Mengenal Cara Memutihkan Lutut yang Ampuh dengan Bahan Alami di Rumah

Kulit lutut yang hitam bisa diputihkan dengan beberapa bahan alami, lho!
Salah satu cara memutihkan lutut hitam adalah mengoleskan gel lidah buaya. Sudahkah Anda mencobanya?

Cara memutihkan lutut yang hitam ternyata tidak susah. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat lutut terlihat mulus dan bebas dari warna gelap. Bagi Anda yang merasa tidak pede dengan penampilan lutut hitam, coba saja beberapa cara memutihkan lutut di rumah dengan bahan alami ini.

Cara memutihkan lutut dengan bahan alami

Di dalam dunia medis, keberadaan area kulit yang lebih hitam dibandingkan bagian kulit lainnya, disebut dengan istilah hiperpigmentasi. Hal ini terjadi karena area kulit itu kelebihan melanin (pigmen yang memberikan warna pada kulit). Lutut hitam menjadi salah satu kasus umum yang dialami banyak orang. Mari kenali cara memutihkan lutut hitam di bawah ini.

1. Teh hijau

Siapa bilang teh hijau hanya bermanfaat ketika diminum? Buktinya, teh hijau juga bisa menjadi cara memutihkan lutut secara alami, lho.

Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate, yang terbukti bisa mencegah produksi melanin berlebih di area kulit.

Cara menggunakan teh hijau untuk memutihkan lutut juga mudah. Seduh saja teh hijau ke dalam gelas berisi air hangat, kemudian basahi kapas dengan air seduhan teh hijau. Setelah itu, oleskan ke area lutut hitam sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung aloesin, yang terbukti bisa mengurangi hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari. Itulah sebabnya, gel lidah buaya sering digunakan sebagai cara memutihkan lutut.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, oleskan gel lidah buaya di bagian lutut hitam dan pijatlah secara lembut. Ulangi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat klaim bahwa lidah buaya bisa memutihkan kulit.

3. Kunyit

Komponen utama kunyit, curcumin, dipercaya bisa memutihkan kulit. Sebuah studi membuktikkan, curcumin mampu menunjukkan kemampuannya dalam meminimalisir produksi melanin, sehingga risiko hiperpigmentasi berkurang.

Campurkan setengah sendok kunyit dengan satu sendok madu atau yogurt, kemudian oleskan di lutut hitam. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Ulangi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

4. Lemon

Lemon
Lemon, si asam yang bermanfaat untuk kesehatan kulit

Lemon dikenal dengan kemampuannya sebagai zat pemutih alami, yang dipercaya sebagai cara memutihkan lutut.

Belah lemon menjadi dua bagian, kemudian tempel di bagian lutut hitam dan gosokkan. Hal ini bisa dilakukan di malam hari, dan basuh hingga bersih keesokan harinya.

5. Minyak kelapa

Mungkin cara memutihkan lutut yang satu ini sulit dipercaya. Bagaimana bisa minyak kelapa yang digunakan untuk menggoreng, digunakan sebagai pemutih lutut?

Jangan salah sangka. Minyak kelapa ternyata dipercaya untuk mengurangi peradangan, menghentikan kerusakan akibat paparan radikal bebas, dan mencegah infeksi pada kulit.

Ketika membelinya, pilihlah minyak kelapa yang memiliki label “virgin” atau “extra-virgin”. Peneliti menemukan bahwa kedua jenis minyak kelapa inilah yang paling memberikan manfaat pada kulit.

6. Soda kue

Soda kue bersifat eksfoliasi dan bisa membuat kulit hitam di lutut mengelupas. Hasilnya, lutut yang terlihat lebih cerah dan halus!

Campurkan susu dan soda kue hingga membentuk pasta, kemudian letakkan campuran ini di atas lutut. Walau begitu, belum ada penelitian yang bisa memperkuat klaim soda kue dalam memutihkan lutut hitam ini.

Bahan-bahan yang harus dihindari

Lutut
Cara memutihkan lutut hitam tidak boleh sembarangan

Perlu diingat, menggunakan bahan alami untuk memutihkan bagian kulit yang hitam, harus dilakukan dengan penuh hati-hati. Belum banyak penelitian yang bisa membuktikan efektivitas bahan-bahan di atas untuk memutihkan lutut hitam.

Secara khusus, hindarilah penggunaan produk pemutih lutut hitam yang mengandung bahan-bahan ini:

  • Hidrogen peroksida
  • Merkuri
  • Hidrokuinon
  • Steroid

Beberapa bahan di atas, seperti hidrokuinon dan steroid hanya boleh digunakan jika diresepkan oleh dokter. Sebab, penggunaan dosis yang tidak tepat malah bisa memberikan efek merugikan pada kulit.

Kenali penyebab lutut hitam

Lutut ataupun siku hitam dianggap sebagai hal lazim di dunia kecantikan. Lutut hitam bisa terjadi pada segala jenis kulit. Meski begitu, orang-orang dengan kulit yang gelap lebih berisiko memilikinya.

Selain itu, ada beberapa penyebab yang berpotensi mengakibatkan lutut menjadi hitam, seperti berikut ini:

  • Sel kulit mati yang mengumpul
  • Paparan sinar matahari
  • Beberapa penyakit kulit, seperti eksim
  • Gesekan kulit dengan pakaian
  • Hiperpigmentasi akibat peradangan

Sebenarnya, lutut hitam bukanlah kondisi yang mengancam kesehatan. Namun jika lutut hitam sudah membuat rasa percaya diri menurun, ada baiknya Anda mencoba beberapa cara memutihkan lutut yang sudah dijelaskan di atas.

Mencegah lutut hitam, bagaimana caranya?

Mencegah kedatangan lutut hitam dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah dua metode pencegahan yang dianggap efektif:

  • Mengoleskan tabir surya

Mengoleskan tabir surya ke bagian lutut secara rutin, bisa menjadi cara mencegah lutut hitam yang efektif. Sebab, hiperpigmentasi (penyebab lutut hitam) biasanya diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Oleh karena itu, pemakaian krim tabir surya bisa mencegahnya.

  • Menggunakan melembapkan kulit

Gunakan krim pelembap pada kulit lutut Anda. Selain bisa mencegah kulit lutut hitam, mengoleskan krim pelembap bisa menjaga kulit agar tetap sehat.

Meski begitu, belum ada penelitian yang cukup untuk membuktikan efektivitas bahan-bahan alami ini dalam memutihkan lutut hitam. Jika Anda tidak yakin dengan bahan-bahan alami ini, ada baiknya jangan ambil risiko. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit yang bisa memberikan solusi tepat untuk kesehatan kulit Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/dark-knees
Diakses pada 19 Februari 2020

Natural Remedy Ideas. https://naturalremedyideas.com/home-remedies-dark-knees/
Diakses pada 19 Februari 2020

Artikel Terkait