Susah-Susah Gampang, Ini Trik Agar Bisa Mengenal Diri Sendiri


Mengenal diri sendiri perlu dilakukan agar Anda memiliki motivasi dalam menjalani hidup. Cara mengenal diri sendiri dapat dilakukan dengan menemukan nilai-nilai dalam diri, mencari tahu minat, hingga mencari tahu kekuatan Anda.

0,0
18 Jun 2021|Azelia Trifiana
Mengenal diri dapat membuat hidup lebih termotivasiMengenal diri dapat membuat hidup lebih termotivasi
Tidak berani berkata tidak hingga kehilangan bayangan tentang apa yang menjadi motivasi? Bisa jadi tanda bahwa Anda kurang mengenal diri sendiri. Padahal, tahu seluk beluk tentang diri Anda bisa menjadi kunci untuk kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup.Bingung dari mana memulainya? Wajar. Sebab, perlu kebijaksanaan untuk bisa berkenalan dengan diri sendiri. Namun, bukan berarti mustahil dilakukan karena ada cara untuk bisa memahami identitas dengan lebih baik.

Cara mengenal diri sendiri

Seseorang bisa saja sudah berusia separuh abad namun belum mengenal dirinya sendiri. Sebab, berapa lama Anda hidup bukan jaminan apakah sudah tahu identitas diri.Begitu pula sebaliknya. Seseorang yang masih remaja atau baru menginjak fase dewasa bisa saja sudah paham dengan dirinya dan tahu apa yang diinginkan. Usia bukan jaminan seberapa mengenalnya Anda dengan diri sendiri.Jadi, apa saja trik untuk mengenal diri sendiri?

1. Temukan nilai dalam diri

Setiap orang punya kepribadian masing-masing yang tentu berbeda dengan orang lain. Cari tahu apa yang kerap menjadi motivasi Anda saat mencapai tujuan. Apakah dengan menolong orang lain? Atau saat bisa mengeksplorasi kreativitas sebebas-bebasnya?Coba cari tahu hal ini dari seluruh aktivitas yang selama ini dilakukan. Ciri-cirinya adalah hal yang ketika Anda lakukan bisa memberi suntikan motivasi untuk mencapai tujuan. Bonusnya lagi, Anda bisa berpikir bijaksana dan mengambil keputusan yang “sehat”.Masih belum terlihat? Value atau nilai diri ini adalah hal yang bisa membuat Anda terus berjalan meski sedang lelah. Jadi, apabila ingin memotivasi diri sendiri, Anda bisa memulai dengan mengetahui apa nilai dalam diri.

2. Cari tahu minat

menggambar
Coba dalami hobi yang Anda sukai
Selain itu, coba cari tahu apa hal yang menarik minat Anda. Bisa berupa passion, hobi, atau hal apapun yang bisa menarik perhatian Anda dalam waktu cukup lama. Jangan latah melihat orang lain atau apa yang sedang tren, sebab minat tidak ada hubungannya dengan itu.Untuk mengulik lebih jauh lagi apa yang menjadi minat Anda, coba tanyakan beberapa hal ini:
  • Apa yang paling menarik perhatian Anda?
  • Apa yang paling membuat Anda penasaran?
  • Apa yang membuat Anda tertarik?
Ketika sudah tahu tentang minat ini, maka hidup menjadi lebih terarah. Bahkan, bisa menjadi petunjuk untuk menjalani hari-hari dengan passion.

3. Temperamen

Ini adalah sifat seseorang yang berpengaruh terhadap emosinya, termasuk introvert dan extrovert. Temperamen ini pula yang menjadi ciri ketika seseorang mengambil keputusan dan menuntaskan tugasnya sehari-hari. Mengetahui apa jenis temperamen Anda bisa membantu membuat hidup lebih terarah.Tapi ingat, tidak ada gunanya mengikuti apa yang sedang tren. Sebab, temperamen ini adalah hal yang telah dibawa sejak lahir. Justru ketika memaksakan hal yang tak sesuai dengan prinsip Anda, akan membuat lelah dan kian sulit mengenal diri sendiri.

4. Jam biologis

Setiap individu punya jam biologis yang berpengaruh signifikan terhadap caranya menjalani hari. Tipe yang manakah Anda? Morning person yang lebih efektif melakukan aktivitas sebelum orang-orang terbangun? Atau sebaliknya, night person yang merasakan ide-ide kreatif bermunculan saat orang sudah terlelap?Dengan mengetahui jam biologis semacam ini, maka Anda bisa menjadwalkan aktivitas di waktu paling efektif. Sama seperti beberapa trik di atas, syarat utama untuk mengetahui jam biologis ini adalah dengan tidak meniru orang lain dan jujur pada diri sendiri.

5. Misi hidup

Kapan Anda merasa begitu berharga? Itulah ketika misi hidup Anda bisa tersalur. Jenisnya beragam, tidak bisa disamakan antara satu orang dan lainnya. Tak perlu yang luar biasa layaknya Mother Theresa. Hal sepele pun sah-sah saja menjadi misi hidup Anda.Untuk mengulik dan mengenal diri sendiri lewat hal ini, coba tanyakan hal yang sama kepada diri sendiri. Apakah kejadian yang paling bermakna sepanjang hidup Anda? Dari situ, bisa terlihat apa saja nilai yang bisa berdampak signifikan pada identitas, karir, dan kepuasan Anda akan hidup.

6. Kekuatan

Bukan hanya seputar bakat atau talenta, namun kekuatan dalam hal ini juga bisa berupa kelebihan karakter Anda. Contohnya gemar belajar hal baru, kaya empati, adil, hingga kecerdasan emosional.Tahu apa kekuatan diri ini juga merupakan dasar menemukan rasa percaya diri. Sebaliknya jika tidak tahu apa yang menjadi keunggulan, mungkin saja seseorang menjadi rendah diri.Ini bukan hanya seputar tahu apa yang menjadi kelebihan Anda saja. mengakui kekurangan dan jujur terhadap diri sendiri juga dapat membantu menjadi versi terbaik diri Anda.

Catatan dari SehatQ

Benang merah dari semua cara mengenal diri sendiri di atas adalah jujur pada diri sendiri. Jangan melihat atau mencontek orang yang Anda idolakan atau sudah lebih dahulu sukses. Tak ada gunanya, justru bisa mengaburkan konsep identitas Anda.Kenali saja apa yang menjadi motivasi Anda selama ini. Apa yang membuat Anda merasa bermakna. Apa yang bisa menjadi pelecut semangat ketika merasa lelah. Semua ini bisa jadi panduan menemukan identitas diri.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat mengenal diri sendiri terhadap kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalmenjalin hubunganpola hidup sehat
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/changepower/201603/know-yourself-6-specific-ways-know-who-you-are
Diakses pada 5 Juni 2021
The School of Life. https://www.theschooloflife.com/thebookoflife/know-yourself/
Diakses pada 5 Juni 2021
Life Coach Directory. https://www.lifecoach-directory.org.uk/memberarticles/three-main-reasons-why-it-is-helpful-to-know-yourself
Diakses pada 5 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait