Berbeda dengan Gay, Ini Dia Makna dari Bromance


Bromance berbeda dengan gay. Bromance adalah persahabatan antara dua orang lali-laki tanpa melibatkan ketertarikan seksual. Persahabatan ini ditandai dengan saling mengungkapkan kehidupan personal masing-masing, layaknya persahabatan wanita.

0,0
bromance adalah persahabatan priaBromance merupakan persahabatan antara pria yang memiliki kedekatan emosional layaknya saudara
Istilah bromance mungkin sudah semakin familier dengan maraknya film atau drama yang mempertontonkan persahabatan antara laki-laki. Namun, tidak sedikit masyarakat yang masih menganggap bromance sama dengan gay. Padahal, keduanya berbeda. Simak penjelasan lengkap tentang pengertian dan manfaat bromance, serta cara menjaga persahabatan antarpria berikut ini. 

Apa itu bromance?

Sederhananya, bromance adalah persahabatan antarpria
Sederhananya, bromance adalah persahabatan antarpria
Bromance adalah hubungan persahabatan non-seksual yang dekat secara emosional maupun fisik antara lelaki heteroseksual. Umumnya, pertemanan atau persahabatan pria jarang yang mendiskusikan masalah pribadi. Nah, persahabatan bromance ini berkaitan dengan pengungkapan jati diri, seperti diskusi masalah pribadi, kesehatan, atau kehidupan personal secara umum, termasuk masalah terkait pasangan masing-masing. Bromance berbeda dengan gay. Pria gay atau homoseksual cenderung memiliki ketertarikan fisik, emosional, dan seksual terhadap sesama jenisnya. 

Manfaat memiliki bromance bagi kesehatan pria 

Seperti persahabatan pada wanita, bromance atau persahabatan pada pria juga berdampak positif bagi kesehatan fisik dan mental. Penelitian yang dikutip dalam Psychology Today menyebutkan, persahabatan laki-laki dapat meningkatkan hormon oksitosin yang mampu mengurangi stres, serta membuat pria hidup lebih lama dan lebih sehat.Beberapa manfaat bromance bagi kesehatan antara lain:
  • Mengurangi rasa sakit. Hormon oksitosin yang meningkat selama persahabatansering kali dikaitkan dengan penurunan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan penyakit.
  • Menurunkan kadar hormon kortisol. Menjalin persahabatan bromance juga mampu menurunkan kadar hormon kortisol. Hormon kortisol sendiri merupakan penyebab stres dan bisa meningkatkan lemak tubuh. Hal ini tentu membuat pria lebih sehat secara fisik dan mental.
  • Membuat pria lebih dermawan. Masih berkaitan dengan hormon oksitosin. Selain menghindari stres, oksitosin juga mampu membuat suasana hati lebih baik sehingga lebih murah hati dan dermawan. 
  • Meningkatkan hubungan sosial. Memiliki bromance membuat Anda menghabiskan waktu sejenak bersama teman-teman. Hal ini dapat meningkatkan hubungan sosial. 
  • Membuat pria lebih siap menjalani peran sebagai ayah. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa dorongan oksitosin mampu membuat pria lebih bertanggung jawab sebagai ayah dan lebih dekat dengan bayi mereka. 
  • Membuat pria lebih setia kepada pasangannya. Masih berkaitan dengan hormon oksitosin. Hormon ini mampu membantu pria lebih setia pada satu pasangan (monogami) dan menghindari minat romantis terhadap wanita lain. 

Bagaimana sebaiknya pria menjaga persahabatan?

Menjaga persahabatan pria dengan meluangkan waktu bersama
Menjaga persahabatan pria dengan meluangkan waktu bersama
Pria tergolong sulit menjaga persahabatan yang mereka miliki seiring waktu. Keintiman ini biasanya terjadi erat ketika mereka masih kecil. Seiring bertambahnya usia, keintiman persahabatan antara laki-laki kian memudar. Banyak faktor yang melatarbelakanginya, termasuk pandangan kurangnya maskulinitas. Hal ini membuat pria enggan membuka diri secara emosional dengan teman sesama jenisnya ketika dewasa. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga persahabatan dengan teman sesama laki-laki. 
  • Temukan hobi dan kegiatan yang sama
  • Jadikan persahabatan sebagai suatu kebiasaan atau rutinitas, seperti mengirim pesan secara berkala
  • Membuka diri untuk sebuah persahabatan, seperti menceritakan tentang kepribadian, kehidupan, atau rutinitas 
  • Perluas koneksi dan jaringan pertemanan, menikah bisa menjadi sarana Anda memperluas koneksi. Dalam hal ini, Anda akan menemukan jaringan pertemanan baru melalui status Anda yang baru, seperti perkumpulan antara suami dari sahabat-sahabat istri Anda

Catatan dari SehatQ

Bromance adalah persahabatan non-seksual antara lelaki heteroseksual yang memiliki kedekatan emosional selayaknya saudara. Bromance justru memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan mental pria, termasuk kesehatan dalam hubungan pernikahan. Jika masih ada pertanyaan seputar persahabatan bromance, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
kesehatan mentallgbtpersahabatankesehatan pria
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/shakespeares-love-lessons/201902/when-is-friendship-bromance-two-tests
Diakses pada 20 September 2021
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/what-mentally-strong-people-dont-do/201604/the-surprising-benefits-the-bromance
Diakses pada 20 September 2021
Biological Psychiatry. https://www.elsevier.com/about/press-releases/research-and-journals/oxytocin-produces-more-engaged-fathers-and-more-responsive-infants
Diakses pada 20 September 2021
The Journal of Neuroscience. https://www.jneurosci.org/content/32/46/16074
Diakses pada 20 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/men-bad-friendship-harms-health#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 20 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait