Mengenal Berbagai Arti Mimpi Gigi Copot Menurut Psikologi

Menurut psikologi, ada banyak arti dari mimpi gigi copot.
Mimpi gigi copot bisa jadi pertanda akan banyak hal.

Mimpi gigi copot ternyata memiliki artinya tersendiri, jika dilihat kacamata psikologi. Jangan salah, mimpi gigi copot seringkali dianggap sebagai tanda bahwa Anda sedang mengalami stres psikologis, lho. Mari kenali berbagai arti mimpi gigi copot di bawah ini.

Mimpi gigi copot, apa artinya?

Sebenarnya, mengartikan sebuah mimpi adalah hal yang subjektif. Namun menurut ilmu psikologi, mimpi gigi copot memiliki artinya tersendiri. Apa saja kah arti mimpi gigi copot itu?

1. Kehilangan seseorang atau sesuatu yang dicintai

Mimpi gigi copot bisa diinterpretasikan sebagai perasaan seseorang ketika sedang dilanda kesedihan, akibat kehilangan seseorang atau sesuatu yang dicintai, seperti:

  • Kematian seseorang yang dicintai
  • Perceraian
  • Kehilangan pekerjaan
  • Kehilangan rumah

Ada berbagai kepercayaan yang menyebut bahwa mimpi gigi copot juga sering dikaitkan dengan kematian anggota keluarga.

2. Stres

Stres adalah hal lazim dalam kehidupan. Semua orang bisa merasakannya pada titik tertentu. Ternyata, mimpi gigi copot bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami stres yang tak lazim.

3. Gangguan cemas

Sakit gigi
Mimpi gigi copot bisa jadi sedang cemas

Ketahuilah, merasa cemas yang berlebihan ternyata bisa membuat Anda menggertakkan gigi di malam hari, yang menjadi salah satu alasan hadirnya mimpi gigi copot.

Perlu diingat, stres dan gangguan cemas adalah dua kondisi yang berbeda. Gangguan cemas bisa membuat Anda merasa khawatir dan insecure untuk waktu yang lama.

4. Perubahan besar dalam hidup

Perubahan besar yang terjadi dalam hidup juga bisa menjadi interpretasi dari mimpi gigi copot. Sebab, rasa cemas dan khawatir yang timbul saat perubahan besar itu terjadi, bisa mengundang mimpi gigi copot di malam hari.

5. Kecemburuan

Memiliki rasa cemburu terhadap pasangan, teman, atau kolega ternyata bisa mengundang efek negatif ke dalam hidup Anda. Perasaan cemburu ini kemudian dapat membuat Anda “kepikiran” dan berdampak buruk pada kesehatan mental. Itulah sebabnya, mimpi gigi copot seringkali diartikan sebagai rasa cemburu terhadap seseorang.

6.Trauma pada gigi

Mimpi gigi copot selanjutnya adalah adanya trauma pada gigi. Jika Anda baru mengalami gigi copot, maka bisa saja hal itu masuk lagi ke dalam mimpi.Pertanda tumbuhnya gigi

Bagi anak-anak yang masih dalam fase pertumbuhan, mimpi gigi copot bisa menjadi pertanda bahwa akan ada gigi baru yang tumbuh.

Sebagai orangtua, Anda disarankan untuk “menemani” anak-anak dalam fase ini, supaya tidak merasa cemas dengan mimpi-mimpi itu.

7. Pertanda buruknya kesehatan

Sakit gigi
Mimpi gigi copot bisa jadi tanda buruknya kesehatan

Mimpi buruk seperti mimpi gigi copot, bisa diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, Anda jarang olahraga atau ogah mengonsumsi makanan sehat. Hal ini bisa menyebabkan kualitas tidur tidak baik.

Di saat kualitas tidur tidak baik, mimpi buruk bisa datang, salah satunya mimpi gigi copot.

8. Mengucapkan sesuatu yang memalukan

Seorang hipnoterapis percaya, mimpi gigi copot bisa terjadi karena Anda telah mengucapkan sesuatu hal yang salah atau memalukan.

Mimpi gigi copot juga bisa diartikan sebagai rasa takut atau grogi saat berbicara di depan umum. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mempersiapkan bahan-bahan atau topik bicara yang matang, supaya tidak salah berbicara ketika presentasi. Dengan persiapan yang matang, tentu Anda jadi lebih tenang.

9. Adanya masalah keuangan

Seorang ahli astrologi mengartikan mimpi gigi copot sebagai rasa takut akan masalah keuangan. Terutama jika Anda memang sedang mengalami krisis finansial.

Kecemasan itulah yang menjadi “gerbang” masuk gigi copot ke dalam mimpi Anda.

10. Kesulitan dalam berkomunikasi

Gigi juga diartikan sebagai simbol komunikasi. Di saat Anda kesulitan dalam berkomunikasi ataupun menyampaikan sesuatu yang ada dalam pikiran Anda, bisa saja mimpi gigi copot muncul.

Di saat Anda sudah belajar untuk bisa berkomunikasi dengan baik, dan mampu mengeluarkan “unek-unek”, maka tidur bisa lebih nyenyak, sehingga mimpi gigi copot tak datang lagi.

Catatan dari SehatQ:

Itulah tadi beberapa arti dari mimpi gigi copot, menurut pakar dan ilmu psikologi. Jikalau memang mimpi gigi copot membuat Anda cemas, ada baiknya berkonsultasi dengan seorang psikolog. Sebab, psikolog akan membantu Anda untuk lepas dari “bayang-bayang” mimpi gigi copot yang mungkin membantu jam istirahat Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/dream-about-teeth-falling-out#personal-loss
Diakses pada 28 Maret 2020

Bustle. https://www.bustle.com/p/11-things-it-can-mean-if-your-teeth-fall-out-in-your-dreams-51957
Diakses pada 28 Maret 2020

Artikel Terkait