Mengenal Chicory, Tanaman Herbal dengan Segudang Manfaat

(0)
11 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Chicory sering kali dikonsumsi sebagai pengganti kopi.Chicory adalah tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat.
Pernahkah Anda mendengar tanaman herbal bernama chicory? Tanaman ini kaya akan serat inulin yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Selain dikonsumsi akarnya, chicory juga sering diolah menjadi pengganti kopi yang tidak mengandung kafein.Tertarik untuk mencobanya chicory? Sebelum mulai mencari tanaman ini, ada baiknya kita kenali dulu berbagai penjelasan ilmiah di balik manfaat chicory.

Segudang manfaat chicory untuk kesehatan

Berbagai manfaat chicory berasal dari kandungan nutrisinya. Tanaman yang memiliki warna bunga kebiruan ini mengandung protein, serat, vitamin B6 dan C, folat, hingga kalium. Jadi, tidak heran kalau manfaatnya begitu banyak.

1. Menyehatkan jantung

Kandungan serat inulin yang dimiliki chicory dianggap bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jenis kolesterol ini dapat menghambat aliran darah sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi, aterosklerosis, serangan jantung, hingga stroke.Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas chicory dalam menyehatkan jantung.

2. Mencegah kanker

Berbagai studi menunjukkan bahwa esktrak chicory mampu menurunkan pertumbuhan tumor. Manfaat ini berasal dari kandungan fructan-nya yang mampu melawan tumor dan bersifat antioksidan.Selain itu, kandungan polifenol, fitokimia, dan inulin yang dimiliki chicory dipercaya mampu mencegah berbagai kanker, seperti kanker payudara hingga kanker kolorektal.

3. Meredakan radang sendi

Dalam pengobatan alternatif, chicory digunakan untuk mengatasi arthritis atau radang sendi. Tanaman herbal ini memiliki sifat antiradang sehingga dipercaya bisa meredakan rasa nyeri akibat osteoarthritis.Sebuah riset membuktikan, 70 persen peserta penelitian yang mengonsumsi chicory mengalami penurunan rasa nyeri akibat kondisi osteoarthritis.

4. Menurunkan berat badan

Chicory mengandung oligofruktosa dan inulin yang dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Kedua nutrisi ini juga mampu mengontrol pelepasan hormon ghrelin (hormon yang mengatur rasa lapar).Sebuah riset yang dirilis dalam jurnal Obesity Research Banner mengungkapkan, chicory mampu menurunkan ghrelin pada hewan uji sehingga mampu mengontrol rasa laparnya.Akan tetapi, manfaat chicory ini baru dibuktikan lewat studi hewan uji. Penelitian lebih lanjut pada manusia perlu dilakukan untuk membuktikan efektivitasnya.

5. Mengatasi sembelit

Sebuah studi yang melibatkan 44 orang dewasa yang mengalami sembelit menyatakan, mengonsumsi 12 gram chicory per hari selama 4 minggu dapat melunakkan tekstur feses dan melancarkan buang air besar (BAB), dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi obat plasebo.Temuan tersebut didukung oleh hasil penelitian lainnya yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi 10 gram inulin dari chicory per hari dapat meningkatkan frekuensi BAB sebanyak 4-5 kali per minggu.

6. Mengontrol gula darah pasien diabetes

Esktrak serat chicory diklaim efektif dalam mengontrol gula darah pasien diabetes. Manfaat ini bersumber dari inulin yang mampu merangsang produksi bakteri baik untuk terlibat dalam metabolisme karbohidrat dan sensitivitas terhadap insulin.Sebuah studi berdurasi 2 bulan menunjukkan, pasien diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 10 gram inulin per hari dapat menurunkan kadar gula darah dan hemoglobin A1c (tolak ukur gula darah rata-rata) secara signifikan, dibandingkan mereka yang mengonsumsi obat plasebo.

7. Meningkatkan sistem imun

Terdapat beberapa faktor mengapa chicory dipercaya bisa meningkatkan sistem imun. Pertama, chicory memiliki sifat antibakteri yang mampu melawan bakteri jahat di dalam tubuh.Kedua, chicory dilengkapi dengan komponen polifenolik yang dianggap mampu meningkatkan sistem imun. Tidak hanya itu, tanaman herbal ini juga mengandung fitokimia yang mampu bertindak sebagai antioksidan dan mengurangi radikal bebas di dalam aliran darah.

8. Mengatasi kecemasan

Chicory memiliki efek menenangkan sehingga bisa membantu mengatasi gangguan cemas dan membuat pikiran menjadi rileks.Di samping itu, sebuah laporan yang dirilis dalam jurnal Performance Health Center menjabarkan bahwa ekstrak akar chicory bisa digunakan sebagai obat tidur alami.

Peringatan sebelum mengonsumsi chicory

Walaupun chicory menawarkan banyak manfaat kesehatan, ada beberapa efek samping yang juga harus diperhatikan jika mengonsumsi chicory dalam jumlah berlebih, di antaranya:
  • Ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi chicory karena dapat menyebabkan keguguran.
  • Ibu menyusui disarankan tidak mengonsumsi chicory berlebihan karena keamanannya belum diteliti lebih lanjut.
  • Chicory bisa menimbulkan reaksi alergi.
  • Pasien batu empedu disarankan tidak mengonsumsi chicory karena dapat memperparah gejalanya.
Jika Anda ingin mengonsumsi chicory, apalagi untuk membantu mengobati penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.Apabila Anda punya pertanyaan seputar tanaman-tanaman sehat, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayurantanaman obat
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/the-health-benefits-of-chicory-root-4178997
Diakses pada 25 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/chicory-coffee#TOC_TITLE_HDR_3
Diakses pada 25 Februari 2021
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/health-benefits-of-chicory.html
Diakses pada 25 Februari 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait