Kenali beragam jenis pengobatan jerawat dengan resep dokter dijual bebas di pasaran
Jerawat yang muncul mungkin masih bisa disamarkan dengan penerapan makeup yang tepat

Jerawat yang muncul mungkin masih bisa disamarkan dengan penerapan makeup yang tepat. Tetapi hal ini tidak mengatasi masalah kulit Anda.

Untuk mengatasi jerawat, umumnya ada dua jenis pengobatan jerawat yang biasa digunakan, yaitu pengobatan jerawat tanpa resep dokter dan dengan resep dokter.

Jenis Pengobatan Jerawat

Untuk merawat kebersihan dan menjaga agar jerawat tidak semakin parah, sebaiknya cuci wajah dengan sabun dan air secara lembut maksimal 2 kali sehari. Selain itu, Anda bisa menggunakan produk pembersih wajah yang dianjurkan dengan kandungan benzoyl peroxide, asam glycolic, asam salisilat, atau sulfur untuk kulit berjerawat.

Bila jerawat Anda semakin parah dan tidak dapat diatasi hanya dengan mencuci muka saja, berikut adalah pengobatan jerawat yang bisa Anda pertimbangkan.

Pengobatan tanpa Resep Dokter

1. Benzoyl Peroxide

Untuk jerawat ringan, Anda bisa menggunakan obat-obatan tanpa resep yang mengandung benzoyl peroxide. Zat ini dipercaya dapat menyembuhkan jerawat setidaknya dalam 4 minggu. Produk/obat yang digunakan juga harus dipakai terus-menerus untuk mencegah timbulnya jerawat lainnya.

Produk yang mengandung benzoyl peroxide tersedia dalam berbagai bentuk yang meliputi krim, losion, gel dan sabun pembersih wajah.

2. Asam Salisilat

Asam salisilat dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang abnormal. Untuk jenis jerawat ringan, asam salisilat akan mencegah jerawat dan membantu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat. Asam salisilat tersedia dalam bentuk produk termasuk losion, krim, dan sabun pembersih.

3. Sulfur

Produk anti jerawat lain adalah sulfur yang dikombinasikan dengan asam salisilat dan alkohol. Sulfur dalam bentuk sabun wajah atau perawatan kulit dapat dibeli secara bebas di apotek atau toko obat.

4. Gel Retinol Topikal

Retinol berfungsi sebagai penghambat terbentuknya jerawat. Produk yang mengandung zat ini harus dipakai terus-menerus selama 8-12 minggu. Retinol pada awalnya akan memperparah jerawat sebelum akhirnya membaik dan sembuh

Pengobatan dengan Resep Dokter

1. Antibiotik

Antibiotik tersedia dalam bentuk krim, gel, atau lotion yang langsung dioleskan pada permukaan kulit. Namun ada juga antibiotik yang diminum (oral).

Sementara itu, jenis antibiotik yang diminum di antaranya doxycycline, minocycline, dan tetracycline. Semuanya cukup efektif mengobati banyak kasus jerawat.

2. Klindamisin dan Eritromisin Topikal

Masih termasuk antibiotik sebagai obat anti inflamasi dan efektif membunuh bakteri. Penggunaan obat harus disertai benzoyl peroxide atau retinoid topikal yang dioleskan pada kulit.

3. Retinoid

Obat ini tersedia dalam bentuk obat topikal yang dioleskan ataupun diminum (oral). Retinoid akan membantu membersihkan jerawat sehingga bisa mempercepat penyembuhan jerawat.

Retinoid dapat dikombinasikan dengan produk jerawat lainnya, seperti benzoyl peroxide dan antibiotik oral. Efek pemakaian retinoid topikal terkadang bisa menyebabkan kemerahan, kulit kering, dan gatal.

4. Asam Azelaic

Bentuk pengobatan jerawat topikal selanjutnya adalah asam azelaic. Obat ini biasanya dikemas dalam bentuk gel atau krim yang bersifat anti bakteri dan anti inflamasi. Dapat membantu meredakan kondisi jerawat ringan hingga rosacea (kulit ruam kemerahan).

5. Spironolactone

Jenis pengobatan jerawat dalam bentuk obat oral ini dapat menghalangi reaksi hormon tubuh pada kelenjar sebum atau minyak kulit. Obat ini dapat membantu bagi wanita yang muncul jerawat saat menstruasi atau datang bulan.

Obat umum lainnya yang dapat Anda coba adalah triamsinolon, yaitu sejenis kortikosteroid yang disuntikkan langsung ke jerawat agar segera mengempis dan mengering.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit agar mendapatkan pengobatan jerawat yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit Anda.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/understanding-acne-treatment#1

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed