Mengenal Asuransi Rawat Jalan dan Pertimbangan Sebelum Memilihnya

(0)
31 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Asuransi rawat jalan memiliki dua sistem pembayaran, yaitu cashless dan reimburse.Asuransi rawat jalan dapat digunakan untuk membiayai pengobatan namun tanpa menginap di rumah sakit.
Tidak ada seorang pun yang ingin jatuh sakit. Namun, ada kalanya kesibukan, cuaca buruk, hingga musibah seperti kecelakaan, dapat membuat kita menderita penyakit secara tak terduga. Inilah pentingnya memiliki asuransi rawat jalan untuk meringankan beban dalam membayar biaya pengobatan.Bagi Anda yang ingin memiliki asuransi rawat jalan, sebaiknya kenali dulu pengertian asuransi rawat jalan, fungsi, dan pertimbangannya supaya tidak keliru.

Apa itu asuransi rawat jalan?

Sejatinya, asuransi rawat jalan masih tergolong sebagai bagian dari asuransi kesehatan. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kesehatan rawat jalan adalah asuransi yang dapat mengganti biaya pengobatan akibat penyakit yang tidak memerlukan perawatan di rumah sakit (RS) atau menginap, tapi hanya rawat jalan dan berobat jalan saja.Selain itu, asuransi rawat jalan umumnya didapatkan sebagai manfaat tambahan dari asuransi rawat inap yang kita gunakan. Asuransi ini bisa membantu kita untuk membayar biaya dokter, laboratorium, hingga obat-obatan.Setiap perusahaan asuransi yang mengcover rawat jalan memiliki kebijakan yang berbeda-beda, yakni:
  • Pembatasan pelayanan sehingga tertanggung wajib untuk mendapatkan rujukan dokter umum agar bisa mendatangi dokter spesialis.
  • Pembatasan frekuensi kunjungan dan pengobatan dalam kurun waktu satu tahun.
  • Pembatasan jumlah rumah sakit yang dikunjungi oleh tertanggung.
Sebelum mendaftarkan diri ke perusahaan yang meng-cover rawat jalan, tentunya penting bagi kita untuk memahami isi polis dan semua kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan asuransi. Hal ini dilakukan agar kita tidak salah mengartikan isi polis tersebut sehingga tidak menimbulkan kerugian.

Asuransi rawat jalan dan rawat inap, apa bedanya?

Asuransi rawat jalan dan rawat inap termasuk dalam jenis asuransi kesehatan. Meski demikian, keduanya memiliki arti dan fungsi yang berbeda.Menurut OJK, asuransi rawat inap adalah asuransi yang dapat membantu Anda untuk mengganti biaya pengobatan akibat penyakit dan memerlukan perawatan atau menginap di RS sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan pada kondisi polis perusahaan asuransi.

Apa saja pertimbangan sebelum memilih asuransi rawat jalan?

Sebelum Anda dan keluarga memilih asuransi yang meng-cover rawat jalan, ada baiknya pahami dulu berbagai pertimbangan ini agar tidak salah langkah.

1. Jumlah premi dan kemampuan finansial kita

Setiap asuransi rawat jalan memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan manfaatnya. Nantinya, setelah kita mendaftarkan diri kepada sebuah perusahaan asuransi rawat jalan, kita akan mengeluarkan sejumlah uang secara berkala dan dalam jangka waktu yang lama.Maka dari itu, penting bagi kita untuk memikirkan dulu kemampuan finansial sebelum mendaftarkan diri pada suatu asuransi rawat jalan. Cobalah cari asuransi rawat jalan yang sesuai dengan kemampuan finansial dan kebutuhan Anda.

2. Memahami sistem pembayaran yang digunakan

Untuk mengklaim hak kita sebagai peserta asuransi rawat jalan dari perusahaan asuransi tertentu, terdapat dua sistem yang bisa digunakan, yaitu reimburse atau cashless.Sistem cashless dipercaya lebih menguntungkan, tapi perlu diingat bahwa sistem ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit tertentu yang sudah memiliki kerja sama dengan perusahaan asuransi.Jika cashless, maka pengguna asuransi rawat jalan tidak perlu menalangi biaya pengobatannya terlebih dahulu. Jika reimburse, maka pengguna asuransi rawat jalan diharuskan untuk membayar pengobatan dengan uangnya terlebih dahulu, nantinya perusahaan asuransi akan menggantinya jika pengguna sudah menyertakan bukti pembayaran pengobatannya.Pastikan bahwa lokasi rumah sakit tersebut mudah dijangkau atau dekat dari tempat tinggal sehingga Anda tidak kesulitan menjangkaunya jika sewaktu-waktu membutuhkan layanan kesehatan.

3. Memilih jenis asuransinya

Terdapat beberapa jenis asuransi rawat jalan yang bisa dipilih, mulai dari asuransi bersama (polis keluarga) hingga asuransi rawat jalan individu.Sebagian besar orang lebih memilih asuransi polis keluarga karena setiap anggota keluarganya akan mendapatkan layanan asuransi dan jumlah premi yang harus dibayar jauh lebih ringan.Maka dari itu, pilihlah jenis asuransi ini sesuai dengan kebutuhan, apakah Anda lebih memilih asuransi bersama atau asuransi kesehatan rawat jalan perorangan.

4. Pahami apa saja yang bisa diklaim dari asuransi rawat jalan

Sebelum memilih asuransi rawat jalan, Anda juga disarankan untuk memahami apa saja yang bisa diklaim dari perusahaan asuransi tersebut. Sebab, setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan klaim yang berbeda-beda.Jangan sampai kita tidak bisa mengklaim apa yang kita butuhkan nantinya, hanya karena kita tidak memahami baik-baik kebijakan klaim dari perusahaan asuransi.

Catatan dari SehatQ

Memiliki asuransi rawat jalan dinilai penting untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga. Namun, bukan berarti Anda boleh memilih asuransi rawat jalan secara sembarangan.Pilihlah asuransi rawat jalan terbaik yang dapat memenuhi segala kebutuhan Anda dan keluarga. Jika perlu, berkonsultasilah pada pihak perusahaan asuransi terlebih dahulu untuk memahami kebijakannya secara mendalam.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
bpjs kesehatanasuransi swastapeserta bpjs
Cermati. https://www.cermati.com/artikel/perlukah-anda-memiliki-asuransi-rawat-jalan-ini-jawabannya
Diakses pada 17 Maret 2021
OJK. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Category/58
Diakses pada 17 Maret 2021
CAR. https://www.car.co.id/id/ruang-publik/tips-trik/careinsurance/perlukah-anda-memiliki-asuransi-rawat-jalan#:~:text=Asuransi%20rawat%20jalan%20merupakan%20layanan%20asuransi%20kesehatan%20yang%20penting%20untuk,dibandingkan%20dengan%20pengobatan%20rawat%20inap.
Diakses pada 17 Maret 2021
AIA. https://www.aia-financial.co.id/id/about-aia/info-media/artikel/articel/7-hal-yang-wajib-anda-tahu-mengenai-asuransi-rawat-jalan.html
Diakses pada 17 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait