Mengenal Atelophobia, Perasaan Takut Berlebihan akan Ketidaksempurnaan

(0)
27 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Penderita atelophobia akan menghindari banyak hal agar mereka tidak melakukan kesalahan.Atelophobia adalah rasa takut berlebihan akan ketidaksempurnaan.
Terkadang, ada kalanya kita merasa tidak puas dengan pekerjaan yang telah kita selesaikan. Bagi sebagian orang, perasaan ini bisa hilang dengan sendirinya dan tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Namun, jika rasa tidak puas ini sampai membuat Anda cemas berlebihan dan menghambat aktivitas sehari-hari, bisa jadi Anda mengidap atelophobia.

Apa itu atelophobia?

Atelophobia adalah rasa takut dan cemas berlebihan akan ketidaksempurnaan. Atelophobia juga sering dicap sebagai sifat perfeksionisme yang sudah parah.Dilansir dari Healthline, Gail Saltz, seorang ahli psikiatri dari New York Presbyterian Hospital Weill-Cornell Medical College, menjelaskan bahwa penderita atelophobia juga dapat merasa sangat takut membuat kesalahan.Hal ini akan membuat mereka menghindari berbagai aktivitas sehari-hari supaya mereka tidak melakukan kesalahan. Bagi penderita atelophobia, lebih baik tidak melakukan apa-apa dibandingkan melakukan sesuatu yang dapat membuat kesalahan.Selain itu, penderita atelophobia juga dapat memusingkan kesalahan yang telah mereka buat dan kesalahan yang berpotensi mereka buat di waktu yang akan datang.Meski terkesan sama, atelophobia ternyata berbeda dari atychiphobia atau perasaan takut berlebihan akan kegagalan.

Apa saja gejala atelophobia?

Pemicu gejala atelophobia pada setiap orang berbeda-beda karena ketidaksempurnaan dianggap sebagai suatu hal yang subjektif. Apa yang Anda anggap tidak sempurna, belum tentu dilihat orang lain sebagai ketidaksempurnaan.Selain rasa takut dan cemas berlebihan, atelophobia juga dapat menimbulkan berbagai gejala berikut ini:
  • Hiperventilasi (bernapas dengan cepat)
  • Otot tegang
  • Sakit kepala
  • Sakit perut
  • Merasa ragu
  • Selalu menunda-nunda
  • Sering menghindar dari suatu hal atau situasi
  • Sering meminta orang lain untuk mengecek hasil kerjanya
  • Sering memeriksa hasil pekerjaan secara berlebihan.
Selain itu, perasaan takut dan cemas berlebihan yang dirasakan penderita atelophobia bisa menyebabkan masalah tidur dan menurunnya nafsu makan.Sebuah studi dari tahun 2015 juga mengungkapkan bahwa perfeksionisme memiliki hubungan yang erat dengan burnout (stres berat akibat pekerjaan).

Berbagai penyebab atelophobia

Atelophobia dapat disebabkan oleh faktor biologis. Itu artinya, sifat insecure, sensitif, dan perfeksionis seseorang yang memicu masalah ini.Menurut Saltz, atelophobia lebih berpotensi disebabkan oleh pengalaman traumatis, seperti kegagalan atau tekanan untuk menjadi sempurna.Sebagai tambahan, sifat perfeksionis adalah kepribadian yang bisa datang dan diperkuat oleh sebuah pengalaman. Inilah mengapa faktor lingkungan juga menjadi salah satu penyebab utama atelophobia.Saat Anda dipaksa untuk tak membuat kesalahan, tidak ada ruang bagi Anda untuk menerima dan mentolerir ketidaksempurnaan. Hal ini menjadi ‘pintu gerbang’ masuknya atelophobia ke dalam diri Anda.

Pengobatan atelophobia yang patut dicoba

Sama seperti fobia spesifik lainnya, atelophobia adalah kondisi yang dapat diobati dengan kombinasi psikoterapi, obat-obatan, dan perubahan gaya hidup. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi atelophobia yang bisa dicoba:
  • Psikoterapi psikodinamik

Psikoterapi psikodinamik dapat dicoba untuk mengobati atelophobia. Jenis psikoterapi ini akan membantu penderita atelophobia untuk mencari pemicu yang membuat dirinya merasa harus sempurna setiap saat.
  • Terapi perilaku kognitif

Menurut sebuah riset, terapi perilaku kognitif menjadi salah satu cara mengatasi kecemasan, rasa takut, dan depresi yang paling ampuh. Terapi ini bertujuan untuk mengubah cara berpikir dan kepercayaan penderita atelophobia agar dirinya tak takut lagi dengan ketidaksempurnaan. 
  • Terapi eksposur

Menurut American Psychological Associaton (APA) terapi eksposur adalah sebuah terapi yang dilakukan untuk membuat seorang penderita fobia menghadapi apa yang ia takuti. Di dalam kasus ini, penderita atelophobia akan dihadapkan dengan ketidaksempurnaan.

Catatan dari SehatQ

Layaknya fobia lainnya, mengatasi atelophobia tentunya membutuhkan kesabaran. Konsultasikan dengan psikolog atau dokter untuk menentukan tindakan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah ini.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
gangguan mentalkesehatan mentalfobia
Osmosis. https://www.osmosis.org/answers/atelophobia#:~:text=Atelophobia%20is%20the%20fear%20of,of%20an%20object%20or%20situation.
Diakses pada 12 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/atelophobia#definition
Diakses pada 12 April 2021
APA. https://www.apa.org/ptsd-guideline/patients-and-families/exposure-therapy
Diakses pada 12 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait