logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Mengenal Manfaat Cleansing Oil dan Cara Menggunakannya yang Tepat

open-summary

Cleansing oil adalah salah satu produk perawatan kulit yang berfungsi untuk membersihkan make up, kelebihan minyak, dan kotoran di wajah secara menyeluruh. Cara menggunakan cleansing oil, yakni tuang produk ke telapak tangan dan mengusapkannya ke seluruh permukaan wajah secara merata. 


close-summary

4.8

(5)

13 Jul 2020

| Nenti Resna

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cleansing oil dapat dibentuk dari berbagai minyak

Cleansing oil berguna untuk membersihkan make-up dan kotoran di wajah

Table of Content

  • Apa itu cleansing oil?
  • Apa manfaat cleansing oil?
  • Bagaimana cara memilih cleansing oil?
  • Cara menggunakan cleansing oil yang tepat
  • Perbedaan oil cleanser dan milk cleanser

Bagi banyak orang, membersihkan wajah setelah menggunakan make up, tak cukup sekali saja. Agar wajah bebas dari sisa make up, beberapa orang ada yang menerapkan double cleansing menggunakan cleansing oil sebagai produk pembersih wajah pertama. 

Advertisement

Jika Anda ingin menggunakan cleansing oil atau oil cleanser dalam tahap double cleansing, simak penjelasan mengenai manfaat dan cara menggunakannya dalam artikel berikut ini. 

Apa itu cleansing oil?

Cleansing oil adalah salah satu produk perawatan kulit yang berfungsi untuk membersihkan make up, kelebihan minyak, dan kotoran di wajah secara menyeluruh. 

Sesuai namanya, oil cleanser merupakan produk pembersih wajah berbahan dasar minyak. Kendati demikian, produk ini mampu membersihkan kulit tanpa merusak keseimbangan minyak alami atau sebum pada kulit wajah. 

Hal ini karena cleansing oil memiliki sifat lipofilik, yakni mampu melarutkan berbagai jenis minyak, termasuk kelebihan minyak pada wajah. Ini artinya, cleansing oil dapat mengeluarkan minyak dan melarutkannya sehingga minyak dapat dibersihkan.

Cleansing oil adalah produk perawatan kulit
Cleansing oil sering digunakan sebagai tahap awal pembersihan wajah

Ada berbagai macam jenis cleansing oil terbaik di pasaran yang diformulasikan khusus sesuai tipe dan masalah kulit. 

Umumnya, cleansing oil terbuat dari berbagai campuran minyak alami yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. 

Misalnya, minyak argan, rosehip oil, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, minyak almond, minyak biji anggur, dan lainnya.

Kemudian, ada yang diperkaya dengan ekstrak teh hijau atau sejumlah vitamin yang baik untuk kulit, seperti vitamin E dan C. 

Apa manfaat cleansing oil?

Adapun berbagai manfaat cleansing oil untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah, antara lain:

1. Membersihkan wajah

Manfaat cleansing oil yang sayang dilewatkan adalah membersihkan wajah secara menyeluruh dari make up (waterproof sekalipun), kotoran, sel kulit mati, hingga produksi minyak berlebih sampai menembus pori-pori kulit lebih dalam seraya menutrisi kulit.

2. Menyingkirkan kelebihan minyak di wajah

Beberapa sabun pembersih wajah bebas minyak mungkin dapat mengganggu keseimbangan minyak alami kulit sehingga memperburuk kondisi kulit dalam menyeimbangkan kadar minyak.

Di sinilah fungsi cleansing oil bekerja untuk menjaga keseimbangan tingkat kelembapan minyak alami kulit. Dengan demikian, terbentuknya komedo dan jerawat dapat dicegah.

3. Melembapkan kulit

Selain membersihkan wajah dan menyingkirkan kelebihan minyak, fungsi cleansing oil juga dapat melembapkan kulit. 

Produk cleansing oil mengandung minyak dari ekstrak tumbuhan yang kaya akan asam lemak sehingga mampu menjaga kulit tetap elastis dan terhidrasi. 

Bagaimana cara memilih cleansing oil?

Cara memilih cleansing oil harus tepat
Pilihlah cleansing oil sesuai dengan jenis dan masalah kulit

Manfaat cleansing oil dapat diperoleh secara maksimal bila Anda tahu cara memilihnya. Sebab, kandungan oil cleanser yang tidak sesuai dengan tipe kulit wajah dapat berpotensi mengurangi keefektifannya hingga menimbulkan masalah kulit baru. 

Banyak orang percaya bahwa oil cleanser dapat digunakan oleh semua tipe kulit wajah, termasuk kulit berminyak.

Oil cleanser diyakini dapat mengangkat kelebihan minyak di wajah lantaran memiliki kandungan zat yang mirip di antara keduanya. Dengan kata lain, oil cleanser dianggap bisa menarik produksi minyak berlebih di wajah.

Faktanya, oil cleanser cocok digunakan sebagai produk pembersih pertama dalam tahapan double cleansing bagi pemilik kulit kering dan kulit sensitif. Pasalnya, kulit berminyak cenderung lebih banyak memproduksi minyak di wajah.

Berikut adalah cara memilih cleansing oil sesuai kandungan untuk setiap jenis kulit.

  • Kulit kering. Pemilik kulit kering bisa memilih produk cleansing oil yang mengandung kombinasi minyak argan, camellia, atau shea oil. Jenis minyak ini dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit. 
  • Kulit kombinasi. Pilih cleansing oil yang mengandung minyak biji bunga matahari dan vitamin E. 
  • Kulit rentan berjerawat. Hindari memilih cleansing oil yang berpotensi menyumbat pori-pori, seperti kandungan mineral oil dan wewangian.
  • Kulit sensitif. Pilih oil cleanser yang dapat membantu menenangkan kulit sensitif, seperti minyak rosemary, chamomile, atau camelia. Sebaiknya, hindari memilih cleansing oil yang mengandung alkohol dan zat pewangi.

Cara menggunakan cleansing oil yang tepat

Cleansing oil merupakan langkah pertama dalam tahapan double atau triple cleansing untuk membersihkan wajah. Berikut adalah cara menggunakan cleansing oil yang tepat. 

  • Cuci tangan sebelum membilas wajah dengan air sampai bersih.
  • Tuang beberapa tetes cleansing oil ke telapak tangan.
  • Usapkan oil cleanser ke seluruh permukaan kulit wajah, terutama area hidung, dagu, dahi, secara merata seraya memijat kulit perlahan.
  • Bilas cleansing oil menggunakan air hangat.
  • Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan menggunakan handuk lembut.
  • Anda dapat melanjutkan tahapan double cleansing selanjutnya dengan mencuci muka menggunakan sabun pembersih wajah.

Perbedaan oil cleanser dan milk cleanser

Selain menggunakan oil cleanser, beberapa orang ada yang memakai milk cleanser atau cleansing milk untuk membersihkan wajah tahap pertama. Lantas, apa perbedaan oil cleanser dan milk cleanser

1. Tekstur dan kandungan

Salah satu perbedaan oil cleanser dan milk cleanser yang paling utama terletak pada tekstur dan kandungannya.

Sesuai namanya, cleansing oil adalah produk pembersih wajah berbahan dasar minyak. Oil cleanser terbuat dari berbagai campuran minyak yang mampu melembapkan dan menutrisi kulit wajah.

Sedangkan, milk cleanser adalah produk pembersih wajah lembut dan ringan yang terbuat dari perpaduan air dan minyak (emulsi alami lemak).

2. Fungsi 

Fungsi cleansing oil mampu mengangkat sisa-sisa make up waterproof dan produksi sebum berlebih sampai menembus pori-pori kulit yang lebih dalam seraya menutrisi kulit tanpa menghilangkan minyak alami di kulit wajah.

Sedangkan, milk cleanser dapat mengangkat kotoran dan sisa-sisa make up non-waterproof. Milk cleanser juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi, bersih, dan segar.

3. Tipe kulit wajah yang cocok menggunakan

Perbedaan oil cleanser dan milk cleanser juga terletak pada tipe kulit wajahnya. Cleansing oil lebih cocok digunakan oleh pemilik kulit kering dan sensitif.

Bagi Anda yang memiliki kulit normal dan kulit kombinasi, cleansing milk dapat dipilih sebagai produk pembersih tahap pertama dalam double cleansing.

4. Cara menggunakan

Untuk cleansing oil, Anda cukup menuangkan produk ke telapak tangan dan mengusapkannya ke seluruh permukaan wajah secara merata. Sedangkan, cara memakai cleansing milk adalah menuangkan produk pada telapak tangan secukupnya. 

Kemudian, oleskan pada permukaan wajah, baik dalam kondisi kering atau masih menggunakan make up, secara merata.

Bersihkan milk cleanser di wajah menggunakan kapas seraya menekan permukaan wajah perlahan agar make up dapat terangkat sempurna.

Baca Juga

  • Telangiektasis atau Spider Veins: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya
  • 11 Jenis Penyakit Kulit pada Bayi yang Sering Muncul
  • Panduan Perawatan Wajah Pria agar Sehat dan Tampan Maksimal

Manfaat cleansing oil memang cukup beragam. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati saat memilih dan menggunakan produk perawatan kulit ini. 

Mengingat produk ini tersedia dalam berbagai varian dan campuran kandungan bahan aktif, pilihlah oil cleanser yang sesuai dengan jenis atau masalah kulit. 

Jika merasa ragu atau sulit menentukan oil cleanser atau milk cleanser yang tepat untuk Anda atau bukan, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dulu. 

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, tak ada salahnya bertanya dengan dokter kulit atau ahli guna memahami solusi yang tepat untuk Anda.

Anda bisa bertanya dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasi sekarang melalui App Store dan Google Play.

Advertisement

produk kecantikanperawatan wajahkulit sehatkesehatan kulitkulit dan kecantikan

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved