5 Bentuk Bokong pada Wanita, Manakah yang Anda Miliki?

(0)
02 Apr 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Bentuk bokong wanita dibedakan ke dalam lima jenisMengetahui bentuk bokong mempermudah dalam memilih celana
Bokong merupakan salah satu anggota tubuh yang dianggap sebagai simbol kecantikan, terutama bagi wanita. Jika dikelompokan, ada lima bentuk bokong yang berbeda. Hal ini ditentukan berdasarkan rasio antara pinggang, pinggul, dan paha sehingga menciptakan bentuk-bentuk tertentu. Mengetahui bentuk bokong yang Anda miliki dapat mempermudah Anda dalam memilih celana yang cocok. Sehingga, secara tidak langsung, penampilan Anda pun bisa terlihat lebih menarik. 

Berbagai bentuk bokong

Bentuk bokong wanita terbagi ke dalam lima jenis
Mulai dari persegi hingga bundar, inilah berbagai bentuk bokong yang umumnya dimiliki oleh wanita:

1. Bentuk bokong persegi

Jika tulang pinggul dengan paha luar membentuk garis lurus, kondisi ini dapat menandakan bahwa Anda memiliki bokong bentuk persegi. Sebagian orang dengan bentuk bokong ini mempunyai tulang pinggul yang tinggi dan menonjol atau memiliki lapisan lemak di sisi tubuhnya. Apabila Anda memiliki bentuk pantat persegi, sebaiknya pilihlah celana pendek, bikini, atau celana berpinggang tinggi karena akan lebih pas dan nyaman saat digunakan.

2. Bentuk bokong V

Bentuk bokong V terlihat lebih penuh di bagian atas (dekat garis pinggang), sedangkan di pantat bagian bawah volumenya lebih sedikit. Kondisi ini menciptakan garis antara panggul dan sudut pinggul yang mengarah ke dalam bokong seperti bentuk V. Bentuk bokong wanita ini umumnya dimiliki oleh orang-orang dengan bahu lebar dan pinggul yang sempit. Jeans berkantong belakang akan cocok dikenakan oleh wanita dengan bentuk bokong V. Selain itu, pilihlah jenis jeans stretch-fit agar pantat tidak terlihat rata karena denim yang tebal dan kaku.

3. Bentuk bokong A

Jika bagian atas bokong kecil lalu melebar di bawah pinggul, Anda kemungkinan memiliki bokong berbentuk A. Pada bentuk bokong ini, garis pinggang bentuknya meruncing dan lemak tersebar di bagian bawah bokong atau paha. Bentuk bokong A umumnya dimiliki oleh wanita yang bagian atasnya tubuhnya lebih kecil dibandingkan bagian bawah (bentuk tubuh “buah pir”). Anda akan lebih nyaman menggunakan celana yang berpinggang tinggi.

4. Bentuk bokong hati terbalik

Bokong berbentuk hati terbalik biasanya dimiliki wanita yang bertubuh kurus atau tidak begitu berisi. Pada bentuk bokong ini, terdapat lengkungan yang mengarah ke pinggul luar, tapi bagian bawah pinggul memiliki volume yang lebih besar sehingga terlihat seperti hati terbalik. Bagi wanita dengan bentuk bokong ini, pilihlah celana yang berpinggang lebih rendah karena akan lebih nyaman digunakan.

5. Bentuk bokong bulat

Bokong bulat disebut sebagai bentuk bokong indah. Bentuk bokong wanita ini memiliki persebaran lemak yang merata di pinggul maupun sekitar pantat sehingga menciptakan tampilan bokong yang melengkung dan bulat. Bagi pemilik bentuk bokong ini, jeans denim bootcut adalah pilihan yang tepat untuk membuat pantat Anda lebih indah.

Faktor yang memengaruhi bentuk bokong

wanita berolahraga
Olahraga dapat membantu menguatkan otot di bokong
Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi bentuk bokong Anda, di antaranya posisi tulang pinggul dan panggul, ukuran otot gluteus (otot bokong), serta cara otot pantat menempel pada tulang paha. Faktor genetik juga bisa memengaruhi struktur tulang dan bagaimana tubuh mendistribusikan lemak termasuk pada area bokong. Di samping itu, hormon, berat badan, dan usia juga bisa menjadi faktor yang memengaruhi bentuk bokong. Misalnya, penuaan dan perubahan hormon setelah menopause membuat lemak lebih banyak disimpan di bagian tengah tubuh daripada di pinggul dan bokong. Itulah alasan mengapa bentuk bokong bisa mengalami perubahan seiring bertambahnya usia.Sebagian orang memilih untuk mengubah bentuk bokong mereka melalui berbagai prosedur, seperti implan atau filler. Namun, Anda juga bisa mencoba cara alami dengan melakukan latihan untuk otot gluteus untuk membantu membentuk bokong yang lebih kuat dan tidak kendur.Cobalah untuk berlatih squat, lunge press, atau leg lift secara rutin. Meski demikian, cara alami ini tidak dapat sepenuhnya mengubah bentuk bokong seperti yang Anda inginkan.Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut seputar kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikantulang panggul
Healthline. https://www.healthline.com/health/types-of-butts#changing-your-shape
Diakses pada 19 Maret 2021
Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.com/health-fitness/a56412/there-are-5-different-types-of-butts-in-the-world/
Diakses pada 19 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait