Mengenal Endokrinologi yang Menangani Penyakit Terkait Hormon

Gangguan pada sistem endokrin akan ditangani oleh dokter spesialis endokrinologi
Dokter spesialis endokrinologi akan menangani gangguan pada sistem endokrin

Endokrinologi adalah ilmu kedokteran yang mempelajari tentang sistem endokrin. Sistem ini merupakan jaringan kelenjar penghasil hormon yang membantu dalam mengatur berbagai fungsi tubuh.

Cara jantung, tulang dan jaringan tumbuh Anda bekerja, serta proses tubuh mengubah makanan menjadi energi, semua ini dipengaruhi oleh sistem endokrin.

Tentang sistem endokrin

Sistem endokrin terdiri dari sejumlah kelenjar yang bertugas melepaskan hormon ke dalam aliran darah. Hormon ini kemudian mengendalikan berbagai fungsi tubuh Anda.

Berikut adalah beberapa kelenjar yang terdapat dalam sistem endokrin:

  • Kelenjar adrenal

Kelenjar adrenal terletak di atas ginjal. Kelenjar ini melepaskan hormon-hormon yang meliputi kortikostiroid (yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh) dan aldosteron (yang mengatur fungsi ginjal).

  • Ovarium dan testis

Ovarium atau indung telur berada di kedua sisi rahim wanita. Kelenjar ini mengeluarkan hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam kesuburan serta siklus menstruasi.

Sementara testis atau buah zakar terletak dalam skrotum, dan berfungsi mengeluarkan androgen. Hormon ini mengendalikan perkembangan seksual, pubertas, libido, dan fungsi ereksi.

  • Pankreas

Organ pankreas terletak dalam perut, tepatnya di belakang lambung. Insulin merupakan salah satu hormon yang dihasilkan oleh kelenjar ini, dan berfungsi penting untuk metabolisme karbohidrat serta lemak dalam tubuh.

  • Hipotalamus

Kelenjar ini terletak di atas batang otak dan di bawah talamus. Beberapa fungsi hipotalamus meliputi mengendalikan fungsi pernapasan, detak jantung, nafsu makan, dan suhu tubuh.

  • Kelenjar paratiroid

Kelenjar paratiroid terletak di leher. Ia melepaskan hormon paratiroid yang berperan dalam pengaturan kalsium dalam darah, serta berhubungan dengan fungsi otak serta saraf.

Selain jenis-jenis kelenjar di atas, masih banyak jenis kelenjar lainnya dalam sistem endokrin. Contohnya kelenjar pineal, kelenjar pituitari, kelenjar timus, dan kelenjar tiroid.

Kelainan-kelainan pada sistem endokrin tersebut akan ditangani oleh dokter dengan spesialisasi di bidang endokrinologi.

Kondisi yang dapat ditangani oleh dokter spesialis endokrinologi

Terkadang, kelenjar Anda dapat mengeluarkan terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon. Kondisi ini kemudian bisa memengaruhi kesehatan Anda.

Gejala yang muncul bisa berlainan dan tergantung pada hormon yang mengalami gangguan. Misalnya pada kelenjar adrenal, produksi hormon yang berebih dapat memicu naiknya tekanan darah. Sementara pada pankreas yang menghasilkan sedikit hormon insulin, diabetes bisa terjadi.

Dokter spesialis endokrinologi dapat membantu dalam mendiagnosis dan menangani kondisi medis yang terkait dengan gangguan hormon tersebut. Dengan penanganan yang tepat, ketidakseimbangan hormon ini bisa teratasi. 

Beberapa jenis penyakit dan kondisi medis yang dapat ditangani oleh ahli endokrinologi meliputi:

Penyakit diabetes sebenarnya dapat ditangani oleh dokter umum, tak harus spesialis. Namun dokter biasanya akan merujuk Anda ke dokter ahli endokrinologi bila Anda baru didiagnosis mengalami kencing manis dan ingin tahu lebih banyak mengenai pengobatan diabetes.

Demikian pula apabila Anda menggunakan pompa insulin atau mengalami komplikasi diabetes yang memerlukan penanganan lebih lanjut.

Apa yang perlu Anda siapkan sebelum ke dokter endokrinologi?

Sebelum bertemu dengan ahli endokrinologi, persiapkan diri Anda dengan baik. Pasalnya, dokter akan mengajukan sejumlah pertanyaan tertentu mengenai:

  • Gejala yang Anda rasakan
  • Informasi tentang obat-obatan, suplemen, atau vitamin yang sedang Anda konsumsi
  • Riwayat penyakit atau alergi yang Anda alami
  • Riwayat penyakit pada keluarga
  • Pola makan Anda selama ini

Anda juga bisa bertanya tentang semua hal yang menjadi kebimbangan Anda. Beberapa di antaranya adalah:

  • Apakah kondisi medis yang Anda alami akan berlangsung sementara atau berkelanjutan?
  • Adakah tes kesehatan yang perlu dijalani, baik secara berkala atau rutin?
  • Bagaimana cara yang paling efektif untuk mengelola kondisi tersebut?
  • Berapa lama waktu penyembuhan yang umumnya dibutuhkan?
  • Apakah Anda perlu menjalani kontrol atau konsultasi lebih lanjut?

Di samping wawancara medis, dokter akan mengecek detak jantung, tekanan darah, serta kondisi kulit, gigi, rambut, serta mulut Anda. Setelah itu, dokter bisa menganjurkan serangkaian pemeriksaan penunjang. Misalnya, tes darah dan tes urine.  

Catatan dari SehatQ

Hormon memainkan peranan penting untuk fungsi tubuh manusia. Jika jumlahnya terlalu banyak atau terlampau sedikit, berbagai masalah kesehatan bisa timbul. Contohnya, diabetes, tekanan darah tinggi, penurunan berat badan, dan lainnya.

Apabila dokter umum mencurigai Anda memiliki masalah kesehatan terkait hormon, Anda biasanya akan dirujuk ke dokter spesialis endokrinologi. Ahli endokrin dapat membantu Anda dalam mendiagnosis dan mengatasi gangguan kesehatan yang Anda alami, dengan mengembalikan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

WebMD. https://www.webmd.com/diabetes/what-is-endocrinologist
Diakses pada 6 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/248679
Diakses pada 6 April 2020

Health Direct. https://www.healthdirect.gov.au/endocrinologist
Diakses pada 6 April 2020

 

Artikel Terkait