Mengenal Arti Mimpi Telanjang di Depan Umum


Arti mimpi telanjang di tengah keramaian bisa jadi dipicu oleh stres dan kecemasan. Namun tak perlu khawatir, hal ini sepenuhnya normal.

0,0
29 Aug 2021|Azelia Trifiana
Mimpi telanjang bisa terjadi saat Anda mengalami stres dan cemasMimpi telanjang bisa terjadi saat Anda mengalami stres dan cemas
Apa jadinya apabila seseorang mengalami mimpi telanjang hingga membuatnya terbangun dari tidur lelap? Terlepas dari banyaknya teori tentang makna mimpi, pakar juga sepakat bahwa mimpi adalah residu dari apa yang dialami sepanjang hari.Itulah mengapa, arti mimpi telanjang di tengah keramaian bisa jadi dipicu oleh stres dan kecemasan. Namun tak perlu khawatir, hal ini sepenuhnya normal.

Mimpi telanjang dan stres

Mimpi telanjang adalah salah satu jenis mimpi stres yang umum terjadi. Selain telanjang di depan umum, mimpi yang erat kaitannya dengan stres dan kerap terjadi adalah:
  • Melupakan hal yang penting
  • Berusaha berlari namun tidak berhasil
  • Melihat rumah terbakar
  • Lupa di mana memarkir kendaraan
Cukup logis ketika arti mimpi telanjang dikaitkan dengan stres yang dialami sepanjang hari. Tidak ada yang ingin menjadi pusat perhatian dengan cara negatif.Ini menjadi simbol rasa malu, kecewa, dan juga lemah di hadapan orang lain. Segala perasaan ini bercampur menjadi satu dan membuat seseorang merasa takut terekspos melakukan kesalahan di hadapan orang banyak.Selain itu, mimpi telanjang juga bisa melambangkan rasa tidak mampu dan kurang baik alias insecurity. Dengan demikian, ini membuatnya merasa tak aman berada di hadapan orang lain.Lebih jauh lagi, telanjang di depan umum juga bisa mengindikasikan ketakutan seseorang apabila kelemahannya terungkap. Ada ketakutan tentang hal tertentu yang selama ini ditutupi pada akhirnya akan terkuak.Orang yang mengalaminya mungkin saja merasa takut ditolak, dikhianati, atau dipermalukan dalam hidup. Telanjang dalam mimpi bisa saja menguak kelemahan yang selama ini disimpan rapat-rapat atau bahkan belum disadari sebelumnya.Di sisi lain, ada juga pemikiran bahwa arti mimpi telanjang adalah tidak ada hal apapun yang disembunyikan. Dia bisa menjadi dirinya sendiri dan jujur kepada orang lain.

Cara menghindari mimpi stres

Apabila mimpi telanjang benar-benar refleksi dari pikiran yang sedang kusut, sebenarnya ini adalah hal normal. Stres adalah bagian dari hidup dan mimpi bisa jadi cara untuk memproses dan mengolah apa yang ada dalam pikiran.Jika ingin menghindari hadirnya mimpi stres di tengah tidur lelap, ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Validasi perasaan

Ketimbang menutupi atau menyembunyikan perasaan, sebaiknya validasi saja sedang berada di situasi penuh stres. Tidak ada yang salah dengan merasa stres. Justru ketika berpura-pura tidak melihatnya, itu bisa membuatnya kian buruk.Jadi, hadapi fakta bahwa Anda tengah menghadapi hari atau pekan yang memicu stres. Ingat bahwa tidak selamanya hidup akan selalu penuh dengan stres. Di balik kesulitan, pasti ada kemudahan.

2. Perhatikan gaya hidup

Terkadang, konsumsi alkohol dan kafein berlebihan dapat menyebabkan stres dan cemas berlebih menjadi kian buruk. Sebab, kombinasi keduanya dapat membuat stres terasa lebih intens. Jadi, pastikan mengonsumsinya dalam batasan wajar.

3. Terapkan sleep hygiene

Sleep hygiene adalah rutinitas jelang waktu tidur yang teratur. Coba perhatikan kebiasaan menjelang malam hari yang selama ini dilakukan. Apakah Anda bekerja hingga larut malam? Apakah menghabiskan waktu di depan gadget? Perhatikan apa yang mungkin membuat waktu jelang istirahat menjadi tidak optimal. Ganti dengan rutinitas lebih baik seperti membaca, duduk, meditasi, atau berolahraga ringan. Relaksasi dengan teknik pernapasan juga bisa jadi pilihan.

4. Mencatat jurnal mimpi

Untuk membantu memahami pola mimpi, Anda juga bisa membuat jurnal. Isinya adalah bagaimana dan mengapa mimpi terjadi. Kemudian, tarik keterkaitannya. Apakah mimpi tertentu muncul ketika sedang merasa tegang dengan hal besar terkait pekerjaan keesokan harinya? Begitu seterusnya.Cara ini juga bisa membantu merunut apa akar pemicu rasa stres. Tekanan atau beban untuk sukses atau tidak melakukan kesalahan juga dapat menambah beban pikiran.

Catatan dari SehatQ

Paling penting, selalu ingat bahwa tidak perlu takut akan mimpi. Bahkan, mimpi telanjang di depan umum sekalipun. Itu hanyalah cara pikiran mengolah apa yang terjadi sepanjang hari.Bahkan, teori bahwa mimpi tidak berarti apa-apa juga sangat mungkin terjadi. Biarkan saja mimpi dalam bentuk apapun hadir – bahkan mimpi buruk sekalipun – dan mulai hari tanpa harus dibayangi mimpi itu.Hanya saja, apabila mimpi ini sudah sangat mengganggu hingga menyebabkan tidak bisa beristirahat, cemas berlebih, bahkan muncul gejala depresi, tak ada salahnya berbicara pada ahlinya.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang kapan mimpi sudah dirasa mengganggu kualitas hidup, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
depresikesehatan mentalstres
Healthline. https://www.healthline.com/health/common-stress-dreams-anxiety
Diakses pada 14 Agustus 2021
Mind Body Green. https://www.mindbodygreen.com/articles/what-your-naked-dreams-could-be-telling-you-from-dream-expert
Diakses pada 14 Agustus 2021
Well Being. https://www.wellbeing.com.au/mind-spirit/spirituality/dreams-involving-nudity-meanings.html
Diakses pada 14 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait