Mengenal Arti Penetrasi dalam Hubungan Intim Sebelum Malam Pertama

(0)
24 Sep 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Penetrasi dalam seks adalah masuknya penis ke vaginaPenetrasi adalah masuknya penis, jari atau bahkan alat bantu seks ke vagina atau anus
Untuk Anda yang akan melewati malam pertama atau baru pertama kali berhubungan seks, mungkin masih banyak misteri seputar hubungan intim yang belum terkuak. Salah satunya soal penetrasi. Saat ini, masih banyak mitos yang beredar seputar penetrasi ketika berhubungan seks. Agar Anda tidak terjebak kabar burung yang tak tepat sesuai medis, kenali dulu berbagai faktanya di bawah ini.

Fakta seputar peneterasi dalam hubungan seks

Sebenarnya, apa itu penetrasi? Mengapa penetrasi saat malam pertama terasa sakit? Pasti masih banyak pertanyaan seputar hubungan seks yang mungkin belum terjawab di kepala Anda. Karena itu, pahami lebih jauh soal penetrasi seks, berikut ini.

1. Pengertian penetrasi

Penetrasi adalah masuknya penis atau alat bantu seks ke vagina maupun lubang anus. Penetrasi juga bisa dilakukan menggunakan jari. Jadi, hubungan seks bukan hanya soal penis dan vagina, tapi lebih luas dari itu.

2. Penetrasi pertama kali tidak selalu sakit

Salah satu sumber kekhawatiran soal malam pertama adalah rasa sakit yang mungkin muncul saat penetrasi dilakukan. Hal ini memang bisa saja muncul, tapi tidak selalu demikian.Rasa sakit yang muncul saat Anda pertama kali berhubungan intim umumnya disebabkan oleh kecemasan berlebih yang ada di kepala. Saat cemas, maka Anda akan merasa tidak nyaman dan pada akhirnya kesakitan.Rasa sakit saat penetrasi juga bisa muncul akibat kurangnya lubrikasi, baik di vagina maupun penis. Maka dari itu, jangan langsung masukkan penis ke vagina apabila vagina belum terasa “basah”.

3. Penetrasi seks juga tidak membuat selaput dara robek

Konsep keperawanan dengan adanya selaput dara dan darah yang akan keluar saat perempuan pertama kali berhubungan seks sebaiknya segera Anda ubah. Sebab, secara medis, hal ini tidak selalu terjadi.Artinya, meski perempuan tersebut belum pernah berhubungan seks sebelumnya, bisa saja ia tidak merasakan sakit atau mengalami perdarahan akibat penetrasi penis ke vaginanya.Selaput dara adalah organ yang sifatnya elastis. Selaput ini bukan seperti gerbang yang harus didobrak agar penis bisa masuk ke vagina.Saat ada penis masuk ke vagina, selaput dara akan melebar menyesuaikan besar penis. Perdarahan yang muncul saat berhubungan intim disebabkan oleh kelainan bentuk selaput atau kurangnya lubrikasi.

4. Penetrasi juga bisa menyakitkan bagi pria

Penetarasi biasanya tidak menyakitkan bagi pria. Namun, jika penetrasi terjadi tanpa adanya lubrikasi, gesekan yang terjadi bisa membuat penis iritasi.Jika rasa sakit ini tak kunjung hilang, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

5. Foreplay sebelum penetrasi penting dilakukan

Sebelum melakukan penetrasi, sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk melakukan foreplay. Foreplay akan membantu perasaan menjadi lebih rileks dan meningkatkan gairah secara perlahan, sehingga saat penetrasi, rasa sakit akibat kurangnya lubrikasi bisa dihindari. Foreplay juga akan membantu Anda dan pasangan lebih mudah mencapai orgasme.

6. Penetrasi menggunakan kondom tak akan mengurangi kenikmatan

Masih banyak orang yang percaya kalau penggunaan kondom akan mengurangi sensasi saat penetrasi. Padahal, hal tersebut tidaklah benar.Berkurangnya kenikmatan itu biasanya hanya terjadi pada pria yang belum terbiasa menggunakan kondom. Selama alat kontrasepsi ini digunakan dengan benar, kenikmatan bercinta bersama pasangan tidak akan berkurang. Lagipula, kondom akan melindungi Anda dari penyakit menular seksual. Jadi,apapun alasannya, alat ini tetap perlu digunakan kecuali Anda memang sedang merencanakan kehamilan.

7. Bermain dengan tekstur kondom saat penetrasi bisa tingkatkan sensasi

Saat ini Anda bisa menjumpai kondom dengan berbagai tekstur, warna, hingga rasa. Varian-varian ini bisa meningkatkan kenikmatan Anda dan pasangan saat melakukan hubungan seks dengan penetrasi penis.

8. Tips agar penetrasi saat malam pertama bisa terasa nikmat

Berhubungan intim untuk pertama kalinya saat malam pertama mungkin akan membuat Anda dan pasangan merasa tegang dan cemas. Berikut ini beberapa tips untuk membuat penetrasi seks pertama kali bisa menyenangkan.
  • Pilih tempat yang nyaman. Kenyamanan tiap orang bisa berbeda-beda. Anda tidak harus melakukannya di kasur. Terkadang, sofa maupun tempat lain justru bisa terasa lebih nyaman untuk Anda.
  • Jangan tinggalkan foreplay.
  • Lakukan perlahan, jangan buru-buru mencapai orgasme
  • Turunkan ekspektasi. Hubungan seks tidak selalu sama dengan yang ada di film-film, jadi nikmati proses nyata yang ada dan jangan terlalu membandingkan dengan yang pernah Anda lihat di layar kaca.

9. Penetrasi tak harus selalu berujung pada orgasme

Ingat, hubungan seks tidak selalu sama dengan yang digambarkan di film. Ada kalanya Anda dan pasangan merasa kurang puas atau tidak bisa mencapai orgasme. Itu adalah hal yang wajar. Apalagi, kalau ini adalah penetrasi kali pertama.Bagi banyak orang, berhubungan seks saat malam pertama justru tidak seindah bayangan. Rasa gugup, cemas, dan tidak nyaman karena harus berhubungan begitu intim dengan orang lain untuk pertama kalinya, membuat proses ini tidak semulus yang digambarkan. Namun sekali lagi, hal itu sangat wajar terjadi. Lama-kelamaan Anda dan pasangan akan menemukan alur sendiri sehingga, hubungan intim yang dilakukan bisa terasa nikmat.

Catatan dari SehatQ

Penetrasi adalah masuknya penis atau alat bantu seks ke vagina maupun lubang anus. Penetrasi bukanlah satu-satunya cara untuk berhubungan seks. Jadi, jika Anda sudah bosan dengan gaya yang itu-itu saja, jangan ragu untuk bereksplorasi.
hubungan sekshubungan seksualkepuasan seksual
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/cervix-penetration
Diakses pada 10 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/what-happens-when-you-lose-your-virginity
Diakses pada 10 September 2020
WebMD. https://www.webmd.com/sex-relationships/features/sex-why-foreplay-matters-especially-for-women
Diakses pada 10 September 2020
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/teens/sex/virginity/what-happens-first-time-you-have-sex
Diakses pada 10 September 2020
Flo Health. https://flo.health/menstrual-cycle/sex/sexual-health/how-to-have-sex-for-the-first-time
Diakses pada 10 September 2020
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/birth-control/condom/what-are-the-disadvantages-of-condoms
Diakses pada 10 September 2020
National Coalition for Sexual Health. https://nationalcoalitionforsexualhealth.org/media-center/ncsh-in-the-news/men
Diakses pada 10 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait