(Darmasyah%2C%202011%2C
Diakses pada 01 April 2021
Ejournal UPI. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/download/14287/pdf
Diakses pada 01 April 2021
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/fun-learning-activities-kids-at-home-3128960
Diakses pada 01 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait