Mengenal Ciri-Ciri Krim Bermerkuri yang Membahayakan Kesehatan


Meskipun sudah dilarang, merkuri masih banyak digunakan dalam produk kecantikan. Dengan mengenali ciri-ciri krim bermerkuri, Anda dapat terhindar dari bahaya penggunaan produk ini.

0,0
08 Sep 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ciri-ciri krim bermerkuri biasanya ditemukan pada label komposisi produk pemutih dan anti-agingBeberapa produk mencantumkan merkuri pada label komposisi produk
Merkuri merupakan logam berat beracun dan dilarang keras untuk digunakan sebagai bahan dalam produk kosmetik oleh badan kesehatan seluruh dunia. Anehnya, meskipun sudah dilarang, masih banyak produk skincare maupun makeup yang menggunakan merkuri. Oleh sebab itu,  Anda sebaiknya mengetahui ciri-ciri krim bermerkuri untuk mencegah penggunaannya.Mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung merkuri secara teratur dapat menyebabkan ruam, perubahan warna kulit, dan bercak. Selain itu, paparan jangka panjang terhadap merkuri tingkat tinggi dalam produk kosmetik dapat menyebabkan beberapa konsekuensi kesehatan serius, yang meliputi kerusakan pada ginjal serta sistem pencernaan, dan saraf. 

Mengapa merkuri digunakan dalam produk skincare?

Merkuri sering digunakan untuk produk kecantikan khususnya produk untuk memutihkan kulit. Paling banyak penggunaannya berupa krim atau salep yang dioleskan ke wajah atau ke seluruh tubuh untuk mencerahkan warna kulit. Merkuri adalah zat beracun yang dapat menyebabkan masalah kejiwaan, neurologis, dan ginjal yang serius. Penggunaan bahan merkuri dalam pencerah kulit sudah dilarang di AS. Pemutih dan pencerah kulit mengandung bahan aktif atau kombinasi bahan-bahan yang dapat mengurangi jumlah melanin di kulit. Bahan yang paling banyak digunakan untuk mencerahkan kulit adalah hydroquinone. Menurut FDA (Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS), kandungan hidroquinon bagi produk yang dijual bebas hanya diperbolehkan sekitar 2%. Hydroquinone dapat membahayakan kulit jika digunakan tidak sesuai dosis yang dianjurkan.Industri pemutih kulit adalah salah satu produk kecantikan yang berkembang pesat di dunia. Contohnya di India, produk pencerah kulit menguasai 50% pasar, termasuk produk yang menggunakan merkuri maupun tidak.Sayangnya, produk kecantikan yang mengandung merkuri dijual bebas di internet dan dipasarkan secara online melalui media sosial. 

Ciri-ciri krim bermerkuri

Merkuri biasanya ditemukan pada krim anti-aging, pemutih kulit, penghilang kerutan, bintik cokelat (freckles), bintik penuaan, dan noda hitam. Selain itu, produk makeup yang sering menggunakan merkuri adalah maskara. Beberapa produk yang dibuat untuk remaja seperti obat jerawat juga banyak mengandung merkuri. Ciri-ciri krim bermerkuri yang harus Anda waspadai biasanya ditemukan pada:
  • Produk kosmetik dengan label kemasan berbahasa asing selain Inggris dan Bahasa Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa produk ini berasal dari pasar illegal.
  • Beberapa produk mencantumkan merkuri pada label komposisi produk. Biasanya nama yang dicantumkan yaitu mercury, Hg, mercuric iodide, mercury oxide, mercurous chloride, ethyl mercury, phenyl mercuric salts, amide chloride of mercury. 
  • Terdapat petunjuk atau label dalam produk yang menyebutkan untuk menghindari kontak dengan emas, perak, karet, aluminium, atau perhiasan yang Anda pakai. Hal ini berarti produk mengandung merkuri. 

Bahaya merkuri untuk kesehatan

Paparan merkuri dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang serius. Bahayanya tidak hanya untuk orang yang menggunakan produknya, tapi juga untuk orang di sekitarnya. Menurut penasehat senior Food and Drugs Administration, orang di sekitar pengguna merkuri akan menghirup uap merkuri yang dilepaskan dari produk ini.Anak-anak juga mungkin menyentuh lap atau handuk yang terkontaminasi merkuri. Padahal anak-anak, wanita hamil, dan bayi menyusui sangat rentan terhadap keracunan merkuri. Bayi yang terpapar merkuri dapat memengaruhi perkembangan otak dan sistem sarafnya. Sedangkan, bayi baru lahir yang menyusu juga rentan karena merkuri masuk ke dalam ASI.Beberapa tanda keracunan merkuri yang patut Anda waspadai berupa:
  • Mudah marah atau kesal
  • Perasaan malu
  • Tubuh bergetar
  • Perubahan dalam penglihatan atau pendengaran
  • Masalah memori
  • Depresi
  • Mati rasa dan kesemutan di tangan, kaki, atau sekitar mulut
Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang bahya krim bermerkuri tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitperawatan wajah
DoctorXDentist. https://www.doctorxdentist.com/questions/after-reading-news-about-mercury-laced-skin-cream-i-read-up-more-and-realised-that-some-other-creams-are-considered-to-have-mercury-content-in-them-by-overseas-health-authorities-i-am-worried-as-i-think-i-have-used-a-few-of-those-types-before-briefly-please-advise-but-i-do-not-feel-unwell-at-all-but-concerned-that-mercury-has-seeped-throug-into-my-bloodstream-what-can-i-do-to-rid-if-off-my-body-should-i-request-for-urine-and-blood-test-to-confirm-my-kidney-and-liver-functions-are-totally-fine
Diakses pada 19 Agustus 2021.
Med India. https://www.medindia.net/news/healthinfocus/skin-care-products-contain-high-levels-of-toxic-mercury-162167-1.htm
Diakses pada 19 Agustus 2021.
WHO. https://www.who.int/publications/i/item/WHO-CED-PHE-EPE-19.13
Diakses pada 19 Agustus 2021.
Food and Drugs Administration. https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/mercury-poisoning-linked-skin-products
Diakses pada 19 Agustus 2021.
Food and Drugs Administration. https://www.fda.gov/consumers/health-fraud-scams/skin-products-containing-mercury Diakses pada 19 Agustus 2021.WenMD. https://www.webmd.com/beauty/skin-lightening-products#1
Diakses pada 19 Agustus 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait