Mengenal Folikel Rambut, Si Kantung Tempat Tumbuhnya Rambut


Folikel rambut adalah lubang mirip kantung pada lapisan kulit epidermis yang menjadi tempat tumbuhnya rambut. Folikel rambut juga berperan dalam menentukan bentuk dan warna rambut.

0,0
14 Dec 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Folikel rambut adalah pori pada epidermis kulit yang menjadi tempat tumbuhnya rambutSebagai tempat tumbuhnya rambut, folikel terletak di epidermis (lapisan terluar kulit) yang menjorok ke lapisan di bawahnya atau dermis
Di balik ribuan helaian rambut yang kita miliki, ternyata ada anatomi kompleks yang berperan dalam pertumbuhan rambut. Salah satu bagian atau struktur yang berpengaruh terhadap pertumbuhan, warna, dan bentuk rambut adalah folikel rambut. 
Jika gemar mempelajari masalah rambut, istilah folikel rambut mungkin sudah sering hinggap di telinga Anda. Kenali lebih jauh apa itu folikel rambut.

Apa yang dimaksud dengan folikel rambut?

Folikel rambut adalah lubang atau pori kecil yang terdapat di kulit dan menjadi tempat tumbuhnya rambut. Sebagai tempat tumbuhnya rambut, folikel terletak di epidermis (lapisan terluar kulit) yang menjorok ke lapisan di bawahnya atau dermis.Kulit manusia memiliki folikel rambut dalam jumlah yang sangat banyak. Di bagian kulit kepala saja, terdapat sekitar 100.000 butir folikel rambut. Di sekitar folikel rambut terdapat kelenjar sebasea yang menghasilkan minyak. Minyak tersebut membantu menutrisi kulit dan rambut yang tumbuh dari folikel. Sementara itu, di bagian dasar folikel rambut, terdapat komponen lain yang disebut bulbus rambut. Di dalam bulbus rambut ini, sel-sel yang hidup akan membelah dan tumbuh membangun batang rambut.Bagian rambut yang berada di bawah permukaan kulit disebut dengan akar rambut. Akar rambut tersusun atas sel protein dan dinutrisi oleh darah dari pembuluh darah di sekitarnya. Pembuluh darah juga menutrisi sel di bulbus rambut dan mengedarkan hormon tertentu untuk memodifikasi pertumbuhan maupun struktur rambut.

Peran dan fungsi folikel rambut

Folikel rambut tak hanya berperan dalam menentukan seberapa banyak rambut bisa tumbuh. Kantung di kulit ini juga memengaruhi bentuk rambut seseorang. Bentuk folikel rambut akan menentukan seberapa “keriting” rambut yang dimiliki seseorang. Misalnya, folikel rambut yang bundar akan menghasilkan rambut yang cenderung lurus. Sementara itu, folikel rambut yang oval akan memproduksi rambut yang lebih keriting. Folikel rambut juga berperan untuk menentukan warna rambut. Seperti kulit, rambut mendapatkan warnanya berkat kehadiran melanin. Melanin dapat dibagi dua, yakni eumelanin dan pheomelanin. Eumelanin yang kadarnya tinggi membuat rambut menjadi gelap. Eumelanin yang kadarnya sedang membuat rambut menjadi cokelat. Kemudian, jika eumelanin yang dimiliki seseorang sedikit, maka rambutnya akan cenderung pirang. Lain halnya dengan dengan pheomelanin yang membuat rambut seseorang menjadi kemerahan. Melanin tersimpan di sel-sel folikel rambut yang kemudian menentukan warna rambut seseorang. Seiring pertambahan usia, folikel rambut akan kehilangan kemampuan untuk memproduksi melanin sehingga muncul rambut putih alias uban.

Siklus pertumbuhan rambut dari folikel

Rambut tumbuh dari folikel rambut mengikuti siklusnya. Terdapat tiga fase dalam siklus pertumbuhan rambut, yaitu:
  • Fase anagen atau pertumbuhan. Di fase ini, rambut mulai tumbuh dari akar dan bisa berlangsung selama tiga hingga tujuh tahun.
  • Fase katagen atau transisional. Di fase ini, pertumbuhan menjadi lambat dan folikel rambut pun mulai menyusut. Fase katagen berlangsung antara dua hingga empat bulan.
  • Fase telogen atau istirahat. Di fase telogen, rambut mulai rontok dan rambut baru pun mulai tumbuh dari folikel yang sama. Fase telogen bisa berlangsung antara tiga hingga empat bulan.
Tiap-tiap folikel rambut di kulit dapat mengalami fase-fase yang berbeda. Misalnya, beberapa folikel rambut akan masuk dalam fase anagen dan folikel lainnya sedang menjalani fase telogen. Sebagai hasilnya, beberapa rambut bisa sedang tumbuh di saat rambut lainnya akan mengalami kerontokan.

Cara menumbuhkan rambut agar lebih kuat

Rambut yang tumbuh dari folikel rambut dapat dirangsang pertumbuhannya dengan beberapa cara. Tips untuk menumbuhkan rambut agar lebih kuat, yaitu:

1. Mencoba suplemen 

Tubuh sebenarnya membutuhkan banyak energi untuk menumbuhkan rambut dari folikelnya. Dengan demikian, kekurangan nutrisi tertentu dapat memengaruhi pertumbuhan rambut. Beberapa suplemen nutrisi yang diklaim dapat memperbaik pertumbuhan rambut, yaitu:
  • Omega-3 dan omega-6
  • Zinc dan zat besi, walau berpotensi efektif hanya untuk individu yang kekurangan mineral ini
  • Vitamin B5 dan biotin (B7), walau masih memerlukan riset lebih lanjut
  • Vitamin C, walau klaim yang muncul masih bersifat anekdotal
  • Vitamin D, berpotensi efektif untuk orang yang mengalami alopecia atau kerontokan rambut

2. Mengonsumsi suplemen keratin

Rambut tersusun atas protein yang disebut keratin. Beberapa pihak pun meyakini bahwa mengonsumsi suplemen keratin dapat menumbuhkan rambut lebih kuat. Walau riset lanjutan masih diperlukan, studi yang dimuat dalam The Scientific World Journal melaporkan bahwa suplemen dengan 500 miligram keratin dan nutrisi lain dapat berefek positif untuk rambut. Suplemen tersebut dapat mengurangi kerontokan rambut, meningkatkan kekuatan rambut, serta memperbaiki kilau rambut.

3. Mencoba obat oles untuk rambut

Obat oles untuk rambut dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut pada folikel rambut
Anda bisa menggunakan obat oles untuk merangsang pertumbuhan rambut
Selain suplemen oral, beberapa suplemen dan obat oles pun berpotensi dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mengatasi alopecia. Suplemen dan obat oles tersebut, termasuk:

4. Mengoleskan minyak esensial

Beberapa minyak esensial dilaporkan dapat merangsang pertumbuhan rambut. Salah satu yang telah diuji dalam riset yaitu minyak biji labu – yang bisa dicampurkan beberapa tetes ke sampo atau dilarutkan ke minyak jojoba terlebih dahulu.Minyak lain yang juga diyakini dapat merangsang pertumbuhan rambut yaitu minyak rosemary dan peppermint. Namun, Anda harus melarutkan minyak-minyak esensial ini ke minyak pelarut dan tidak boleh langsung dioleskan ke kulit kepala. 

5. Mengoleskan minyak kelapa

Selain digunakan dalam dunia kuliner, minyak kelapa juga mendapat tempat dalam dunia perawatan rambut. Minyak kelapa disebutkan dapat mengurangi “kerontokan” protein dari rambut. Mencukupkan kebutuhan protein dari makanan sehat pun sangat disarankan untuk menjaga kesehatan rambut.

6. Menggunakan sampo berbahan kafein

Walau riset terkait hal ini masih berlanjut, kafein ternyata dilaporkan dapat merangsang pertumbuhan rambut dari folikel rambut. Anda bisa mencari produk perawatan rambut atau sampo yang memiliki kandungan kafein. 

7. Memberikan pijatan

Memijat kulit kepala dapat membantu menyehatkan folikel rambut
Pijatan pada kulit kepala saat keramas membantu menyehatkan rambut
Seperti kulit bagian lain, kulit kepala juga menyukai pijatan dan tekanan lembut dari tangan. Tak hanya meredakan stres, pijatan pada kulit kepala juga ternyata membantu menyehatkan rambut. Diyakini bahwa memijat kulit kepala membantu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit sehingga berefek pada kekuatan dan ketebalan rambut.Untuk mendapatkan manfaat pijat demi pertumbuhan rambut, Anda bisa rutin memijat kepala saat keramas atau mungkin memesan jasa pijat profesional.

Catatan dari SehatQ

Folikel rambut adalah pori pada epidermis kulit yang menjadi tempat tumbuhnya rambut. Folikel rambut turut pula berperan dalam menentukan bentuk rambut dan warna rambut.. Jika masih memiliki pertanyaan folikel rambut dan tips menumbuhkan rambut, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan rambut terpercaya.
rambut rontokkesehatan rambutpertumbuhan rambut kepala
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/grow-hair-faster
Diakses pada 1 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/what-makes-hair-grow
Diakses pada 1 Desember 2020
Lumen Learning. https://courses.lumenlearning.com/wm-biology2/chapter/hair
Diakses pada 1 Desember 2020
University of Leeds. https://www.histology.leeds.ac.uk/skin/hair.php
Diakses pada 1 Desember 2020
Web MD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/picture-of-the-hair
Diakses pada 1 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait