Mengenal Ciri-Ciri Dinding Rahim Tipis dan Kemungkinan Penyebabnya

0,0
18 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ciri-ciri dinding rahim tipis paling utama adalah ketebalannya yang kurang dari 8 mmDinding rahim tipis dapat mempersulit kehamilan
Kondisi dinding rahim tipis dapat menurunkan peluang seorang wanita untuk hamil. Sebab, dinding rahim yang terlalu tipis bisa menyebabkan embrio kesulitan untuk menempel atau mendapatkan nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan.Kondisi dinding rahim yang baik umumnya memiliki ketebalan merata sekitar 8-12 mm di seluruh rahim dan mempunyai sirkulasi darah yang baik. Sementara itu, seorang wanita masih memiliki kemungkinan hamil jika ketebalan rahimnya hanya sekitar 7- 8 mm, walaupun kemungkinannya lebih kecil.

Ciri-ciri dinding rahim tipis

Ciri-ciri dinding rahim tipis yang utama adalah ketebalan endometrium kurang dari 7 mm. Untuk dapat memastikannya, Anda perlu menjalani pemeriksaan ultrasonografi (USG).Selain itu, sebuah studi mengungkapkan sejumlah karakteristik atau ciri-ciri dinding rahim tipis yang bisa diidentifikasi.
  • Hambatan aliran darah yang tinggi dari ateri radial (RA) rahim
  • Pertumbuhan epitel (sel di permukaan tubuh) yang buruk
  • Penurunan ekspresi vascular endothelial growth factor (VEGF) atau protein yang berperan dalam pembentukan pembuluh darah baru
  • Perkembangan pembuluh darah yang buruk.
Aspek lain yang juga dikaitkan dengan kondisi dinding rahim tipis adalah keberhasilan implantasi embrio yang rendah.

Penyebab dinding rahim tipis

Penyebab dinding rahim tipis diperkirakan karena adanya gangguan pada proses normal pertumbuhan endometrium.Namun, informasi yang tersedia mengenai faktor-faktor penyebab gangguan pertumbuhan pada penderita dinding rahim tipis masih sangat terbatas.Walaupun demikian, ada beberapa faktor yang kerap dikaitkan sebagai penyebab dinding rahim tipis.

1. Kekurangan estrogen

Kadar hormon estrogen yang tidak memadai diperkirakan menjadi salah satu penyebab dinding rahim tipis pada beberapa wanita.  

2. Masalah struktural

Penyebab dinding rahim tipis lainnya adalah masalah struktural yang menyebabkan kerusakan dinding rahim. Misalnya, karena Anda pernah mengalami fibroid rahim, septum, atau terbentuknya jaringan parut akibat tindakan pembedahan di dalam rahim.Kondisi ini dapat mengganggu pertumbuhan dan distribusi lapisan rahim sehingga mengakibatkan lapisan dinding rahim terlalu tipis untuk mendukung implantasi atau pertumbuhan bayi yang sehat.

3. Aliran darah rahim yang buruk

Aliran darah yang terhambat atau mengalami penurunan dianggap bisa menyebabkan lapisan rahim tidak mampu menebal dengan baik.Apa pun yang dapat mengganggu aliran darah dianggap bisa jadi penyebab gangguan pada dinding rahim. Selain itu, udara dingin juga dapat merusak rahim dengan menghambat pasokan darah.Ciri-ciri dinding rahim tipis yang berkaitan dengan gangguan aliran darah meliputi:
  • Periode haid yang terasa sakit
  • Volume darah haid yang sedikit
  • Terdapat gumpalan dalam darah menstruasi
  • Darah haid berwarna merah tua atau ungu
  • Nyeri pada punggung bawah.

4. Pemenuhan nutrisi yang buruk

Memiliki cukup darah untuk membangun lapisan rahim yang sehat bergantung pada nutrisi yang Anda konsumsi. Asupan nutrisi yang buruk, seperti kekurangan zat besi, dapat memengaruhi pembentukan darah dan dinilai memberikan dampak terhadap pembentukan dinding rahim tipis.

Cara mengatasi dinding rahim tipis

Omega 3
Suplemen omega-3 dianggap bisa membantu menebalkan rahim
Ada beberapa cara mengatasi dinding rahim tipis yang bisa Anda jalani. Akan tetapi, menebalkan dinding rahim sebenarnya digolongkan sebagai perkara yang sangat sulit.Meskipun demikian, beberapa hal berikut masih bisa Anda lakukan sebagai cara menebalkan dinding rahim yang tipis.
  • Dinding rahim tipis yang disebabkan kekurangan hormon estrogen dapat dibantu dengan pemberian estrogen secara oral. Selain itu, estrogen juga dapat diberikan dalam bentuk koyo estrogen, suntikan estrogen, atau pemberian estrogen melalui vagina.
  • Masalah dinding rahim struktural mungkin memerlukan tindakan pembedahan untuk mengangkat jaringan parut atau masalah kesehatan lain yang jadi penyebab gangguan pada rahim.
  • Aliran darah yang buruk mungkin dapat dibantu dengan pemberian aspirin dosis rendah dan mengatasi penyebab aliran darah yang buruk.
  • Perbaikan nutrisi dapat dilakukan dengan perubahan gaya hidup dan konsumsi suplemen yang dibutuhkan.
Anda juga dapat melakukan beberapa perawatan mandiri sebagai cara menebalkan dinding rahim yang tipis, seperti:
  • Konsumsi makanan yang dibutuhkan untuk menghasilkan darah dan lapisan rahim yang sehat, seperti daging merah, minyak zaitun, dan sayuran berwarna hijau tua.
  • Konsumsi suplemen yang menyehatkan pembuluh darah, seperti zat besi, vitamin E, L-Arginine, asam lemak omega-3, dan sebagainya.
  • Menjaga suhu rahim tetap hangat dengan melakukan kompres hangat pada perut bagian bawah, menjaga kaki tetap hangat, dan mengonsumsi makanan hangat.
  • Aktif olahraga dan bergerak untuk meningkatkan kesehatan secara umum.
Sebaiknya Anda jangan mengonsumsi berbagai obat alternatif yang belum terbukti khasiat dan keamanannya.Di sisi lain, pijat atau akupuntur mungkin dapat dilakukan. Meskipun belum ada data ilmiah yang mendukung keberhasilannya, terapi ini umumnya tidak menyebabkan bahaya.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
anomali rahimorgan intim wanita
Fertility and Sterility. https://www.fertstert.org/article/S0015-0282(08)00036-8/fulltext
Diakses 5 Mei 2021
The Older Shaw Clinic. https://eastbayfertilityacupuncture.com/treating-thin-uterine-lining/
Diakses 5 Mei 2021
IVF1. https://www.ivf1.com/thin-uterine-lining/
Diakses 5 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait