logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

8 Ciri-ciri Anak yang Percaya Diri dan Optimis Sejak Dini

open-summary

Terdapat sejumlah ciri-ciri anak yang percaya diri, mulai dari berani mengambil risiko, memiliki tujuan yang jelas, hingga berani membuat keputusan. Penting bagi anak untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Dengan begitu, si kecil akan lebih berani menghadapi tantangan dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya.


close-summary

4

(4)

12 Apr 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Salah satu ciri anak yang percaya diri ialah tegar dalam menghadapi kegagalan.

Salah satu ciri anak yang percaya diri adalah berani mengambil risiko.

Table of Content

  • Apa itu percaya diri?
  • Ciri-ciri anak yang percaya diri sejak dini
  • Cara agar anak berani dan percaya diri
  • Catatan dari SehatQ

Penting bagi anak untuk memiliki rasa percaya diri sejak dini. Sebab, anak yang percaya diri akan lebih berani untuk menghadapi tantangan baru dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Inilah alasan mengapa Anda perlu tahu ciri-ciri anak yang percaya diri sejak dini supaya bisa diasah secara maksimal.

Advertisement

Apa itu percaya diri?

Sebelum mengetahui ciri-ciri anak yang percaya diri, ada baiknya jika orangtua memahami dulu apa itu definisi percaya diri.

Dikutip dari Psychology Today, arti percaya diri adalah keyakinan pada diri seseorang bahwa ia memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan hidup dan berhasil dalam menaklukkannya.

Sementara itu, dilansir dari Good Therapy, percaya diri adalah keyakinan seseorang bahwa tindakan yang ia pilih adalah pilihan yang tepat dan mereka bisa melakukan tindakan itu dengan benar.

Ciri-ciri anak yang percaya diri sejak dini

Rasa percaya diri dapat tumbuh sejak masih kanak-kanak. Rasa ini umumnya tumbuh saat ia merasa aman, disayang, dan diterima oleh kedua orangtuanya.

Anak yang percaya diri juga memiliki sejumlah karakteristik. Berikut adalah ciri-ciri anak yang percaya diri supaya Anda bisa mengetahuinya.

1. Berani mengambil risiko sejak kecil

ciri ciri anak yang percaya diri
Ciri-ciri anak yang percaya diri.

Salah satu ciri anak yang percaya diri adalah berani mengambil risiko. Mengambil risiko yang dimaksud di sini adalah saat anak berani mencoba banyak hal-hal baru yang asing baginya.

Jika Anda melihat anak mau untuk melakukan aktivitas baru di dalam atau luar rumah, hal itu menandakan bahwa ia memiliki rasa percaya diri.

2. Memiliki tujuan yang jelas

Setiap anak memiliki keinginan untuk mencapai sesuatu. Jika anak Anda memperlihatkan kemauan, hasrat, dan keberanian yang tinggi untuk mencapai tujuannya itu, hal ini bisa menandakan bahwa ia memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

3. Berani membuat keputusan positif tanpa bantuan orangtuanya

Ciri-ciri anak percaya diri selanjutnya adalah berani membuat keputusan positif tanpa bantuan orangtuanya. Anak yang percaya diri juga tidak mudah bergantung pada orangtuanya.

Hal ini menandakan bahwa anak Anda sudah mandiri dan bisa mencari solusi dari permasalahan yang ia alami.

Meski begitu, Anda juga disarankan untuk tidak lepas tangan. Bantulah anak saat ia sedang membuat keputusan. Dengan bantuan dari orangtua, kemampuan anak untuk membuat keputusan bisa semakin terasah.

4. Mampu beradaptasi dengan situasi sosialnya

Pernahkah Anda melihat anak-anak mampu bersosialisasi dengan orang asing di sekelilingnya? Ini juga contoh sikap anak yang percaya diri.

Sebenarnya, normal bagi anak-anak jika merasa canggung saat dihadapkan dengan situasi atau lingkungan sosial yang asing baginya. Akan tetapi, jika anak Anda mampu mengatasi kecanggungan itu, hal ini menandakan bahwa ia memiliki rasa percaya diri.

5. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi

Saat anak Anda tidak mengeluh ketika diminta untuk membersihkan mainan atau kamarnya, ini juga dianggap sebagai ciri-ciri anak yang percaya diri.

Dilansir dari Romper, anak yang memiliki rasa tanggung jawab tinggi mampu mengasah kepercayaan dirinya dalam melakukan banyak hal.

6. Tidak membutuhkan pujian

Sebagian anak kadang butuh diberikan pujian terlebih dahulu untuk melakukan hal-hal tertentu. Namun, jika anak Anda tidak membutuhkan pujian saat sedang ingin melakukan sesuatu, bisa jadi ia memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Meski demikian, bukan berarti Anda tidak boleh memberikan pujian pada anak. Tetaplah puji si kecil dalam situasi tertentu agar dirinya merasa dihargai oleh orangtuanya.

7. Mampu menghadapi kegagalan dengan tegar

Wajar bagi Anda untuk merasa sedih saat anak mengalami kegagalan dalam suatu hal. Namun, ingatlah bahwa anak yang percaya diri tidak mudah putus asa saat menghadapi kegagalan.

Jika ia tidak patah semangat atau murung saat sedang dilanda kegagalan, hal ini menunjukkan karakteristik percaya diri yang tinggi.

Perlu diingat juga, anak yang mampu menghadapi situasi sulit ini memiliki peluang besar untuk sukses di kemudian hari.

Anda juga harus paham bahwa kegagalan adalah salah satu cara agar anak berani dan percaya diri. Jadi, biarkan anak mengalami kegagalan agar ia bisa belajar dari kesalahannya.

8. Senang membantu orang lain

Senang membantu orang lain adalah contoh sikap anak yang percaya diri. Anak yang ingin membuat perubahan dan membantu orang lain akan merasa lebih percaya diri.

Baca Juga

Cara agar anak berani dan percaya diri

ciri ciri anak yang percaya diri
Ciri-ciri anak yang percaya diri.

Jika Anda ingin menumbuhkan sikap berani, optimis, dan percaya diri di dalam diri anak, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:

  • Menjadi panutan yang baik

Menjadi panutan yang baik adalah tips agar anak percaya diri. Ketika Anda sedang dilanda tantangan hidup, tunjukkan pada anak bahwa Anda dapat menghadapinya dengan rasa optimis. Hal ini diharapkan dapat membuat anak meniru sikap Anda.

  • Jangan marahi anak ketika membuat kesalahan

Ketika anak membuat kesalahan, sebaiknya Anda jangan memarahinya. Justru sebaliknya, beri tahu bahwa kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran.

Ciri-ciri orang optimis adalah tidak membiarkan sebuah kesalahan menghambat proses pembelajaran mereka. Maka dari itu, bantu anak untuk bangun dari kesalahannya dan pandu mereka dalam memperbaikinya.

  • Dukung anak untuk mencoba hal baru

Cobalah ajak anak untuk melakukan dan belajar banyak aktivitas baru yang bisa menambah keterampilan baru dalam hidupnya.

Misalnya, ajak mereka untuk belajar mencuci mobil, memasak makanan, atau mencuci pakaian. Meski terkesan sepele, berbagai aktivitas ini dapat membuat anak percaya diri dengan kemampuannya.

  • Puji kegigihan anak

Jangan hanya memuji anak ketika dirinya sukses melakukan sesuatu. Berikan pujian juga ketika ia menunjukkan kegigihan dan ketekunan saat sedang berusaha menyelesaikan sesuatu.

  • Bantu anak mengeksplor kesukaannya

Cara agar anak berani dan percaya diri selanjutnya yang bisa dicoba adalah membantu si kecil mengeksplorasi dan menemukan kegemarannya.

Dikutip dari situs Child Mind, menemukan hal-hal atau aktivitas yang anak sukai dapat membantunya dalam menumbuhkan sikap percaya diri.

Catatan dari SehatQ

Anda tidak perlu berkecil hati jika ciri-ciri anak yang percaya diri tidak ditunjukkan oleh si kecil. Tidak ada kata terlambat untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Oleh karena itu, bantulah anak supaya ia bisa memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk  bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

tips parentingparenting stressgaya parenting

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved