Mengejutkan, Manfaat Ikan Gabus untuk Pemulihan Pascamelahirkan

Anda bisa memperoleh manfaat dari ikan gabus yang telah diolah dengan cara digoreng
Ikan gabus bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan dikonsumsi oleh ibu pascamelahirkan untuk percepat pemulihan

Sudah tidak terbantahkan lagi bahwa ikan mengandung manfaat yang sangat melimpah, termasuk ikan gabus. Bahkan menariknya, manfaat ikan gabus bisa membantu mempercepat pemulihan luka seorang ibu pascamelahirkan dengan metode caesar.

Nama Latin ikan gabus adalah Channa striata. Sejak dekade demi dekade silam, ikan gabus ternyata menjadi salah satu ikan yang dikonsumsi untuk membantu penyembuhan luka.

Mengenal ikan gabus

Ikan gabus adalah ikan air tawar yang mudah ditemukan di negara-negara Asia Tenggara. Jika di Indonesia dikenal dengan nama ikan gabus, di Malaysia namanya adalah ikan haruan.

Di Indonesia, ikan gabus mudah ditemukan di perairan manapun. Uniknya, nama ikan gabus di daerah-daerah penjuru nusantara bisa berbeda. Seperti di Riau, disebut ikan bocek. Di Jawa, ada yang menyebutnya ikan kutuk. Orang Bugis menyebutnya bale salo, di Makassar disebut ikan kanjilo, bahkan di Papua disebut gastor.

Orang-orang Asia termasuk Indonesia terbiasa memberikan ikan gabus kepada siapapun dari segala usia. Mulai dari sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) hingga lansia pun disarankan mengonsumsi ikan gabus.

Lebih jauh lagi, para peneliti telah menemukan manfaat ikan gabus berkat kandungan asam amino dan asam lemak yang sangat baik bagi tubuh. Spesies ikan yang satu ini dikenal dengan kemampuan mencegah peradangan, pertumbuhan bakteri, hingga antikanker.

Manfaat ikan gabus untuk ibu pascamelahirkan

Ikan gabus juga disarankan bagi perempuan yang baru melahirkan untuk mempercepat proses pemulihan. Seorang ibu baru yang mengonsumsi ikan gabus pun bisa merasakan nyerinya berkurang.

Khasiatnya bahkan dapat dibandingkan dengan obat-obatan penghilang rasa nyeri seperti morfin!

Hal ini tidak lepas dari peran asam amino dan asam lemak yang membantu sintesis serat kolagen sehingga luka lebih cepat menutup dan sembuh. Tak hanya itu, spesies ikan gabus juga mengandung asam arakhidonat yang merangsang sintesis prostaglandin. Lagi-lagi, hal ini berperan vital dalam proses penyembuhan luka.

Untuk mendukung hipotesis ini, sebuah penelitian dilakukan di Rumah Sakit Universiti Sains Malaysia dan Rumah Sakit Raja Perempuan Zainab II. Penelitian dilakukan pada periode Mei 2011 hingga Januari 2013.

Responden dari penelitian manfaat ikan gabus ini adalah perempuan yang melahirkan dengan metode caesar. Tentunya bagi mereka yang melahirkan dengan metode caesar, ada luka besar di bagian perut bawah. Berbeda dengan yang  melahirkan normal, ada proses penyembuhan luka yang cukup lama bagi mereka yang melahirkan caesar.

Tentu seberapa cepat penyembuhan luka pascamelahirkan caesar akan berbeda antara satu perempuan dengan lainnya. Untuk itu, penelitian ini menargetkan untuk mengetahui apakah manfaat ikan gabus dapat mempercepat proses pemulihannya.

Kembali ke penelitian, ibu-ibu baru yang menjadi responden berusia sekitar 18-40 tahun. Dipastikan bahwa mereka yang menjadi peserta penelitian tidak memiliki masalah apapun usai melahirkan.

Kemudian, responden diminta mengonsumsi kapsul yang berisi olahan ekstrak ikan gabus dengan dosis 250 mg. Kapsul ini dikonsumsi satu kali sehari pada jam berapa pun, bisa sebelum maupun sesudah makan.

Pada hari ketiga setelah operasi caesar, responden kembali diperiksa untuk mengetahui kadar rasa nyeri yang mereka rasakan atau numeric pain rating scale (NRS). Perkembangan ini juga terus dipantau pada pekan ke-2, ke-4, dan ke-6 pascamelahirkan.

Hasilnya, 76 ibu yang baru melahirkan caesar ini merasakan rasa nyeri di area luka mereka menurun drastis. Tak hanya itu, manfaat ikan gabus juga menyamarkan penampakan luka sehingga para responden merasa sangat puas.

Memudarnya luka bekas operasi ini diduga kuat ada hubungannya dengan kandungan asam amino seperti glisin dan asam lemak seperti arakhidonat yang mampu membentuk kolagen baru sehingga luka bisa pulih lebih cepat.

Zat-zat asam di atas merupakan komponen penting dalam membentuk kolagen kulit. Ketika zat-zat asam tersebut bertemu dengan asam amino penting seperti proline, alanine, arginine, phenylalanine, dan serine, maka jaringan kulit dalam tubuh lebih cepat membaik.

Manfaat ikan gabus untuk penyembuhan pasien

Tak hanya membantu proses pemulihan luka bagi ibu hamil pascamelahirkan dengan metode caesar, manfaat ikan gabus juga bermanfaat untuk penyembuhan pasien pascaoperasi.

Selain itu, manfaat ikan gabus juga baik untuk mereka yang mengalami stroke dan luka bakar. Lagi-lagi, semua manfaat ikan gabus ini didapat berkat kandungan asam lemak esensial, mineral, dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pada banyak penelitian, manfaat ikan gabus telah diuji pada pasien dengan memberikan ekstrak ikan gabus dalam bentuk suplemen. Intervensi konsentrat protein ikan gabus membantu mempercepat pemulihan luka pascaoperasi dan luka bakar.

Resep membuat ikan gabus

Jika melihat banyaknya manfaat ikan gabus di atas, maka tidak ada salahnya memasukkan ikan gabus dalam menu harian keluarga Anda. Selain itu, ikan gabus juga mudah diperoleh dan diolah.

Berikut resep dan cara mengolah ikan gabus dalam bentuk sup:

Bahan:

  • 2 kg ikan gabus dicuci bersih
  • 1 wortel
  • 3 kentang
  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • garam
  • 400 ml air
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai
  • 2 butir kemiri

Cara memasak:

  1. Haluskan semua bumbu
  2. Geprek jahe, lengkuas, dan daun serai
  3. Tumis semua bumbu di atas
  4. Tuang 400 ml air hingga mendidih
  5. Masukkan potongan wortel, kentang, dan ikan gabus
  6. Tambahkan garam
  7. Tunggu hingga matang

Mudah dan lezat, kan? Anda juga memasukkan ikan gabus sebagai salah satu menu MPASI untuk buah hati Anda. Resepnya sama seperti di atas hanya saja kadar garamnya dikurangi sesuai usia anak Anda.

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4458554/
Diakses 18 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/2382229
Diakses 18 September 2019

Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/280882690_Potensi_Ikan_Gabus_Channa_Striata_Sebagai_Sumber_Makanan_Kesehatan_Review
Diakses 18 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed