Mengenal Cleansing Oil dan Manfaatnya bagi Kecantikan Kulit

(0)
24 Jul 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cleansing oil dapat dibentuk dari berbagai minyakCleansing oil berguna untuk membersihkan make-up dan kotoran di wajah
Cleansing oil merupakan salah satu produk perawatan kulit yang mendasar. Fungsi utamanya adalah untuk membersihkan wajah dari make-up, kelebihan minyak, dan kotoran lainnya yang menempel di wajah.Cleansing oil menggunakan formulasi terbuat dari berbagai campuran minyak alami yang bermanfaat bagi kecantikan kulit, seperti minyak argan, rosehip, camellia, dan sebagainya. Kelebihan cleansing oil adalah dapat membantu meningkatkan kecantikan kulit tanpa merusak keseimbangan minyak alami pada kulit wajah.

Cara kerja cleansing oil

Cleansing oil, yang juga dikenal sebagai pembersih wajah berbasis minyak, memiliki sifat lipofilik yang artinya dapat melarutkan berbagai jenis minyak lain, termasuk kelebihan minyak pada kulit wajah. Oleh karena itu, cleansing oil dapat membantu membersihkan sebum yang diproduksi secara alami oleh wajah.Selain itu, minyak juga dapat ditemukan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit, yang kemudian menumpuk di permukaan kulit. Apabila tidak dibersihkan secara menyeluruh, maka tumpukan minyak tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah kulit.Cleansing oil dapat mengeluarkan minyak dan melarutkannya sehingga minyak tersebut dapat dengan mudah dibersihkan.

Memilih cleansing oil

Banyak yang mengatakan bahwa cleansing oil dianjurkan bagi pemilik kulit kering. Walaupun demikian, bukan berarti pemilik kulit jenis lainnya tidak dapat menggunakan produk pembersih berbasis minyak. Bagi pemilik kulit berminyak, dapat melakukan double cleansing dengan menggunakan pembersih berbasis air dan juga cleansing oil, untuk mendapatkan manfaat keduanya bagi kulit.Pemilik kulit berminyak dapat memilih jenis pembersih berbasis minyak pohon teh (tea tree) atau peppermint yang bermanfaat membersihkan pori. Hindari jenis pembersih berbasis minyak yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, seperti minyak alpukat, kelapa, atau zaitun.Sementara, pemilik kulit sensitif sebaiknya memilih jenis minyak tertentu yang dapat membantu menenangkan kulit sensitif, seperti pembersih berbasis minyak camelia, rosemary, atau chamomile. Jika Anda memiliki kulit sensitif yang mengalami peradangan, sebaiknya hindari cleansing oil yang mengandung pewangi dan juga alkohol.

Cara menggunakan cleansing oil

Cleansing oil merupakan langkah pertama untuk membersihkan wajah. Cara penggunaannya yang benar adalah:
  • Pastikan tangan dalam kondisi bersih dan kering pada saat hendak membersihkan wajah.
  • Teteskan beberapa tetes cleansing oil pada telapak tangan dan pijatkan ke seluruh permukaan kulit wajah. Khususnya di zona T (dahi, hidung, dan dagu) pada wajah.
  • Basahi tangan dengan air hangat, kemudian lanjutkan kembali memijat cleansing oil pada permukaan kulit wajah.
  • Bersihkan cleansing oil dengan menggunakan air hangat.
  • Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuknya menggunakan handuk yang lembut.
Apabila Anda hendak melakukan double cleansing, maka dapat dilanjutkan dengan menggunakan pembersih berbasis air.

Manfaat cleansing oil bagi kecantikan

Ada empat manfaat cleansing oil bagi kecantikan kulit wajah, di antaranya:
  • Membersihkan kulit wajah secara mendalam sehingga kulit wajah dapat terbebas dari berbagai kotoran, debu, polusi, sel kulit mati, dan bakteri.
  • Membersihkan make-up secara menyeluruh, bahkan jenis make-up yang sangat tebal dan juga tahan air, termasuk maskara. Pembersih berbasis minyak juga dapat menutrisi kulit.
  • Memberikan manfaat antipenuaan alami karena kandungan antioksidan alami pada minyak tumbuhan yang digunakan. Manfaat antioksidan tersebut akan langsung meresap ke dalam kulit dan menjaga keseimbangan alami sekaligus memancarkan kecantikan kulit.
  • Menyingkirkan minyak berlebih dan kotoran dari pori sehingga membantu mencegah dan mengatasi jerawat. Setidaknya akan diperlukan satu minggu hingga kulit mampu menyesuaikan. Selama itu, kulit mungkin akan terlihat menghasilkan minyak dan jerawat lebih banyak dari biasanya.
Itulah manfaat cleansing oil bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Sebelum memutuskan jenis cleansing oil yang hendak digunakan, pastikan kenali terlebih dahulu jenis kulit dan jenis minyak yang paling cocok dengan kebutuhan kulit Anda.
produk kecantikanperawatan wajah
Dermcollective
https://dermcollective.com/cleansing-oils/
Diakses 10 Juli 2020
Brazen Bee Beauty
https://brazenbeebeauty.com/skincare-blog/5-benefits-of-oil-cleansing-think-balanced-beautiful-skin/
Diakses 10 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait