Mengenal Ciri-ciri Anak yang Percaya Diri Sejak Dini

(0)
12 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu ciri anak yang percaya diri ialah tegar dalam menghadapi kegagalan.Salah satu ciri anak yang percaya diri adalah berani mengambil risiko.
Penting bagi anak untuk memiliki rasa percaya diri sejak dini. Sebab, anak yang percaya diri akan lebih berani untuk menghadapi tantangan baru dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Bahkan, ia pun akan merasa bangga dengan kemampuan yang dimilikinya. Itulah mengapa orangtua perlu tahu ciri-ciri anak yang percaya diri sejak dini supaya bisa diasah secara maksimal.

Ciri-ciri anak yang percaya diri sejak dini

Rasa percaya diri dapat tumbuh sejak masih kanak-kanak. Rasa ini umumnya tumbuh saat Si Kecil merasa aman, disayang, dan diterima oleh kedua orangtuanya.Anak yang percaya diri juga memiliki sejumlah karakteristik. Berikut adalah ciri-ciri anak yang percaya diri supaya Anda bisa mengidentifikasinya.

1. Berani mengambil risiko sejak kecil

Salah satu ciri anak yang percaya diri adalah berani mengambil risiko. Mengambil risiko yang dimaksud di sini adalah saat anak berani mencoba banyak hal-hal baru yang asing baginya.Jika Anda melihat anak mau untuk melakukan aktivitas baru di dalam atau luar rumah, hal itu menandakan bahwa ia memiliki rasa percaya diri.

2. Memiliki tujuan yang jelas

Setiap anak memiliki keinginan untuk mencapai sesuatu. Jika anak Anda memperlihatkan kemauan, hasrat, dan keberanian yang tinggi untuk mencapai tujuannya itu, hal ini bisa menandakan bahwa Si Kecil memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

3. Berani membuat keputusan positif tanpa bantuan orangtuanya

Ciri-ciri anak yang percaya diri selanjutnya adalah berani membuat keputusan positif tanpa bantuan orangtuanya. Anak yang percaya diri juga tidak mudah bergantung pada orangtuanya.Hal ini menandakan bahwa anak Anda sudah mandiri dan bisa mencari solusi dari permasalahan yang ia alami.Meski begitu, Anda juga disarankan untuk tidak lepas tangan. Bantulah anak saat ia sedang membuat keputusan. Dengan bantuan dari orangtua, kemampuan anak untuk membuat keputusan akan semakin terasah.

4. Mampu beradaptasi dengan situasi sosialnya

Pernahkah Anda melihat anak-anak mampu bersosialisasi dengan orang asing di sekelilingnya? Ini juga contoh sikap anak yang percaya diri.Sebenarnya, normal bagi anak-anak jika merasa canggung saat dihadapkan dengan situasi atau lingkungan sosial yang asing baginya. Akan tetapi, jika anak Anda mampu mengatasi kecanggungan itu, hal ini menandakan bahwa ia memiliki rasa percaya diri.

5. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi

Saat anak Anda tidak mengeluh ketika diminta untuk membersihkan mainan atau kamarnya, ini juga dianggap sebagai ciri-ciri anak yang percaya diri. Dilansir dari Romper, anak yang memiliki rasa tanggung jawab tinggi mampu mengasah kepercayaan dirinya dalam melakukan banyak hal.

6. Tidak membutuhkan pujian

Sebagian anak kadang butuh diberikan pujian terlebih dahulu untuk melakukan hal-hal tertentu. Namun, jika anak Anda tidak membutuhkan pujian saat sedang ingin melakukan sesuatu, bisa jadi ia memiliki rasa percaya diri yang tinggi.Meski demikian, bukan berarti Anda tidak boleh memberikan pujian pada anak. Tetaplah puji Si kecil dalam situasi tertentu agar dirinya merasa dihargai oleh orangtuanya.

7. Mampu menghadapi kegagalan dengan tegar

Wajar bagi Anda untuk merasa sedih saat anak mengalami kegagalan dalam suatu hal. Namun ingat, anak yang percaya diri tidak mudah putus asa saat dirinya dihadapi dengan kegagalan.Jika ia tidak patah semangat atau murung saat sedang dilanda kegagalan, hal ini menunjukkan bahwa ia memiliki rasa percaya diri yang tinggi.Perlu diingat juga, anak yang mampu menghadapi situasi-situasi sulit ini memiliki peluang besar untuk sukses di kemudian hari.Anda juga harus paham bahwa kegagalan adalah salah satu cara agar anak berani dan percaya diri. Jadi, biarkan anak mengalami kegagalan agar ia bisa belajar dari kesalahannya.

8. Senang membantu orang lain

Senang membantu orang lain adalah contoh sikap anak yang percaya diri. Dilansir dari Romper, anak yang ingin membuat perubahan dan membantu orang lain akan merasa lebih percaya diri.Maka dari itu, Anda boleh mengajarkan anak empati sejak dini agar anak berani dan percaya diri, sekaligus gemar menolong orang yang sedang kesulitan.

Catatan dari SehatQ

Orangtua tidak perlu berkecil hati jika ciri-ciri anak yang percaya diri tidak ditunjukkan oleh Si Kecil. Sebab, tidak ada kata terlambat untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Oleh karena itu, bantulah anak supaya ia bisa memiliki kepercayaan diri yang tinggi.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk  bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentingparenting stressgaya parenting
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/self-esteem.html
Diakses pada 28 Maret 2021
Romper. https://www.romper.com/p/9-early-signs-your-kid-will-be-confident-but-not-cocky-27981
Diakse spada 28 Maret 2021
Child Mind. https://childmind.org/article/12-tips-raising-confident-kids/
Diakses pada 28 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait