Mengenal Food Waste dan Cara Tepat Menghentikannya

(0)
13 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Food waste perlu dihentikan karena bisa merusak lingkunganFood waste adalah nama lain dari buang-buang makanan yang masih bisa dikonsumsi
Istilah food loss dan food waste di Indonesia mungkin belum banyak dikenal. Pada dasarnya, kedua istilah tersebut merujuk pada makanan yang dibuang tanpa sempat dikonsumsi.Menurut Food and Agriculture Organization of United Nation (FAO), pengertian food waste mengacu pada penurunan kuantitas atau kualitas makanan akibat keputusan dan tindakan pengecer, penyedia layanan makanan, serta konsumen (individu atau rumah tangga).  Sementara itu, food loss adalah penurunan kuantitas atau kualitas makanan karena pihak pemasok (supplier), tanpa melibatkan ketiga pihak yang disebutkan sebelumnya dalam food waste.

Perbedaan food waste dan food loss

Berdasarkan pengertian food waste dan food loss versi FAO, terdapat perbedaan yang jelas di antara kedua konsep ini.

1. Food waste

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, food waste merupakan makanan yang dibuang setelah sampai pada pengecer, penyedia layanan makanan (warung/restoran), atau konsumen (individu/rumah tangga).Bentuk-bentul food waste dapat berupa:
  • Makanan yang masih segar, tapi tidak dianggap optimal atau sesuai standar. Misalnya, warna atau bentuk makanan tidak lolos sortir untuk memenuhi standar pasar.
  • Makanan yang dibuang baik sebelum atau setelah melewati tanggal kedaluwarsa walaupun masih dapat dikonsumsi, atau makanan dibiarkan hingga rusak.
  • Makanan utuh dalam jumlah banyak dan masih layak dimakan, tapi sering kali tidak dihabiskan atau merupakan sisa setelah dimasak yang kemudian dibuang.

2. Food loss

Food loss merupakan makanan yang terbuang saat masih berada di pihak pemasok pangan dan biasanya disebabkan oleh keterbatasan infrastruktur, faktor iklim, lingkungan, serta standar kualitas atau keamanan makanan. Berikut adalah bentuk-bentuk dari food loss.
  • Sampah food loss berupa makanan apa pun yang terbuang sepanjang rantai pasokan makanan. Mulai dari awal proses panen/pemrosesan/pemotongan/penangkapan hingga sebelum sampai pada pihak pengecer. Baik terjadi karena penurunan kualitas produksi, proses pembersihan, pengepakan, maupun pengiriman.
  • Jenis food loss kebanyakan adalah berupa bahan pangan mentah atau bahan baku produksi.

Cara menghentikan food waste

Data The Economist tahun 2017 menunjukkan bahwa food waste di Indonesia merupakan yang terbesar kedua di dunia. Jumlah sampah makanan sisa yang dihasilkan di Indonesia mencapai 13 juta ton setiap tahunnya.Jika food waste di Indonesia dapat dihentikan, angka tersebut mampu menutupi kebutuhan konsumsi bagi 28 juta orang yang kelaparan.Menghentikan food waste juga dapat memiliki dampak baik bagi lingkungan hidup. Hal ini akan membantu mencegah meningkatnya kadar karbon dioksida dan metana yang dihasilkan oleh sampah makanan di tempat pembuangan akhir (TPA).Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghentikan food waste:
  • Berikan label kedaluwarsa yang lebih jelas dan pasti sehingga Anda tidak membuang makanan sebelum waktunya.
  • Mendonasikan food waste pada orang-orang yang masih membutuhkan atau dapat memanfaatkannya.
  • Mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya mengurangi food waste.
Di samping, Anda juga dapat menghentikan food waste semaksimal mungkin dengan cara:
  • Jangan pilih-pilih makanan. Makanan dengan bentuk yang tidak sesuai standar pasar masih dapat dinikmati dan memiliki nutrisi yang sama.
  • Mengolah bahan makanan di bawah standar yang ditetapkan pasar, misalnya dengan membuatnya menjadi selai atau jus.
  • Rencanakan terlebih dahulu apa yang akan Anda masak setidaknya hingga satu minggu ke depan.
  • Jangan membeli makanan secara berlebihan. Catat dan hitung dengan tepat kebutuhan konsumsi pangan Anda dan keluarga, serta jenis makanan apa saja yang sudah habis atau masih memiliki stok.
  • Beli makanan yang sekiranya dapat Anda habiskan sebelum tanggal kedaluwarsa. Hal ini lebih baik jika dibandingkan hanya mengandalkan tanggal dengan label ‘sebaiknya digunakan sebelum’ atau ‘best before’.
  • Bekerja sama dengan penjual setempat untuk dapat memanfaatkan bahan makanan sisa sortir atau penjualan yang masih layak konsumsi.
Anda juga dapat memperlambat dan meminimalisir kemungkinan food waste dengan teknik penyimpanan makanan yang tepat. Simpan makanan di lemari pendingin untuk memperpanjang masa konsumsi. Pastikan untuk menghabiskan makanan lebih dulu dibeli.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatmalnutrisi
Food and Agriculture Organization of United Nation. http://www.fao.org/food-loss-and-food-waste/flw-data
Diakses 26 Februari 2021
BBC Good Food. https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/how-reduce-food-waste
Diakses 26 Februari 2021
Food Sustainability. https://foodsustainability.eiu.com/food-loss-and-waste/
Diakses 26 Februari 2021
Food Aid Foundation. https://www.foodaidfoundation.org/types-of-food-waste--food-loss.html
Diakses 26 Februari 2021
Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. https://fh.unpad.ac.id/perlukah-food-waste-awareness-diterapkan-di-indonesia/#_ftn7
Diakses 26 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait