Mengenal Anatidaephobia, Ketakutan Berlebihan pada Bebek


Anatidaephobia adalah ketakutan berlebihan pada bebek dan merasa seperti ada bebek yang sedang mengawasi. Fobia ini bisa terjadi saat seseorang pernah mendapatkan pengalaman buruk terkait bebek pada masa lalunya.

0,0
08 Jul 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Anatidaephobia adalah ketakutan berlebihan pada bebek dan merasa seperti ada bebek yang sedang mengawasiPernah diserang seekor atau sekawanan bebek dapat memunculkan fobia
Anatidaephobia merupakan kondisi seseorang yang merasa sangat takut atau seperti diawasi oleh seekor bebek. Mungkin ketakutan berlebihan ini dianggap konyol karena bebek tidak seperti hewan buas dan liar lainnya. Biarpun dianggap hanya isapan jempol belaka, ketakutan terhadap bebek ini bisa saja sangat nyata dan terjadi pada seseorang. Orang yang mengidap anatidaephobia mungkin belum tentu takut pada bebek atau angsa yang menyerang. Ketakutan yang terjadi adalah Anda seperti diawasi oleh hewan tersebut sepanjang hari dan siap akan menyerang. Meski terdengar sangat tidak masuk akal, ketakutan yang aneh ini bisa dikategorikan sebagai sebuah fobia.

Mengenal anatidaephobia

Anatidaephobia merupakan bagian dari zoophobia atau ketakutan berlebihan pada salah satu atau beberapa hewan. Ketakutan pada hewan ini membuat seseorang bisa mengalami gejala panik tiba-tiba saat melihat atau berada di sekitar hewan tertentu. Orang yang mengidap zoophobia bisa sangat takut terhadap hewan, baik itu yang buas maupun yang jinak.Dalam sebuah fobia, ketakutan yang dialami oleh seseorang bisa sangat ekstrem. Anda mungkin sangat takut dan merasa ancaman yang akan datang bisa lebih besar dari yang sebenarnya. Tak heran, pada zoophobia, seseorang bisa takut pada hewan yang mungkin—menurut banyak orang—bukanlah hewan pemangsa yang berbahaya.Seseorang mungkin merasakan alektorophobia saat takut sekali dengan ayam atau ornithophobia saat ketakutan berlebih terjadi pada seekor burung. Ketakutan tidak mendasar ini pun bisa muncul saat Anda mengalami anatidaephobia.

Penyebab anatidaephobia

Sebuah penelitian menemukan bahwa 5,4 sampai 11,1 persen orang memiliki fobia tertentu dalam 12 bulan terakhir. Penelitian tersebut juga menyebutkan, 8,3 sampai 13,8 persen dari angka tersebut memiliki fobia tertentu sepanjang hidupnya.Sebenarnya, penyebab seseorang memiliki fobia tertentu belum bisa dipahami seutuhnya. Namun, bisa saja fobia tersebut didapat setelah mengalami peristiwa buruk pada masa lalu. Dalam kasus anatidaephobia, seseorang mungkin pernah mendapatkan pengalaman buruk diserang atau dikejar oleh seekor atau kawanan bebek.Fobia tertentu bisa muncul pada masa kanak-kanak dalam usia sekitar delapan tahun. Menurut sebuah penelitian, fobia bisa datang dan pergi pada seseorang. Namun, ada ketakutan-ketakutan yang mungkin akan bertahan hingga seseorang beranjak dewasa.

Gejala anatidaephobia

Gejala yang muncul pada seseorang yang mengidap anatidaephobia sebenarnya serupa dengan kebanyakan fobia. Berikut beberapa gejala yang muncul pada anatidaephobia:
  • Nyeri di bagian dada
  • Panas dingin
  • Bingung
  • Pusing
  • Mual
  • Napas lebih cepat
  • Jantung berdegup cepat
  • Sakit perut
  • Berkeringat
Anda mungkin akan menghindari tempat tertentu yang terdapat bebek atau angsa di sana. Jika sudah lebih parah lagi, Anda mungkin enggan ke luar rumah untuk menjauhkan diri dari ketakutan tersebut.

Cara mengatasi rasa takut yang muncul

Rasa takut terhadap bebek atau angsa bisa muncul kapan saja. Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk menghilangkan ketakutan tersebut:
  • Mengatur napas untuk menenangkan pikiran
  • Memikirkan sesuatu yang menenangkan
  • Mengalihkan pikiran dengan lagu atau hal lain yang bisa mendistraksi ketakutan
  • Berlatih relaksasi secara rutin
  • Lawan ketakutan tersebut dengan berpikir bahwa rasa takut itu tidak ada

Penyembuhan anatidaephobia

Ketakutan pada hewan tertentu tetap bisa disembuhkan dengan berbagai cara. Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk mengobati anatidaephobia:

1. Terapi paparan

Terapi paparan merupakan langkah penyembuhan terbaik untuk mengobati fobia tertentu. Terapi ini akan membuat Anda berhadapan langsung dengan objek yang menimbulkan rasa takut tersebut. Dalam hal ini, Anda akan dihadapkan dengan bebek atau angsa secara bertahap. Mulai dari gambar, video, hingga hewan yang nyata.

2. Terapi perilaku kognitif

Langkah pengobatan ini mengajak Anda untuk mengubah pola pikir pada objek yang membuat ketakutan itu muncul. Dokter akan membantu untuk mengubah cara berpikir yang tidak realistis untuk menghilangkan ketakutan tersebut.

3. Pengobatan

Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter tentang ketakutan yang dialami. Dokter akan memberikan obat-obatan untuk mengatasi kecemasan berlebih terhadap objek menyebabkan ketakutan muncul.

Catatan dari SehatQ

Meskipun anatidaephobia masih dianggap bukan fobia yang nyata, ketakutan terhadap bebek bisa menjadi sangat membantu seseorang. Cobalah untuk melakukan berbagai langkah pengobatan saat Anda merasa memiliki ketakutan tersebut.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang anatidaephobia, serta ketakutan lain pada hewan, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
Very Well Mind https://www.verywellmind.com/is-anatidaephobia-a-real-condition-4767076
Diakses pada 21 Juni 2021
Betterhelp https://www.betterhelp.com/advice/phobias/what-is-anatidaephobia-how-to-cope-with-it/
Diakses pada 21 Juni 2021
Medical News Today https://www.medicalnewstoday.com/articles/zoophobia
Diakses pada 21 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait