Mengenal Fenugreek, Booster Asi Kaya Manfaat yang Jarang Diketahui

Ada banyak manfaat fenugreek, mulai dari booster ASI hingga penambah libido
BIji fenugreek yang belum diolah umumnya berwarna kuning keemasan

Fenugreek kini banyak dibicarakan oleh para ibu menyusui. Pasalnya, tanaman yang berasal dari Yunani ini terbukti dapat meningkatkan produksi ASI. Selain manfaatnya pada ibu menyusui, ternyata fenugreek juga memiliki banyak khasiat lainnya untuk kesehatan. Apa saja manfaat fenugreek lainnya?

Manfaat fenugreek

Fenugreek adalah tanaman iklim kering yang tingginya sekitar 60-90 cm dan berdaun hijau. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih dengan biji berwarna coklat keemasan. Biji inilah yang banyak diolah dalam berbagai bentuk untuk diambil khasiatnya.

Di negara penghasil fenugreek terbesar, India, fenugreek diolah menjadi bumbu masak yang biasa ditambahkan pada kari. Sementara di Indonesia, tanaman yang dikenal dengan nama klabat ini juga biasa dijadikan bumbu masak gulai.

Potensi yang dimiliki fenugreek tidak hanya sebatas bumbu masak saja. Berikut manfaat fenugreek lainnya yang baik bagi tubuh.

  • Sebagai booster ASI

Sebagai sumber nutrisi utama pada bayi, ASI harus tersedia dalam jumlah yang memadai. Fenugreek diyakini dapat menjadi booster ASI atau suplemen yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Manfaat fenugreek ini bahkan telah dibuktikan dalam tiga penelitian lmiah yang berbeda. Dalam penelitian pertama yang dilakukan pada 77 ibu menyusui, dikemukakan bahwa setelah 14 hari mengonsumsi teh herbal dengan biji fenugreek di dalamnya, produksi ASI mereka meningkat dan bayi yang meminum ASI tersebut mengalami penambahan berat badan.

Sementara dalam studi lainnya yang dilakukan pada 66 ibu menyusui, diungkapkan bahwa volume ASI yang dapat dipompa meningkat dari sekitar 34 ml menjadi 73 ml.

Para peneliti belum bisa memastikan secara pasti kandungan apa yang membuat fenugreek dapat meningkatkan volume ASI, tetapi mereka menduga ada hubungannya dengan fitoesterogen dalam fenugreek yang memberikan efek serupa hormon estrogen pada ibu menyusui.

  • Membantu mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes

Sebuah studi menyatakan pemberian fenugreek dapat menurunkan kadar gula darah hingga 13,4 persen lebih rendah setelah diberikan asupan fenugreek dalam 4 jam sebelumnya. Pasalnya dalam penelitian tersebut, fenugreek dijadikan tepung untuk pembuatan roti sehingga dapat menjadi pengganti karbohidrat sehari-hari.

Fenugreek juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi insulin pada penderita diabetes.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Beberapa bukti penelitian telah menunjukkan bahwa fenugreek mengandung saponin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Tanaman ini juga dipercaya dapat mengurangi penyerapan trigliserida yang berasal dari makanan tinggi lemak.

  • Meredakan heartburn/nyeri ulu hati

Sebuah studi menyatakan bahwa fenugreek memiliki efek serupa layaknya pengobatan antasida pada orang-orang yang mengalami nyeri ulu hati.

  • Meredakan radang

Manfaat fenugreek yang lainnya adalah dapat mengurangi radang karena sifat antiperadangan yang dimilikinya. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat fenugreek ini.

  • Mengurangi jerawat

Selain untuk kesehatan organ, fenugreek juga terbukti dapat mengurangi jerawat. Sebuah studi menunjukkan efek fenugreek serupa dengan antibiotik azithromycin yang dapat menumpas jerawat.

  • Membantu mengurangi berat badan

Sejauh ini, sudah ada tiga penelitian yang menunjukkan konsumsi fenugreek dapat menurunkan nafsu makan dan kadar lemak, bahkan hingga 17 persen lebih rendah.

  • Mencegah penuaan dini

Fenugreek adalah herbal yang efektif untuk mengatasi penuaan dini. Menurut sebuah studi, tanaman ini dapat mengurangi melanin dan eritema yang dapat membuat wajah kusam.

Cara mengonsumsi fenugreek dan takaran yang tepat

Fenugreek tersedia dalam banyak varian jenis. Bentuk fenugreek yang beredar di pasaran adalah dalam biji mentah, teh herbal, atau kapsul suplemen. Sebagai obat-obatan herbal, fenugreek biasanya diminum sebagai teh.

Komposisi yang tepat untuk menikmati teh fenugreek adalah dengan menambahkan 1-3 sendok teh biji fenugreek ke dalam secangkir air mendidih. Teh fenugreek dapat diminum sebanyak 1-3 kali dalam seharinya.

Untuk dosis suplemen, Anda dapat memeriksa kemasan kapsul fenugreek tersebut. Biasanya dosis ditentukan berdasarkan tujuan terapi yang ingin Anda raih. Untuk meningkatkan libido pria, misalnya, disarankan penggunaannya adalah sekitar 500 mg ekstrak fenugreek.

Sedangkan untuk diabetes, dibutuhkan konsumsi sebanyak 5-100 gram bubuk biji fenugreek yang dapat ditambahkan dalam makanan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya, pastikan untuk membaca instruksi pada kemasan dengan benar.

Meskipun fenugreek terbukti memiliki banyak manfaat, sebaiknya Anda tetap menjadikan tanaman ini sebagai suplemen tambahan dan bukan pengobatan utama. Pada beberapa kondisi, seperti pada pasien jantung atau ibu hamil dan menyusui, penggunaan fenugreek sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21261516
Diakses pada 11 Maret 2020

PEDIATRICSCIENCES. http://www.pediatricsciences.com/article/view/1050000487
Diakses pada 11 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19051589
Diakses pada 11 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11370345
Diakses pada 11 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19857068
Diakses pada 11 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21312304
Diakses pada 11 Maret 2020

HEALTHLINE. https://www.healthline.com/nutrition/fenugreek#other-benefits
Diakses pada 11 Maret 2020

FOODNDTV. https://food.ndtv.com/health/5-incredible-fenugreek-benefits-from-lowering-cholesterol-to-aiding-digestion-1395397
Diakses pada 11 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20623611
Diakses pada 11 Maret 2020

RESEARCHGATE. https://www.researchgate.net/publication/335687761_Comparison_of_the_efficacy_of_oral_fenugreek_seed_extract_and_azithromycin_in_the_treatment_of_acne_vulgaris_a_randomized_triple-blind_controlled_pilot_clinical_trial
Diakses pada 11 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19809809
Diakses pada 11 Maret 2020

RESEARCHGATE. https://www.researchgate.net/publication/43048214_Formulation_and_characterization_of_a_cream_containing_extract_of_fenugreek_seeds
Diakses pada 11 Maret 2020

VERYWELLFAMILY. https://www.verywellfamily.com/fenugreek-breastfeeding-and-increasing-breast-milk-431839
Diakses pada 11 Maret 2020

WEBMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-733/fenugreek
Diakses pada 11 Maret 2020

Artikel Terkait