Seputar Cita-Cita Anak dan Cara Menumbuhkannya


Cita-cita anak memiliki peran penting untuk mendorongnya menjadi pribadi yang sukses di masa depan. Memiliki cita-cita dianggap dapat membuat anak lebih fokus dan produktif. Anda bisa menumbuhkan cita-cita pada anak dengan memperluas wawasan anak dan memberikan tantangan.

0,0
20 Sep 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Anda dapat menumbuhkan cita-cita anak dengan memperluas wawasannyaAnda dapat membantu anak dalam menumbuhkan cita-citanya
Pernahkah anak Anda menceritakan cita-citanya? Sebagian anak mungkin sering mengungkapkan cita-citanya. Apa yang mereka cita-citakan pun bisa terus berubah seiring berjalannya waktu. Namun, terlepas apa itu cita-cita anak, penting untuk menanamkan pada anak bahwa ia harus memiliki keinginan dan kemauan untuk mewujudkannya.Sebagai orangtua, Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu membentuk kepercayaan diri dan citra diri yang dimiliki anak. Selain itu, Anda juga dapat membantu mengarahkan agar cita-cita anak dapat tercapai.

Apa itu cita-cita?

Tidak semua orang bisa menjawab jika ditanya tentang apa itu cita-cita. Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, cita-cita adalah keinginan yang selalu ada di dalam pikiran. Mencita-citakan sesuatu berarti memiliki keinginan yang sungguh-sungguh atau menjadikan tujuan akhir.Biasanya, cita-cita adalah sesuatu yang berkaitan dengan karier di masa depan dan merupakan target jangka panjang.Akan tetapi, cita-cita anak tidak harus selalu berkaitan dengan karier di masa depan. Sebab, cita-cita dan impian anak masih bisa berubah seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia mereka.Cita-cita anak-anak juga bisa berupa keinginan untuk menguasai keterampilan tertentu, berprestasi di bidang tertentu, atau ingin memiliki sesuatu yang penting untuknya di masa yang akan datang.

Mengapa cita-cita anak penting?

Cita-cita adalah hal yang penting untuk dimiliki anak. Sebagai orangtua, tentunya Anda berharap si kecil mampu mencapai kesuksesan di masa depan. Dilansir dari Child Watch, anak-anak yang memiliki cita-cita  atau tujuan dianggap akan lebih sukses ketimbang yang tidak memiliki rencana apa pun.Meski demikian, tidak semua anak secara alami memiliki cita-cita. Sebagian mungkin memerlukan banyak bantuan dan arahan dari orangtua untuk menumbuhkan cita-citanyaLebih dari itu, bukan hanya cita-cita anak-anak saja yang penting, tetapi upaya orangtua untuk menumbuhkan cita-cita dan dorongan untuk mewujudkannya juga tidak kalah krusial.

Manfaat memiliki cita-cita pada anak

Memiliki cita-cita anak juga dapat memberikan banyak manfaat bagi si kecil, di antaranya:
  • Memiliki sesuatu untuk difokuskan dan diusahakan sehingga dapat membantu anak menjadi orang yang produktif.
  • Menetapkan tujuan (seperti cita-cita) dan berusaha menggapainya dapat mengajarkan ketekunan pada anak-anak.
  • Cita-cita anak juga penting untuk memberikan tujuan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membangun harga diri mereka.
  • Membantu mereka untuk fokus dan membuat keputusan yang lebih baik.

Cara menumbuhkan cita-cita anak

Menumbuhkan cita-cita anak dapat Anda mulai dengan mengajarkan mereka untuk memiliki tujuan dan ambisi untuk mewujudkannya. Berikut adalah sejumlah cara menumbuhkan cita-cita anak.
  • Tunjukkan dukungan Anda terhadap minatnya dan jangan mengecilkan hatinya.
  • Berikan tantangan agar anak berani melakukannya. Berikan pujian dan reward jika ia berhasil mengatasi tantangan tersebut.
  • Perluas wawasan anak dengan memperlihatkan dunia, baik melalui buku bacaan, mengunjungi tempat baru, atau bertemu dengan orang-orang baru.
  • Tidak ada salahnya jika anak memiliki panutan. Adanya panutan dianggap bermanfaat untuk memfokuskan cita-cita anak.
  • Lakukan permainan peran secara rutin untuk meningkatkan kreativitas anak.
  • Bermain secara berkelompok dapat membantu anak menumbuhkan kepercayaan diri dan belajar memengaruhi orang lain.
  • Tidak perlu mempermasalahkan jika cita-cita anak kerap berubah. Hal ini juga bisa menandakan bahwa anak semakin realistis dalam berpikir.
  • Ajarkan kepada anak bahwa cita-cita tidak selalu berkaitan dengan uang.
  • Biarkan anak memiliki cita-cita dan jangan membatasi keinginannya.
Itulah penjelasan seputar cita-cita anak dan cara menumbuhkannya. Anak Anda mungkin tidak selalu berhasil mendapatkan keinginannya atau mencapai tujuannya.Meskipun demikian, dengan mengajarkan kepadanya untuk memiliki cita-cita anak dan berusaha mewujudkannya, si kecil bisa mendapatkan pelajaran berharga.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips parentingtips mendidik anak
Family Education. https://www.familyeducation.com/life/cognitive-psychological-development/10-ways-nurture-ambition-children
Diakses 6 September 2021
Child Watch. https://childwatch.com/blog/2019/05/11/the-importance-of-goal-setting-for-children/
Diakses 6 September 2021
Work BC. https://www.workbc.ca/getmedia/d2144ffc-560f-45a1-bddd-51a3568edcc0/workbc_parents_guide_2018_web.pdf
Diakses 6 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait