Mengenal Edabu BPJS Kesehatan yang Memudahkan Pelaku Badan Usaha

Edabu BPJS Kesehatan akan memudahkan pemilik perusahaan untuk mendaftarkan para karyawannya menjadi peserta BPJS Kesehatan
Pendaftaran peserta BPJS Kesehatan dana dilakukan secara massal dan praktis dengan memanfaatkan E-dabu BPJS

Sebagian masyarakat mungkin masih awam dan belum mengenal Edabu BPJS Kesehatan. Edabu atau Elektronik Data Badan Usaha adalah sebuah sistem dari BPS Kesehatan yang diperuntukkan bagi badan usaha untuk memasukkan data pegawainya agar terdaftar di BPJS Kesehatan. Berikut serba-serbi mengenai E-dabu BPJS Kesehatan secara lengkap.

Mengenal E-dabu BPJS Kesehatan

Edabu telah dirilis sejak tahun 2015 dengan nama New Edabu 1.0, kemudian muncul Edabu 3.1. Akan tetapi, pada pertengahan 2019, BPJS Kesehatan meluncurkan aplikasi Edabu 4.2 untuk memperbaiki berbagai kekurangan dari versi sebelumnya hingga memiliki fitur yang lengkap dan user friendly.

Edabu BPJS Kesehatan bertujuan untuk memudahkan para pengguna, khususnya badan usaha yang memiliki pekerja dengan jumlah yang cukup besar. Jika sebelumnya, badan usaha harus mendaftarkan asuransi BPJS Kesehatan karyawannya satu per satu, maka dengan adanya Edabu, pendaftaran pun bisa dilakukan secara massal dan praktis. 

Tak hanya untuk mendaftar, aplikasi ini juga memudahkan badan usaha melakukan perubahan data peserta asuransi, mutasi peserta asuransi, pindah fasilitas kesehatan hingga menonaktifkan peserta BPJS Kesehatan. 

Pemilik badan usaha atau HRD  tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk antre di kantor BPJS Kesehatan setempat karena hanya perlu menggunakan aplikasi tersebut. Adapun sejumlah fitur yang dimiliki Edabu, di antaranya:

  • Cek data kepesertaan: Fitur ini memudahkan pengguna melakukan pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan.
  • Tambah, edit data kepesertaan: Fitur ini memudahkan pengguna mengubah data atau profil peserta yang telah terdaftar.
  • Upload massal: Fitur ini memudahkan pengguna mendaftarkan banyak peserta dengan hanya menyiapkan data karyawan dalam format Microsoft Excel.
  • Approval: Pada fitur ini, pengguna dapat memberi persetujuan pada data calon peserta untuk proses pendaftaran BPJS Kesehatan.
  • Laporan rekap iuran: Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengunduh jumlah iuran bulanan seluruh peserta yang terdaftar.
  • Cetak kartu dan cetak tagihan: Pengguna dapat mencetak kartu elektronik BPJS Kesehatan dan rekapitulasi tagihan iurannya.
  • Ubah profil dan ganti password: Pengguna dapat mengubah profil dan mengganti password Edabu untuk menjaga keamanannya.

Jika Anda ingin mendaftar Edabu, maka Anda bisa mengakses link berikut https://new-edabu.bpjs-kesehatan.go.id/registrasibadanusaha/. Sementara, jika Anda ingin mengakses aplikasi Edabu 4.2 maka klik link berikut https://edabu.bpjs-kesehatan.go.id/Edabu

Cara menggunakan aplikasi edabu

Cara menggunakan aplikasi ini tidaklah sulit dilakukan bahkan Anda dapat menggunakannya dengan mudah. Berikut langkah-langkah penggunaan aplikasi Edabu yang bisa Anda coba lakukan:

  • Mengisi profil data diri

Dalam proses pendaftaran pada aplikasi, Anda diharuskan mengisi informasi data diri dengan lengkap. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan fotokopi KTP dan KK sebagai syarat untuk mendaftar aplikasi Edabu. Selanjutnya, Anda dapat mendaftarkan perusahaan Anda melalui tombol registrasi dan isilah semua data yang dibutuhkan dengan benar.

  • Pilih data peserta yang diinginkan

Kemudian, Anda dapat masuk ke menu “Daftar Peserta” dan meng-klik tambah peserta untuk mendaftarkan karyawan pada BPJS Kesehatan. Isilah data diri dari calon peserta BPJS Kesehatan tersebut dengan menggunakan NIK yang tertera pada E-KTP nya.

  • Pilih fasilitas kesehatan

Langkah selanjutnya, klik menu “Fasilitas Kesehatan”, dan isilah data sesuai domisili dari calon peserta BPJS Kesehatan tersebut.

  • Isi informasi unit kerja

Lalu, pilih “Unit Kerja” dan isilah dengan benar informasi yang diminta. Jika sudah selesai, maka Anda bisa meng-klik “Simpan” atau pilih “Tambah Keluarga” bila ingin menambahkan anggota keluarga sebagai anggota BPJS Kesehatan.

  • Cek dan approval

Langkah terakhir, pilihlah approval peserta dan jenis mutasi pendaftaran baru. Pada menu ini, Anda bisa melihat data dan tanggal penyimpanan informasi peserta yang baru saja dimasukkan. Centang kotak nomor, lalu pilih “Cek dan Approval” maka pendaftaran peserta BPJS Kesehatan pun telah selesai dilakukan.

Setelah proses selesai, maka Anda akan mendapat tiket pengiriman yang berisi tanggal approval dan tanggal pendaftaran selesai dilakukan. Anda pun bisa memeriksa apakah seluruh peserta yang didaftarkan telah resmi menjadi pemilik asuransi BPJS Kesehatan ataukah tidak.

Pada aplikasi Edabu 4.2, sebagian besar perubahan data peserta tidak memerlukan approval dari BPJS Kesehatan sehingga mempercepat proses perubahan data tersebut. Tentu saja hal ini semakin memudahkan penggunanya. Jadi, jangan ragu untuk mendaftarkan karyawan pada BPJS Kesehatan jika Anda memiliki badan usaha karena ada Edabu.

Cermati. https://www.cermati.com/artikel/edabu-program-bpjs-kesehatan-yang-menawarkan-kemudahan-pada-badan-usaha
Diakses pada 26 Maret 2020

Online-pajak. https://www.online-pajak.com/tentang-bpjs/new-edabu-bpjs-kesehatan
Diakses pada 26 Maret 2020

Finansialku. https://www.finansialku.com/edabu/
Diakses pada 26 Maret 2020

Artikel Terkait