Mengenal Butterfly Hug, Metode Memeluk Diri Sendiri untuk Bantu Atasi Kecemasan


Butterfly hug dapat membantu mengurangi kecemasan dengan cara memeluk diri sendiri. Selain itu, metode ini juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, memperbaiki suasana hati, dan membuat diri merasa aman dan nyaman.

(0)
Butterfly adalah metode memeluk diri sendiri untuk bantu kurangi kecemasanButterfly hug dapat membantu menenangkan dan mengatasi kecemasan (Sumber: Netflix)
Bagi beberapa orang, pelukan dapat membantu mengatasi kecemasan dan memberi perasaan yang menenangkan. Salah satu metode pelukan yang diklaim bisa menghadirkan ketenangan adalah butterfly hug. Menariknya, Anda dapat menerapkan metode ini tanpa perlu menunggu pelukan dari orang lain.

Apa itu butterfly hug?

Butterfly hug adalah metode yang digunakan untuk membantu seseorang yang tengah dalam keadaan stres atau cemas agar lebih rileks dan tenang. Metode ini dikembangkan oleh Lucina Artegas dan Ignacio Jarero.Awalnya, metode pelukan kupu-kupu diajarkan kepada korban badai Pauline di Meksiko pada tahun 1998 lalu. Metode ini diklaim efektif untuk membantu para korban pulih dari trauma yang mereka alami. Dari situlah, butterfly hug kemudian dipakai sebagai salah satu perawatan untuk mengobati kecemasan, terutama bagi penderita trauma.

Cara melakukan butterfly hug dengan benar

Cara menerapkan butterfly hug sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang. Anda tinggal melakukan gerakan memeluk diri sendiri, yang disertai dengan teknik pernapasan untuk mendapatkan ketenangan.Berikut ini langkah-langkah melakukan butterfly hug dengan benar:
  1. Duduk dengan tenang, lalu bernapaslah menggunakan teknik pernapasan diafragma.
  2. Fokuskan pikiran pada diri Anda sendiri, perhatikan emosi yang muncul sambil terus bernapas.
  3. Silangkan kedua tangan Anda di atas dada, tepat di bawah tulang selangka atau bahu.
  4. Mulailah menepuk diri Anda sendiri secara perlahan dan bergantian dari kanan ke kiri atau kiri ke kanan. Ketika menepuk diri sendiri, tarik napas dalam lalu keluarkan secara perlahan untuk membantu membuat perasaan menjadi lebih lega.
  5. Lakukan tepukan itu selama 30 detik atau beberapa menit, hingga Anda mulai merasa tenang.

Manfaat memeluk diri sendiri untuk kesehatan 

Seperti halnya pelukan pada umumnya, butterfly hug mempunyai berbagai macam manfaat untuk kesehatan, baik secara fisik maupun psikologis. Berikut sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari memeluk diri sendiri:

1. Mengurangi rasa sakit

Menurut sebuah penelitian di tahun 2011, memeluk diri sendiri dapat membantu mengurangi rasa sakit. Dalam penelitian tersebut, peneliti menggunakan laser untuk menghasilkan nyeri layaknya tusukan jarum pada 20 peserta. Ketika para peserta menyilangkan tangan seperti sedang memeluk diri sendiri, rasa sakit yang mereka alami berkurang.Sementara itu, penelitian lain pada tahun 2015 menyebut bahwa sentuhan yang menenangkan, seperti halnya pelukan, melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini membantu untuk meredakan rasa sakit karena berperan sebagai pereda nyeri.

2. Memperbaiki suasana hati

Saat menjalani hari yang penuh masalah dan melelahkan, suasana hati tentunya akan menjadi kacau. Memeluk diri sendiri dapat membantu memperbaiki mood saat Anda tidak bisa bertemu dengan orang tersayang untuk melepaskan ketegangan yang mengganggu di pikiran.Metode memeluk diri sendiri seperti butterfly hug membantu menurunkan kadar hormon kortisol pemicu stres dalam tubuh. Meski tidak dapat membantu menyelesaikan masalah atau memberi kenyamanan saat mendapat pelukan dari orang tersayang, cara ini bisa mengurangi stres.

3. Membuat diri merasa aman dan nyaman

Seperti kita tahu, pelukan dari orang lain dapat membuat diri menjadi lebih nyaman serta tidak merasa sendirian. Perasaan serupa juga bisa Anda peroleh dengan memeluk diri sendiri. Cara ini dapat membantu memberi rasa aman dan nyaman hingga Anda memperoleh pelukan yang sesungguhnya dari orang lain.

4. Meningkatkan perasaan lebih mencintai diri sendiri

Butterfly hug membantu meningkatkan perasaan sayang terhadap diri Anda sendiri. Metode ini dapat membantu Anda untuk menerima diri apa adanya setelah mengalami kesulitan maupun melakukan kesalahan. Manfaat yang dirasakan masing-masing orang mungkin akan berbeda satu sama lain. Jika masalah yang Anda hadapi memicu kecemasan berlebih dan sampai mengganggu aktivitas, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau psikiater.

Catatan dari SehatQ

Butterfly hug adalah metode memeluk diri sendiri yang bisa membantu mengurangi kecemasan dan memberi perasaan menenangkan. Metode yang awalnya diperuntukkan bagi korban badai Pauline di Meksiko pada tahun 1998 ini memiliki beragam manfaat, mulai dari mengurangi rasa sakit, memperbaiki suasana hati, hingga membuat diri merasa aman dan nyaman.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait butterfly hug dan beragam manfaatnya untuk kesehatan, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
post traumatic stress disorder (PTSD)gangguan kecemasantrauma
Wild Tree Wellness. https://wildtreewellness.com/butterfly-hug/
Diakses pada 27 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/hugging-self
Diakses pada 27 Maret 2021
Skyterra Wellness. https://skyterrawellness.com/wellness/the-butterfly-hug-how-to-feel-better-right-now/
Diakses pada 27 Maret 2021
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/50867454_The_analgesic_effect_of_crossing_the_arms
Diakses pada 27 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait