Mengenal Fitur Aplikasi Mobile JKN untuk Peserta JKN-KIS

(0)
22 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Aplikasi Mobile JKN dihadirkan untuk memberikan kemudahan akses dan kenyamanan bagi para peserta JKN-KISAplikasi Mobile JKN akan mempermudah para peserta JKN-KIS untuk mengklaim haknya. (Sumber: BPJS Kesehatan)
BPJS Kesehatan menciptakan aplikasi Mobile JKN untuk memberikan kemudahan akses dan kenyaman kepada para peserta JKN-KIS dalam mengklaim hak-haknya. Bagi Anda yang belum tahu, JKN adalah Jaminan Kesehatan Nasional, sedangkan KIS adalah Kartu Indonesia Sehat.Jika Anda sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, ada baiknya kenali berbagai fitur yang ada di dalam aplikasi Mobile JKN sebelum menggunakannya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Fitur aplikasi Mobile JKN yang bisa dinikmati peserta JKN-KIS

Jika sudah memiliki aplikasi Mobile JKN, para peserta JKN-KIS tidak perlu repot-repot datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan dengan membawa kartu JKN lagi untuk mengurus kepersertaannya.Selain memuat informasi seputar Program JKN-KIS, ada banyak fitur lain yang bisa dinikmati. Apa saja?
  • Fitur pendaftaran peserta

Jika Anda ingin mendaftar sebagai Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU), Anda dapat menggunakan aplikasi Mobile JKN hanya dengan memasukkan nomor kartu tanda penduduk (KTP). Nantinya, Anda akan menerima informasi ke alamat surel (e-mail) yang sudah terdaftar di aplikasi Mobile JKN.Untuk menikmati layanan ini, Anda harus melakukan aktivasi akun terlebih dahulu lewat aplikasi Mobile JKN jika sudah terdaftar sebagai peserta JKN KIS, kemudian masukkan nomor kartu JKN beserta password pada JKN login.
  • Fitur peserta

Aplikasi Mobile JKN juga memberikan Anda akses untuk melihat informasi kepersertaan. Tidak hanya itu, Anda pun juga bisa melihat informasi kepersertaan anggota keluarga Anda yang lainnya.
  • Fitur ubah data peserta

Aplikasi Mobile JKN mempermudah Anda dalam mengubah data peserta, seperti nomor telepon, alamat surel, alamat surat, pindah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan pindah kelas.
  • Fitur ketersediaan tempat tidur

Jika ingin berobat menggunakan BPJS Kesehatan, tentu Anda harus mencari tahu dulu ketersediaan tempat tidur di rumah sakit yang akan dituju. Dengan aplikasi Mobile JKN, Anda dapat melihat ketersediaan tempat tidur rumah sakit sesuai kelas.Hebatnya, ketersediaan tempat tidur ini langsung diperbarui secara berkala oleh pihak rumah sakit.
  • Fitur obat yang ditanggung

Para peserta JKN-KIS juga bisa mencari tahu informasi obat yang ditanggung saat berobat. Melalui fitur ini, peserta JKN-KIS dapat melihat langsung nama obat, kandungannya, serta restriksi obatnya.
  • Fitur premi

Aplikasi Mobile JKN juga mempermudah peserta JKN BPJS Kesehatan untuk melihat tagihan iuran PBPU dan anggota keluarganya secara langsung.
  • Fitur jadwal tindakan operasi

Aplikasi Mobile JKN dapat menampilkan jadwal operasi peserta sesuai nama yang terdaftar dalam aplikasi Mobile JKN. Selain itu, Anda juga bisa melihat jadwal operasi di rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Jadwal ini akan terus diperbarui oleh pihak rumah sakit.
  • Fitur pendaftaran pelayanan

Aplikasi JKN Mobile mempermudah peserta JKN-KIS untuk mendaftarkan diri ke FKTP dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang memiliki sistem antrean.Tidak hanya itu, peserta JKN-KIS yang sudah terdaftar dalam aplikasi Mobile JKN juga bisa memberikan penilaian dan masukan terhadap pelayanan yang telah diterima di FKTP melalui Walk Through Audit (WTA).
  • Fitur pendaftaran auto debit

Jangan bingung jika Anda ingin melakukan pembayaran secara debit. Sebab, aplikasi Mobile JKN akan memandu proses pendaftaran melalui auto debit sesuai channel auto debit bank yang dipilih oleh peserta.
  • Fitur pembayaran

Selanjutnya, aplikasi Mobile JKN juga akan memandu Anda untuk melakukan pembayaran sesuai channel auto debit bank dan e-money. Melalui fitur ini, peserta juga bisa melakukan top up saldo e-money.Setelah melakukan pembayaran, aplikasi Mobile JKN akan menampilkan riwayat pembayaran iuran dan denda.
  • Fitur riwayat pelayanan

Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan mampu menampilkan riwayat pelayanan yang meliputi diagnosis, keluhan, dan  terapi yang sudah diberikan oleh fasilitas kesehatan.
  • Fitur skrining riwayat kesehatan

Melalui aplikasi JKN Mobile, peserta dapat mengisi pertanyaan dan pernyataan mengenai riwayat kesehatannya. Hasil skrining riwayat kesehatan ini adalah risiko (rendah, sedang atau tinggi) untuk penyakit diabetes melitus tipe 2, hipertensi, ginjal kronis, dan jantung koroner.Berdasarkan pertanyaan dan pernyataan yang telah diisi oleh peserta, aplikasi JKN Mobile akan memberikan rekomendasi untuk proses pengobatannya. Perlu diketahui, skrining ini hanya bisa dilakukan sebanyak satu kali dalam setahun.
  • Fitur info JKN

Berbagai manfaat program JKN-KIS, persyaratan pendaftaran peserta, hak, kewajiban, serta sanksinya dapat dilihat secara lengkap melalui aplikasi Mobile JKN.
  • Fitur lokasi

Aplikasi Mobile JKN dapat menampilkan posisi pengguna dan memberikan informasi mengenai lokasi FKTP dan FKRTL. Tidak hanya itu alamat, telepon dan fax dari kantor BPJS Kesehatan juga tertera di dalamnya.
  • Fitur pengaduan

Jika Anda memiliki keluhan, Anda dapat melaporkannya melalui Mobile JKN. Keluhan ini dapat disampaikan dalam bentuk tulisan atau secara langsung lewat telepon yang tersambung ke BPJS Kesehatan Care Center (1500 400).
  • Fitur skrining mandiri Covid-19

Di tengah wabah virus corona atau Covid-19, peserta JKN-KIS bisa berkonsultasi dan bertanya mengenai potensi penularan Covid-19.Lewat skrining mandiri Covid-19 yang disediakan Mobile JKN ini, Anda dapat mengetahui potensi penyebaran Covid-19 di lokasi tempat Anda tinggal karena sudah ada fitur GPS.
  • Fitur konsultasi dokter

Peserta JKN-KIS dapat berkonsultasi seputar kesehatan dengan dokter di tempat FKTP yang sudah terdaftar.
  • Fitur kehilangan kartu JKN-KIS

Jika kartu JKN-KIS Anda hilang, Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada kartu JKN-KIS digital yang tersedia di dalam aplikasi Mobile JKN.Sebagai peserta JKN-KIS, Anda berhak untuk mendapatkan berbagai manfaat aplikasi Mobile JKN di atas. Bagi Anda pengguna Android, unduh Mobile JKN di tautan ini. Jika Anda pengguna produk Apple, dapatkan aplikasi Mobile JKN di tautan ini.Bagi Anda yang memiliki pertanya seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
bpjs kesehataniuran bpjspeserta bpjs
BPJS Kesehatan. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2020/1566/BPJS-Kesehatan-Sediakan-Informasi-Menarik-Lewat-Mobile-JKN
Diakses pada 7 Februari 2021
Jamkes News. https://www.jamkesnews.com/jamkesnews/Faqs/detail/88/20201013/apa-saja-fitur-pada-aplikasi-mobile-jkn
Diakses pada 7 Februari 2021
BPJS Kesehatan. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2020/1566/BPJS-Kesehatan-Sediakan-Informasi-Menarik-Lewat-Mobile-JKN
Diakses pada 7 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait