Mengenal Buah Quince dan Manfaatnya untuk Kesehatan

(0)
12 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Buah quince disebut buah kuno karena sudah dipanen sejak zaman Yunani dan Romawi kuno.Buah quince berwarna kuning dan memiliki tekstur seperti apel serta pir.
Pernahkah Anda mendengar atau mencoba buah bernama Quince? Quince adalah buah ‘kuno’ yang berasal dari Asia dan beberapa wilayah Mediterania. Buah yang sudah dipanen sejak zaman Yunani dan Romawi kuno ini berkerabat dekat dengan apel dan pir.Meski namanya belum familiar di telinga masyarakat Indonesia, manfaatnya perlu Anda pertimbangkan. Sebab, buah ini memiliki kandungan nutrisi yang melimpah.

Manfaat buah quince untuk kesehatan

Buah quince memiliki rasa yang hampir mirip dengan apel dan pir, begitu pula tekstur bagian dalam dan bentuknya. Di balik rasanya yang lezat, buah quince menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

1. Kandungan nutrisi yang melimpah

Di dalam 92 gram buah quince, terdapat kandungan nutrisi ini:
  • Kalori: 52
  • Lemak: 0 gram
  • Protein: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 14 gram
  • Serat: 1,75 gram
  • Vitamin C: 15 persen angka kecukupan gizi (AKG) harian
  • Vitamin B1: 1,5 persen AKG harian
  • Vitamin B6: 2 persen AKG harian
  • Tembaga: 13 persen AKG harian
  • Zat besi: 3,6 persen AKG harian
  • Kalium: 4 persen AKG harian
  • Magnesium: 2 persen AKG harian.

2. Mengandung antioksidan

Buah quince memiliki kandungan antioksidan yang melimpah
Kandungan antioksidan buah quince cukup melimpah
Sebagian besar manfaat buah quince datang dari kandungan antioksidannya. Antioksidan adalah senyawa yang dapat meredakan stres metabolik, peradangan, dan menjaga sel tubuh dari radikal bebas.Beberapa penelitian membuktikan bahwa antioksidan yang dikandung buah quince, seperti flavonol dan kaempferol, dapat meredakan peradangan dan mampu mencegah penyakit kronis.

3. Mengatasi gejala mual saat hamil

Mual adalah salah satu gejala awal kehamilan yang sering terjadi. Para ahli percaya, mengonsumsi buah quince dapat mengatasi gejala mual ini.Dalam sebuah studi, 76 partisipan wanita yang sedang hamil mengalami penurunan frekuensi gejala mual setelah mengonsumsi satu sendok makan sirup buah quince murni.Studi itu bahkan juga membuktikan bahwa buah quince dianggap lebih efektif dibandingkan vitamin B6 dalam meredakan gejala mual kehamilan.Meskipun hasil studinya menjanjikan, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat buah quince yang satu ini.

4. Meredakan masalah pencernaan

Di dalam dunia pengobatan tradisional, buah quince dianggap ampuh dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan.Disebutkan dalam sebuah riset, ekstrak buah quince dapat menjaga jaringan usus dari kerusakan akibat penyakit inflammatory bowel disease (IBD).Ditambah lagi, studi pada hewan uji membuktikan, tikus yang mengalami kolitis ulseratif berhasil mengurangi tingkat keparahan luka pada jaringan usus besarnya setelah mengonsumsi ekstrak buah quince.Meski demikian, masih dibutuhkan studi pada manusia untuk mendukung hasil penelitian ini.

5. Meredakan tukak lambung

Buah quince dipercaya dapat meredakan tukak lambung
Buah quince dipercaya dapat redakan tukak lambung
Berbagai senyawa tumbuhan yang dikandung buah quince dipercaya dapat mencegah dan mengatasi tukak lambung. Sebab, air perasan buah quince dianggap bisa menghambat pertumbuhan bakteri H. pylori.Sementara itu, studi hewan uji juga membuktikan bahwa ekstrak buah quince juga dapat mencegah tukak lambung akibat penyalahgunaan alkohol.

6. Membantu turunkan berat badan

Buah quince mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori. Di dalam 100 gram buah quince, hanya ada 57 kalori. Selain itu, buah quince juga rendah lemak. Faktor-faktor inilah yang membuat buah quince dapat membantu menurunkan berat badan.

7. Meredakan gejala asam lambung

Beberapa studi menunjukkan bahwa sirup buah quince murni dapat meredakan gejala-gejala refluks asam lambung (GERD).Di dalam studi itu, anak-anak yang menderita reluks asam lambung diminta untuk meminum suplemen sirup buah quince murni selama 7 minggu. Hasilnya, buah quince memiliki efektivitas yang sama dengan obat-obatan yang sering digunakan untuk meredakan GERD.Lagi-lagi, meski menjanjikan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memperkuat klaim manfaaat buah quince ini.

8. Mengandung antivirus

Buah quince terbukti mengandung berbagai macam senyawa antivirus. Misalnya, fenolat yang dikandung buah quince Tiongkok bersifat anti-influenza dan antioksidan. Inilah alasan mengapa buah quince dipercaya bisa mencegah flu, pilek, dan berbagai patogen virus lainnya.

9. Meningkatkan sistem imun

Beberapa tes tabung telah membuktikan bahwa buah quince memiliki senyawa antibakteri yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri E. coli dan S. Aureus. Ditambah lagi, buah quince juga mengandung banyak vitamin C yang bisa membantu meningkatkan sistem imun.Bagi Anda yang mungkin sedang bosan mengonsumsi buah yang itu-itu saja, tidak ada salahnya untuk mencoba buah quince yang bernutrisi tinggi ini.Jika ingin mengenal lebih jauh tentang pola makan yang sehat, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/what-is-quince-fruit
Diakses pada 28 Desember 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-health-benefits-of-quince-fruit/
Diakses pada 28 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait