Mengenal Titik Akupunktur Sakit Kepala Serta Manfaatnya


Titik akupunktur sakit kepala cukup efektif untuk meredakan nyeri dan tegang, mulai dari titik Third eye point, Drilling Bamboo, Bigger rushing, Above tears, wind mansion, dan union valley. Meski dapat memberi manfaat, namun pastikan bahwa terapi akupunktur dilakukan oleh ahli yang telah memiliki lisensi.

0,0
14 Aug 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Titik akupunktur sakit kepala cukup efektif untuk meredakan nyeri dan tegangPerhatikan kesterilan jarum akupunktur yang digunakan
Akupunktur adalah salah satu pengobatan tradisional Tiongkok. Pengobatan ini dilakukan dengan cara memasukkan jarum yang sangat tipis ke titik-titik tekanan pada tubuh Anda. Penelitian dan komunitas medis melontarkan pernyataan yang beragam tentang manfaat akupunktur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupunktur plasebo bekerja sama baiknya dengan akupunktur yang sesungguhnya.Studi lain menegaskan bahwa manfaat akupunktur dapat membantu orang yang mengalami sakit kepala kronis. Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah mendukung akupunktur sebagai pengobatan yang menjanjikan untuk nyeri sejak 1979, termasuk nyeri karena sakit kepala.

Manfaat akupunktur untuk sakit kepala

Akupunktur berusaha mengembalikan aliran energi positif ke seluruh tubuh Anda. Pengobatan ini juga mengklaim dapat menghilangkan energi negatif yang menyebabkan Anda sakit. Dari perspektif medis modern, akupunktur merangsang berbagai sistem tubuh Anda dan memicu respons penyembuhan. Akupunktur membagi tubuh menjadi serangkaian zona dan titik tekanan. Jarum akupunktur dimasukkan ke titik-titik tekanan yang berbeda, bergantung pada gejala Anda.Titik-titik jarum ini biasanya berada di dekat saraf tubuh. Jarum akan merangsang saraf untuk melepaskan hormon, seperti endorfin. Stimulasi sistem kekebalan dan sirkulasi inilah yang diklaim oleh para pendukung akupunktur dapat meredakan migrain dan sakit kepala tegang.Baca juga: Segala Hal Mengenai Akupuntur Wajah yang Perlu Anda Ketahui

Titik akupunktur sakit kepala

Beberapa titik akupunktur yang bisa meredakan sakit kepala di antaranya sebagai berikut:

1. Third Eye Point

Titik akupunktur untuk sakit kepala berada di dahi di antara kedua alis
Titik ini sering dikaitkan dengan sakit kepala dan migrain
Third eye point berada di antara alis, tepat di atas pangkal hidung. Titik ini sering ditampilkan dalam filosofi yoga dan merupakan titik akupunktur sakit kepala dan migrain. Cukup tekan atau pijat third eye point menggunakan ibu jari maupun jari telunjuk Anda. Berikan tekanan dengan tingkat intensitas yang berbeda sampai Anda menemukan titik nyaman dan rasa sakit pun hilang.

2. Drilling Bamboo

Titik akupunktur untuk sakit kepala ini juga dapat meredakan hidung tersumbat
Titik meridian ini berhubungan dengan bagian depan kepala
Titik drilling bamboo atau juga dikenal sebagai B2 atau cahaya terang adalah titik akupresur yang terletak di kedua sisi batang hidung, di lekukan rongga mata. Selain dapat meredakan sakit kepala dan migrain, memberikan tekanan pada titik-titik ini juga dapat meredakan pilek, alergi, dan hidung tersumbat.Titik meridian khusus ini berhubungan dengan bagian depan kepala, dan karena itu baik digunakan untuk sakit kepala yang dirasakan di bagian depan tengkorak. 

3. Bigger Rushing

Titik akupunktur untuk sakit kepala ini berada di kaki
Meski berada di kaki, titik ini berhubungan dengan meridian kepala
Bigger rushing merupakan titik akupunktur di bagian atas kaki, di bagian jempol kaki bertemu dengan jari telunjuk kaki. Karena berhubungan langsung dengan organ hati, rahim, dan meridian kepala, titik ini sering digunakan untuk mengobati perut kembung, mual, sembelit, menstruasi tidak teratur, penglihatan kabur, dan sakit kepala.Untuk melakukan akupunktur bagian ini, duduklah dalam posisi yang nyaman dan istirahatkan kaki kanan di atas paha kiri, lalu berikan tekanan lembut pada titik ini setidaknya selama dua menit. Ulangi pada kaki kiri sebanyak tiga kali setiap hari untuk hasil terbaik.

4. Above Tears

Titik akupunktur sakit kepala ini ditemukan di atas kaki, kira-kira tiga cm di atas pertemuan antara jari kaki keempat dan kelima. Titik ini diyakini dapat meningkatkan kelenturan pikiran dan tubuh, serta jalan yang mulus dalam menjalani kehidupan.Above tears diyakini dapat meringankan masalah yang berhubungan dengan payudara, pinggul dan lutut, serta kantong empedu dan hati. Indikasi bahwa daerah above tears tidak sehat adalah sering sakit kepala, sesak di dada, nyeri pada mata, sistitis dan nyeri pada bagian payudara.Menekan titik ini juga bermanfaat untuk meringankan linu panggul dan bahu yang sakit, serta meredakan sakit kepala serta migrain.

5. Wind Mansion

Bagian wind mansion berada di bagian atas leher, tepat di tengah tengkuk garis rambut Anda. Jika Anda meletakkan jari di lokasi ini dan menekannya dengan lembut, kemungkinan besar Anda akan merasakan tekanan besar pada tengkorak. Titik wind mansion adalah titik akupresur yang efektif untuk segala hal, mulai dari sakit kepala, kekakuan leher hingga gangguan mental dan keringat berlebih.

6. Union Valley

Titik akupunktur tangan untuk sakit kepala dinamakan union valley. Titik ini berada di antara jempol dan jari telunjuk pada telapak tangan. Melakukan pijat pada titik akupunktur sakit kepala ini diyakini bisa meredakan rasa nyeri di bagian wajah dan sekitarnya, termasuk rasa sakit akibat kepala tegang, sakit gigi, dan sakit leher. Baca juga: Mirip dengan Akupuntur, Ini 5 Manfaat Akupresur untuk Kesehatan

Cara menghilangkan pusing dengan akupunktur kepala

Prinsip akupunktur adalah menjaga aliran energi agar tetap seimbang di sepanjang garis meridian. Prinsip inilah yang kemudian bisa menghilangkan energi negatif sebagai penyebab rasa sakit dalam tubuh.Saat melakukan akupunktur, tubuh akan terbagi ke dalam beberapa titik tekanan yang berada di dekat saraf, yakni sepanjang punggung dan leher yang menjadi tempat untuk menghambat aliran rasa sakit.Kemudian, pada titik-titik tersebut, Anda akan diberikan stimulasi manual atau aliran listrik yang lembut lewat jarum. Rangsangan inilah yang akan memicu saraf agar melepaskan hormon endorfin yang bisa memicu respon dari tubuh.Untuk mengatasi sakit kepala, akupunktur akan melepaskan hormon endorfin dan mengaktifkan saraf di otak yang bertanggung jawab dalam mengurangi rasa sakit. Selain itu, peradangan di sekitar kepala pun akan menurun akibat terjadinya pelepasan faktor vaskular dan imunomodulatorik, sehingga aliran darah di kepala lancar dan pusing dapat hilang.

Risiko melakukan terapi akupunktur

Meskipun memberikan manfaat yang baik untuk sakit kepala, akupunktur membawa sedikit risiko bahkan ketika dilakukan oleh praktisi berlisensi. Risiko itu berupa memar, kelelahan, dan nyeri setelah dilakukan akupunktur.Menurut National Centers for Complementary and Integrative Health, akupunktur yang dilakukan dengan peralatan di bawah standar atau kotor dapat menimbulkan risiko kesehatan yang sangat serius. Jarum yang digunakan juga seharusnya hanya sekali pakai.Pastikan praktisi akupunktur Anda menjaga kebersihan jarum dan jangan takut bertanya tentang apa yang sedang terjadi. Ahli akupunktur yang baik akan memandu Anda melalui prosedur dan memastikan Anda tenang serta aman. Akupunktur saja mungkin tidak cukup untuk meredakan sakit kepala dan tegang. Bila sakit kepala tidak kunjung berkurang meski sudah melakukan terapi akupunktur, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan medis lebih lanjut.Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang manfaat akupunktur dan keamanannya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
sakit kepalatips kesehatan
Medical News. https://medical-news.org/10-best-acupressure-points-migraines-headaches/3497/6/
Diakses pada 27 Juli 2021.
Healthline. https://www.healthline.com/health/acupuncture-for-headaches#risks-and-side-effects
Diakses pada 27 Juli 2021.
Harvard. https://www.health.harvard.edu/blog/acupuncture-for-headache-2018012513146
Diakses pada 27 Juli 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait