Mengenal Crystal Healing dan Cara Memilih Batu Kristal yang Tepat untuk Anda


Crystal healing adalah pengobatan alternatif menggunakan batu kristal yang dipercaya memberikan efek positif dalam tubuh. Ada beragam jenis kristal yang masing-masing membawa efek berbeda.

(0)
15 Mar 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Crystal healing adalah pengobatan alternatif menggunakan batu kristal yang dipercaya memberikan efek positif dalam tubuhPengobatan dengan kristal bisa dilakukan dengan menaruh batu di titik-titik tubuh
Banyak orang masih percaya dengan pengobatan alternatif. Jenis pengobatan ini ada banyak dan lebih banyak lagi kalau Anda pergi ke berbagai kawasan di Indonesia. Salah satu yang sedang populer adalah crystal healing, sebuah pengobatan alternatif yang menggunakan bebatuan kristal yang dipercaya memiliki aliran energi untuk membersihkan energi negatif.Crystal healing merupakan salah satu jenis pengobatan kuno dalam filosofi Hindu dan Budha. Meskipun pengobatan ini belum didukung oleh penelitian para ahli, banyak orang yang percaya cara ini cukup ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Namun, syarat melakukan pengobatan kristal adalah membuka pikiran Anda karena pengobatan terbaik semuanya berasal dari sana.Pengobatan ini bisa dilakukan dengan menaruh batu di titik-titik tubuh. Anda pun bisa menggunakannya sebagai perhiasan yang bisa mempercantik diri.

Jenis batu yang digunakan dalam crystal healing 

Dalam crystal healing, ada beragam jenis batu kristal yang digunakan. Setiap batu dipercaya memiliki kekuatannya masing-masing. Simak jenis batu dalam crystal  healing di bawah ini:

1. Clear quartz (kuarsa bening)

Kristal berwarna transparan ini dipercaya dapat memperkuat energi di dalam tubuh. Kekuatan batu ini mampu menyerap, menyimpan, melepaskan, dan mengatur energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak orang memanfaatkan batu kuarsa bening dalam meningkatkan konsentrasi dan menjaga daya ingat agar tetap baik.Batu clear quartz pun diklaim mampu menjaga sistem imun tubuh dan menyeimbangkan segala sesuai di dalam tubuh manusia. Karena itu juga, batu kristal ini dianggap sebagai “master healer” oleh sebagian orang.

2. Rose quartz (kuarsa mawar)

Warna cantik yang ditampilkan dari batu ini dipercaya mampu memulihkan kepercayaan diri seseorang. Kristal kuarsa mawar mampu memberikan kenyamanan dan ketenangan saat seseorang sedang dilanda kesedihan. Selain itu, warna pink yang dihadirkannya pun sering dijadikan lambang cinta. Banyak orang yang menggunakan kuarsa mawar untuk meningkatkan kedekatan mereka dengan orang tercinta.

3. Obsidian

Crystal healing obsidian bermanfaat untuk menangkal aura negatif
Obsidian dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan
Batu berwarna hitam ini terbuat dari lahar cair yang membeku dengan cepat. Obsidian mampu membantu menangkal segala aura negatif yang dapat mengganggu kesehatan fisik dan emosional dari seseorang. Batu ini dipercaya mampu meningkatkan kekuatan, pikiran, dan kasih sayang. Selain itu, penggunaan kristal obsidian juga bisa sebagai detoksifikasi dan menyehatkan pencernaan.

4. Turquoise (pirus)

Kristal pirus dipercaya sebagai jimat keberuntungan untuk sebagian orang. Tak heran kalau batu ini sering digunakan sebagai perhiasan. Kristal berwarna biru kehijauan (atau sebaliknya) ini dipercaya memiliki kekuatan untuk memulihkan pikiran, tubuh, dan jiwa. Batu ini membantu menyeimbangkan emosi serta bermanfaat untuk meningkatkan sistem pernapasan, kekebalan, dan fisik.

5. Jasper

Batu kristal halus ini dipercaya dapat membangkitkan semangat dan menghilangkan stres. Jasper juga mampu melindungi Anda dari aura negatif yang datang ke dalam tubuh. Dengan begitu, Anda bisa lebih berani, berpikir cepat, dan lebih percaya diri. Gunakan batu ini saat Anda dihadapkan dengan masalah besar yang membutuhkan keputusan tepat.

6. Tiger’s eye

Kristal berwarna keemasan ini akan menghilangkan ketakutan, kecemasan, dan keragu-raguan hingga akhirnya membebaskan pikiran Anda. Menggunakan batu ini dapat meningkatkan motivasi untuk menetapkan karier dan urusan hati lainnya. Kristal tiger’s eye  akan memandu keseimbangan dalam tubuh sehingga Anda bisa membuat sebuah keputusan yang tidak terburu-buru.

7. Citrine

Crystal healing dengan batu citrine dapat mendorong keoptimisan
Batu kristal citrine dipercaya dapat meningkatkan kreativitas
Batu ini memiliki warna kuning cerah yang menggambarkan kegembiraan, keajaiban, dan antusiasme bagi Anda yang menggunakannya. Citrine dipercaya mampu melepaskan sifat negatif dari Anda dan mendorong lahirnya keoptimisan, kehangatan, dan motivasi. Penggunaan batu ini diklaim mampu meningkatkan kreativitas dan konsentrasi Anda dalam melakukan apa pun.

8. Amethyst (batu kecubung)

Penggunaan batu ini dipercaya dapat memberikan kerendahan hati, ketulusan, dan peningkatan spiritual. Batu berwarna ungu ini mampu membuat Anda lebih mudah tidur dan mencegah insomnia. Menggunakan batu ini ini mencegah Anda terhindar dari mimpi buruk saat tidur. Kristal amethyst pun mampu melancarkan dan membersihkan darah, serta menghilangkan stres.

9. Moonstone

Warna putih menandakan sebuah kejernihan dari batu ini. Moonstone akan memberikan sebuah pikiran positif, intuisi baik, serta pandangan maju ke depan yang membawa Anda pada kesuksesan. Batu ini pun akan membantu mengurangi stres dan menenangkan pikiran yang tidak stabil dalam diri Anda. Nantinya, Anda akan merasa seperti dilahirkan kembali setelah menggunakan batu ini.

10. Sapphire (safir)

Banyak orang menganggap batu ini merupakan sumber kemakmuran karena warna dan bentuknya yang terlihat mewah. Batu safir juga membawa kebahagiaan dan kedamaian untuk mereka yang menggunakannya. Selain itu, batu ini juga diklaim mampu menyembuhkan masalah mata, sel, dan darah. Bukan hanya itu, safir pun mampu meredakan kecemasan, depresi, dan masalah tidur.

11. Bloodstone

Kristal ini diklaim bisa membersihkan darah dan membuatnya mengalir lebih lancar ke seluruh tubuh. Bloodstone juga membuat Anda tetap tenang dalam menghadapi masalah. Anda jadi tidak mudah tersinggung, marah, dan agresif, serta membuat Anda lebih sabar dalam menghadapi masalah.

12. Ruby (rubi)

Batu merah ini menggambarkan energi yang besar yang terkandung di dalam batu ini. Kristal rubi dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan, sensualitas, dan gairah seksual. Pada zaman dahulu, masyarakat menggunakan rubi untuk mengeluarkan racun di dalam darah dan melancarkan peredarannya ke seluruh tubuh.

Memilih batu yang tepat dalam crystal healing

Cara terbaik untuk memilih batu yang tepat adalah berkaca pada diri sendiri. Anda perlu mengetahui perasaan yang sedang dirasakan. Lalu, cari tahu hal-hal yang hilang dari tubuh, pikiran, atau hidup Anda secara keseluruhan.Setelah itu, biarkan intuisi Anda bekerja untuk memilih batu kristal yang paling baik. Namun, Anda juga bisa memilih kristal berdasarkan hal lainnya. Banyak orang percaya bahwa sebuah batu akan menarik Anda hingga membangun sebuah koneksi yang baik.Ya, percaya tidak percaya. Seperti yang dikatakan di awal. Saat melakukan pengobatan alternatif ini, Anda perlu membuka pikiran selebar-lebarnya karena itu adalah kunci dalam menerima energi dari kristal.Sebuah studi juga percaya bahwa pikiran seseoranglah yang memiliki kekuatan untuk melakukan penyembuhan diri. Faktor di luar itu hanya akan mendukung pikiran tersebut.Sejauh ini tidak ada penelitian yang menyatakan bahwa kristal dapat menyembuhkan suatu penyakit sehingga crystal healing tidak dapat dijadikan sebagai pengganti pengobatan medis yang sedang dijalankan. Pastikan Anda ke dokter bila merasakan suatu gejala penyakit.

Catatan dari SehatQ

Dipercaya sebagai pengobatan alternatif, crystal healing bisa memberikan banyak efek positif dalam tubuh bagi siapa saja yang melakukannya. Anda hanya perlu memilih batu kristal sesuai kebutuhan karena setiap batu memiliki khasiatnya masing-masing.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar diet maupun nutrisi makanan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
stresmenjaga kesehatanberpikir positif
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/guide-to-healing-crystals
Diakses pada 26 Februari 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3396089/
Diakses pada 26 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait