Bahaya SUTET bagi Masyarakat yang Tinggal di Dekatnya

0,0
12 Jul 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Bahaya SUTET adalah bisa meningkatkan risiko kanker dan leukemia bahkan pada anak-anakSUTET memiliki radiasi yang sangat besar dan membahayakan kesehatan
Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) merupakan salah satu cara pemerintah untuk meratakan akses ketersediaan listrik hingga pelosok. Sayangnya, SUTET juga membawa keburukan dan penyakit untuk manusia karena radiasinya. Bahaya SUTET bisa membuat orang-orang yang tinggal di dekatnya berisiko terkena kanker.Jika memang telanjur tinggal di wilayah SUTET, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan. Yuk, simak beberapa hal yang perlu diketahui tentang SUTET terkait masalah kesehatan di bawah ini.

Bahaya tinggal dekat SUTET  

Semakin banyak perumahan yang dibangun di dekat SUTET. Biarpun keberadaannya penting, SUTET memiliki radiasi yang sangat besar dan membahayakan kesehatan. Berikut bahaya yang mungkin bisa muncul saat tinggal di dekat SUTET:

1. Kanker

Sebuah laporan menyebutkan bahwa paparan dari SUTET atau penyalur listrik lainnya mungkin membuat seseorang berisiko kanker. Memang, hasil yang dilaporkan menyebutkan tidak semua partisipan yang mengikuti penelitian tersebut mengidap kanker.Ada juga beberapa kelompok yang sama sekali tidak terkena bahaya tersebut. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor lain yang memengaruhi dari hasil penelitian.

2. Leukemia

Kemungkinan lain yang bisa muncul dari bahaya SUTET adalah kanker darah atau leukimia pada anak-anak. Penelitian yang berfokus pada paparan listrik frekuensi rendah menunjukkan adanya kemungkinan tersebut. Namun, hal ini juga bisa terjadi akibat penggunaan alat elektronik yang ada di rumah.

3. Hipersensitivitas

Radiasi dari SUTET mungkin akan berpengaruh pada tubuh Anda, malah mungkin akan membuat Anda mengalami gejala-gejala tertentu. Berikut beberapa gejala yang bisa muncul:
  • Pusing
  • Masalah kulit
  • Masalah tulang dan persendian
  • Gangguan tidur
  • Perubahan mood
  • Sulit berkonsentrasi
  • Menurunnya daya ingat
Reaksi lain yang bisa muncul antara lain mual, telinga berdenging, hingga dada berdebar. Untuk Anda yang memang tinggal di wilayah SUTET, ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter saat muncul tanda-tanda di atas

4. Bahaya keselamatan lainnya

Selain urusan kesehatan, bahaya tinggal di dekat SUTET adalah keselamatan. Tegangan listrik yang tinggi pun membuat Anda perlu lebih hati-hati mengawasi anak-anak sewaktu bermain di tekat tiang SUTET. Bukan hanya itu, kerusakan pada SUTET juga bisa dengan cepat merambah ke permukiman yang ada di sekitarnya.

Menangkal bahaya SUTET

Cara paling ampuh untuk mencegah bahaya SUTET adalah memilih tempat tinggal yang jauh dari kawasan tersebut. Jika sudah telanjur, tetap ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko paparannya. Sebaiknya Anda tidak keluar rumah pada pukul 17.00-22.00 karena waktu tersebut adalah titik puncak SUTET menyalurkan aliran listrik.Selain itu, Anda bisa mengurangi waktu penggunaan gadget untuk menurunkan tambahan paparan elektromagnetik pada tubuh. Pastikan juga aliran udara di dalam rumah cukup baik untuk menjaga kesehatan Anda.Jika dibutuhkan, lakukan terapi bersama dengan para spesialis. Berkonsultasilah dengan dokter jika timbul gejala pada tubuh dan kebiasaan sehari-hari (seperti gangguan pola makan dan tidur).

Catatan dari SehatQ

SUTET memiliki bahaya yang mungkin bisa meningkatkan risiko kanker pada tubuh. Memilih rumah yang jauh dari SUTET adalah pilihan bijaksana yang bisa Anda lakukan. Jika memang muncul adanya gangguan akibat radiasi listrik yang berlebihan, segeralah hubungi dokter.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar bahaya SUTET lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kankerpola hidup sehatleukemia
Niehs https://www.niehs.nih.gov/health/topics/agents/emf/
Diakses pada 25 Juni 2021
Medline Plus https://medlineplus.gov/electromagneticfields.html
Diakses pada 25 Juni 2021
Cancer https://www.cancer.org/cancer/cancer-causes/radiation-exposure/extremely-low-frequency-radiation.html
Diakses pada 25 Juni 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/allergic-to-electricity
Diakses pada 25 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait