Mengenal Acroyoga dari Manfaat hingga Konsep Gerakannya


Acroyoga adalah salah satu jenis olahraga yang menggabungkan akrobat dan yoga. Gerakan khas dalam olahraga ini adalah mengangkat tubuh pasangan latihan menggunakan kaki.

(0)
17 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Acroyoga adalah olahraga yang menggabungkan akrobat dan yogaAcroyoga adalah jenis yoga yang dilakukan berpasangan
Acroyoga adalah salah satu jenis latihan gabungan gerakan yoga dan akrobat dengan menitikberatkan pada keseimbangan dan koneksi. Olahraga ini bagi beberapa orang juga dipercaya efektif sebagai terapi beberapa gangguan kesehatan.Melansir dari laman Acroyoga International, ada berbagai alasan yang membuat orang tertarik mengikuti latihan ini, mulai dari mengatasi nyeri kronis di tubuh, menurunkan berat badan, membentuk otot, memperdalam hubungan interpersonal, atau hanya sekadar bersenang-senang.Berbeda dari jenis yoga kebanyakan yang gerakannya dilakukan secara individual, latihan ini dilakukan secara berpasangan ataupun beramai-ramai. Salah satu ciri khas acroyoga yang mungkin sering sudah Anda lihat adalah saat tubuh diangkat dengan mudah menggunakan kaki oleh pasangan latihannya.

Manfaat acroyoga untuk kesehatan

Hingga saat ini, belum ditemukan penelitian ilmiah mengenai manfaat acroyoga untuk kesehatan. Meski begitu, para pegiat olahraga ini mengklaim ada banyak manfaat yang bisa didapatkan apabila Anda rutin menjalaninya, seperti berikut ini.

1. Melatih otot dan kelenturan

Saat melakukan acroyoga, otot dan kelenturan Anda akan terlatih melalui gerakan-gerakan yang ada, termasuk saat mencoba mengangkat teman yang menjadi pasangan saat latihan. Gerakan dalam aktivitas ini akan melatih otot-otot yang dalam kehidupan sehari-hari, biasanya jarang digunakan.

2. Mengajarkan soal koneksi dan komunikasi

Acroyoga dilakukan secara berpasangan. Namun, bukan berarti saat memulainya, Anda harus datang berdua. Sebagian besar orang yang berlatih acroyoga datang sendiri dan bisa berlatih secara berpasangan dengan setiap peserta latihan.Salah sati inti dari acroyoga adalah mempererat koneksi antarmanusia. Dengan berlatih olahraga ini, Anda belajar untuk menaruh kepercayaan pada orang lain, karena akan mengangkat dan diangkat oleh orang semula masih asing.Mengenal pasangan latihan secara perlahan dari awal, membangun kepercayaan, dan berkomunikasi satu sama lain akan membuat Anda merasa lebih bisa menerima diri sendiri.

3. Bisa menjadi olahraga setiap orang, tidak peduli ukuran tubuh

Saat melihat gerakan acroyoga, Anda mungkin berpikir bahwa olahraga ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang fleksibel, langsing, atau berpengalaman soal yoga. Hal tersebut tidaklah tepat, sebab acroyoga bisa dilakukan oleh siapapun.Tidak masalah apabila awalnya tubuh Anda tidak lentur. Justru dengan mengikuti latihan secara teratur, Anda akan bisa mendapatkan fleksibilitas yang dibutuhkan. Gerakan acroyoga yang berhubungan dengan mengangkat tubuh orang dan diangkat oleh orang lain juga tidak hanya bisa dilakukan oleh orang bertubuh mungil.Saat mengikuti kelas Acroyoga, Anda akan mempelajari bahwa hal tersebut bisa dicapai selama teknik yang digunakan benar. Olahraga ini adalah soal teknik, bukan tenaga.

4. Baik untuk postur tubuh

Gerakan-gerakan yang dilakukan saat latihan acroyoga, akan membantu Anda memperbaiki postur tubuh, termasuk meregangkan tulang belakang. Saat latihan, Anda juga akan mampu melakukan pose yoga yang akan sulit dilakukan jika tanpa bantuan, sehingga melatih lebih banyak area tubuh.

5. Dapat memperbaiki suasana hati

Melakukan acroyoga, mencoba menyelesaikan tantangan-tantangan baru sambil berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, bagi para pegiat olahraga ini dianggap bisa memicu keluranya adrenalin dan kortisol, sehingga suasana hati menjadi lebih baik.Perlu diingat, manfaat acroyoga untuk kesehatan masih perlu diteliti lebih lanjut secara ilmiah. Bagi Anda yang ingin menggunakan olahraga ini sebagai sarana penyembuhan, sebaiknya tetap berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum memulainya.Baca Juga: Artikel Tentang Yoga Lainnya

Konsep dalam acroyoga

Latihan acroyoga dilakukan oleh dua orang. Satu orang bertindak sebagai base (yang berada di posisi bawah) dan pasangannya menjadi flyer (yang berada di atas). Di samping base dan flyer akan ada satu spotter yang membantu mengatur posisi keduanya agar orang yang berada di atas tidak jatuh.Saat melakukan pose yoga, orang yang menjadi base akan menahan tubuh flyer menggunakan kaki sambil berada di posisi terlentang dengan kaki terangkat ke atas. Di sinilah teknik akan berperan. Kaki kita, apabila berada posisi pergelangannya sejajar dengan pinggul, akan mampu menahan banyak beban. Inilah yang membuat orang-orang berbadan mungil, tetap bisa bertindak sebagai base dan orang yang memiliki perawakan lebih besar tetap dapat menjadi flyer.Orang yang menjadi base dapat menahan flyer dengan meletakkan kakinya di bagian pinggul flyer sambil melakukan variasi pose yang diperlukan.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat acroyoga ataupun jenis yoga yang lain dari sudut pandang kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips olahragayoga
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/what-is-acroyoga-3566937
Diakses pada 6 April 2021
Acroyoga International. https://www.acroyoga.org/books
Diakses pada 6 April 2021
Mind Body Green. https://www.mindbodygreen.com/0-7723/8-things-you-should-know-about-acroyoga.html
Diakses pada 6 April 2021
The Health Journals. https://www.thehealthjournals.com/acroyoga-101-basics-partner-yoga/
Diakses pada 6 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait