Mengenal Bach Flower Remedies, Terapi Bunga untuk Mengatasi Kecemasan


Bach flower remedies adalah salah satu cara mengatasi emosi negatif. Terapi bunga ini umumnya digunakan untuk membantu mengatasi kecemasan dalam diri seseorang.

(0)
Bach flower remedies adalah cara mengatasi rasa sakit secara psikologis yang bertujuan untuk mengatasi emosi negatifBach flower remedies adalah terapi menggunakan bunga untuk membantu mengatasi masalah fisik maupun psikologis
Berbagai macam pilihan pengobatan dapat dilakukan untuk membantu mengatasi rasa sakit secara emosional. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah bach flower remediesBach flower remedies dilakukan dengan cara mengatasi emosi negatif. Ketika emosi negatif berhasil teratasi, kondisi tersebut bisa membantu tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri secara fisik.

Apa itu bach flower remedies?

Bach flower remedies adalah cara mengatasi rasa sakit secara psikologis yang diciptakan oleh seorang dokter sekaligus ahli homeopati, Edward Bach. Diciptakan pada awal tahun 1900-an, terapi ini menggunakan tumbuhan, khususnya bunga, untuk membantu mengatasi masalah fisik maupun psikologis.Dalam terapi ini, Bach percaya bahwa mengatasi emosi negatif yang ada dalam diri Anda dapat membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Secara keseluruhan, terdapat 38 solusi dalam bach flower remedies, di mana pemilihannya harus disesuaikan dengan emosi negatif yang ada pada diri Anda. Ada tujuh kategori emosi yang dapat diatasi dengan cara terapi bach flower remedies. Ketujuh kategori emosi tersebut, di antaranya:
  • Ketakutan
  • Kesendirian
  • Keputusasaan
  • Ketidakpastian
  • Terlalu sensitif atau terlalu peka
  • Kurangnya minat dalam kehidupan sehari-hari
  • Terlalu peduli tentang kebahagiaan orang lain hingga sering mengorbankan diri sendiri
Bach flower remedies dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Umumnya, bunga akan direndam ke dalam air, lalu dijemur di bawah sinar matahari. Untuk bunga dengan dedaunan lebat, biasanya akan direbus untuk mendapatkan ekstraknya.Tingtur (ekstrak bunga) tersebut kemudian dicampur ke dalam brendi (minuman anggur hasil distilasi). Ketika hendak dikonsumsi, Anda bisa menambahkan air ke dalam ekstrak tersebut . Cara ini dilakukan untuk membuat dosisnya agar tidak terlalu tinggi dan bisa diserap dengan mudah oleh lidah.

Manfaat bach flower remedies untuk kesehatan

Terapi menggunakan ekstrak bunga dapat membantu untuk mengatasi kecemasan yang Anda rasakan. Menurut sebuah studi di tahun 2020, terapi bunga membantu mengurangi kecemasan anak kecil saat periksa ke dokter gigi. Efek serupa juga ditemukan pada orang dewasa dengan tingkat kecemasan sedang.Tak hanya itu, penelitian lain menyebut bahwa bach flower remedies juga mengurangi tingkat kecemasan pada wanita menopause. Ada juga studi yang menyebutkan bahwa ekstrak bunga memberikan energi yang mampu membantu menyeimbangkan emosi. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan studi tersebut.Selain mengatasi kecemasan, ekstrak bunga dapat membantu meredakan rasa sakit yang berhubungan dengan sindrom lorong karpal (carpal tunnel syndrome atau CTS). Dalam penelitian yang dilakukan di tahun 2017, para peserta diminta mengoleskan krim ekstrak bunga ke tangan tempat munculnya gejala. Hasilnya, rasa sakit yang mereka rasakan diketahui berkurang.

Efek samping yang berpotensi muncul ketika melakukan bach flower remedies

Ekstrak bunga umumnya aman untuk digunakan. Namun, bagi penderita alergi bunga, terapi ini dapat menimbulkan sejumlah efek samping. Beberapa efek samping yang kemungkinan muncul ketika melakukan bach flower remedies antara lain, sakit kepala, kelelahan, hingga kemunculan ruam pada kulit.Meski begitu, efek samping tersebut umumnya tidak akan berlangsung lama dan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam. Di sisi lain, ekstrak bunga umumnya mengandung alkohol. Bagi Anda yang tengah hamil atau menyusui, sebaiknya tidak melakukan bach flower remedies.

Bagaimana cara memilih bach flower remedies yang tepat?

Cara memilih bach flower remedies yang tepat harus disesuaikan dengan kondisi dan gejala dari pasien. Biasanya, ahli kesehatan mental akan memberikan sejumlah pertanyaan kepada Anda terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab pastinya.Sebagai contoh, Anda mengalami emosi negatif yang terkait dengan ketidakpastian. Kategori  ketidakpastian masih dibagi dalam beberapa bagian, mulai tidak percaya diri dalam mengambil keputusan, kesulitan untuk membuat keputusan, merasa terbebani oleh masalah orang lain, dan keputusasaan.Usai mengetahui penyebab masalah, ahli kesehatan mental akan memberi Anda rekomendasi terapi ekstrak bunga yang tepat. Seberapa lama terapi ini harus dilakukan bergantung pada tingkat keparahan masalah psikologis yang Anda alami.

Catatan dari SehatQ

Bach flower remedies adalah cara mengatasi rasa sakit secara psikologis yang bertujuan untuk mengatasi emosi negatif. Ketika emosi negatif dalam diri Anda berhasil teratasi, tubuh otomatis akan menyembuhkan dirinya sendiri.Terapi ekstrak bunga dapat membantu mengatasi banyak masalah psikologis, salah satunya kecemasan. Meski begitu, Anda yang alergi terhadap bunga disarankan berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk menghindari efek samping bach flower remedies.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait bach flower remedies dan manfaatnya untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gangguan kecemasanherbalberpikir positif
Healthline. https://www.healthline.com/health/flower-essences
Diakses pada 9 Desember 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/alternative-health/bach-flower-treatment.aspx
Diakses pada 9 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/bach-flower-remedies
Diakses pada 9 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait