Bayi Kembung? Atasi dengan 9 Cara Aman dan Efektif


Bayi kembung terjadi akibat sistem pencernaannya yang belum sempurna dan udara yang terlalu banyak masuk melalui mulut. Atasi perut kembung dengan cara memijat lembut bayi hingga menunda pemberian makanan pemicu gas

(0)
Bayi kembung bisa diatasi dengan cara memijatnyaBayi kembung bisa diatasi dengan memberikan pijatan lembut searah jarum jam
Bayi kembung merupakan salah satu masalah kesehatan bayi yang kerap dijumpai. Jika bayi tiba-tiba rewel dan sering buang angin, bisa jadi Si Kecil sedang merasa kembung. Ketika bayi merasa kembung, perutnya penuh dengan gas. Ini bisa membuat rasa tidak nyaman hingga sulit tidur. Padahal, tidur adalah waktu yang sangat penting untuk bayi yang sedang bertumbuh.Kondisi ini biasanya tidak berbahaya. Anda bisa meredakannya dengan mengikuti berbagai cara mengatasi perut kembung pada bayi.Lebih lanjut, berikut ini segala hal mengenai perut kembung pada bayi yang perlu Anda ketahui.

Penyebab bayi kembung

Penyebab bayi kembung tidak selalu disebabkan oleh penyakit. Pada kebanyakan kasus, kondisi ini terjadi secara alami. Berikut ini beberapa kondisi yang bisa memicunya:

1. Terlalu banyak menelan udara

Mencari puting berisiko udara masuk ke mulut dan bayi kembung
Bayi bisa terlalu banyak menelan udara dari hal-hal kecil yang setiap hari ia lakukan, seperti saat berusaha mencapai puting ibu ketika menyusu, misalnya.Ketika mulutnya sudah terbuka, tetapi perlu waktu lebih lama untuk menggapai puting, jumlah udara yang masuk ke saluran pencernaannya pun akan bertambah.

2. Menangis terlalu kencang

Menangis membuat udara masuk ke mulut sehingga bayi kembung
Ketika bayi menangis, bayi secara otomatis akan menelan udara. Oleh karena itu, jika ia menangis terlalu kencang atau terlalu lama, jumlah gas yang masuk ke tubuh juga akan bertambah. Hal ini membuatnya merasa kembung.

3. Gangguan pencernaan ringan

Masalah pencernaan sembelit memicu bayi kembung
Beberapa bayi juga bisa mengalami gangguan pencernaan ringan seperti konstipasi atau susah BAB. Hal ini dapat memicu timbulnya perut kembung pada bayi.

4. Tidak cocok dengan makanan dan minuman baru

Perut bayi belum bisa cerna fruktosa jus buah sehingga bayi kembung
Penyebab bayi kembung adalah asupan makanan dan minuman. Pada bayi usia 6 bulan yang mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) dengan tekstur lebih padat, perutnya bisa saja belum bisa menyesuaikan diri sehingga timbul rasa kembung.Terlebih, makanan berlemak, pati, gula, dan tinggi serat pun juga membuat perut bayi kembung.Selain itu, bayi relatif kesulitan untuk mencerna gula fruktosa dari jus buah. Bahkan, American Academy of Pediatrics dalam riset yang terbit pada jurnal Nutrients merekomendasikan, tidak memberikan jus buah murni untuk anak-anak hingga usia 12 bulan. Jika bayi sudah mencapai usia 1-3 tahun, jus buah pun hanya dibatasi tidak lebih dari 119 ml per hari.Penyebabnya adalah sistem pencernaan bayi belum sepenuhnya berkembang dengan sempurna. Efeknya, bayi kembung dan mencret setelah mengonsumsi makanan atau minuman tersebut pun tak terelakkan.

5. Ibu konsumsi makanan pemicu gas

Ibu menyusui konsumsi brokoli dan sebabkan bayi kembung
Bayi kembung pun bisa terjadi akibat makanan yang dikonsumsi ibu. Sebab, nutrisi makanan ini terserap ASI. Oleh karena itu, perut kembung pada bayi tak terhindarkan.Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, hentikan konsumsi makanan yang memicu produksi gas sesudah dicerna, seperti kol, kentang, bawang, dan brokoli.

Tanda-tanda bayi kembung

Perut terasa keras adalah tanda bayi kembung
Tanda-tanda yang ditunjukkan oleh bayi ketika mereka kembung, antara lain
  • Bersendawa.
  • Rewel.
  • Perut terasa menggembung.
  • Menangis.
  • Buang gas.
  • Daerah perut terasa keras.
Bayi yang kembung sering menunjukkan tanda-tanda gelisah dan tidak nyaman yang serius. Cara untuk mengetahui apakah bayi kembung atau mengalami gejala lain yang lebih serius, antara lain:
  • Jika bayi cenderung ceria dan hanya rewel beberapa saat, maka ini adalah pertanda kembung normal.
  • Jika wajah bayi memerah dan bersuara, ini masih merupakan reaksi normal kembung.
  • Jika bayi masih tertawa dan tidak stres saat tidak kembung, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
Hubungi dokter jika gejala kembung menjadi serius. Beberapa gejala tersebut adalah
  • Tidak BAB, BAB berdarah, atau muntah.
  • Diare.
  • Sangat rewel dan tidak bisa ditenangkan.
  • Demam, terutama untuk bayi di bawah 3 bulan.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi

Memang, ada udara atau gas yang ada di dalam saluran pencernaan. Pada orang dewasa, kemampuan dan sistem yang ada pada tubuhnya sudah lebih matang. Hal ini membuat orang dewasa lebih mudah mengeluarkan gas ataupun udara yang berlebih. Hal ini pun berbanding terbalik dengan bayi. Ia memerlukan bantuan agar gas dan udara bisa keluar. Untuk itu, diperlukan mengetahui cara membantu mengeluarkan perut bayi kembung dan sering kentut. Cara mengatasi bayi kembung yang dapat dilakukan untuk bayi adalah sebagai berikut:

1. Memeriksa posisi menyusui

Pastikan posisi menyusui tepat agar terhindar dari bayi kembung
Saat memberikan susu pada bayi, baik itu susu formula dengan botol atau ASI, usahakan agar posisi kepala bayi lebih tinggi dari perut. Hal ini dilakukan supaya cairan masuk ke dalam perut dan gas naik ke permukaan sehingga memudahkan bayi untuk sendawa.Cek agar tidak ada udara terperangkap di puting botol susu dan gunakan bantal menyusui untuk membuat bayi nyaman

2. Buat bayi sendawa

Sendawa picu udara keluar sehingga mampu atasi bayi kembung
Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi perut kembung bayi adalah dengan membuatnya bersendawa setelah selesai menyusui. Tepuk lembut punggung bayi dengan posisi gendong berdiri hingga keluar bunyi dari mulutnya.Jika bayi tidak bisa bersendawa, baringkan sebentar, lalu coba lagi.

3. Ganti botol atau puting botol

Cek ukuran lubang botol agar tidak sebabkan bayi kembung
Periksa ukuran lubang pada puting botol susu apakah sudah sesuai dengan kemampuan mengisap atau usia bayi. Hal ini mampu mencegah udara terlalu banyak masuk melalui mulut

4. Pijat bayi

Pijat bayi untuk mengeluarkan gas sehingga bayi kembung teratasi
Coba pijat bayi dengan cara mengelus searah jarum jam. Ibu juga boleh menggerakkan kaki bayi naik turun atau membalikkan bayi di perutnya untuk mengatasi perut kembung. Berikan air mandi hangat supaya udara keluar.

5. Perhatikan makanan

Hindari makanan pemicu gas agar mencegah bayi kembung
Jika Anda mencurigai beberapa makanan yang sering membuat perut kembung bayi kambuh, usahakan untuk lebih selektif dalam menu makanan Anda.

6. Bantu anak menggerakkan tubuhnya

Gerakkan kaki seperti kayuh sepeda untuk atasi bayi kembung
Perut kembung pada bayi bisa diatasi dengan gerakan tertentu. Ajak dan bantu Si Kecil dengan mengikuti gerakan seperti mengayuh sepeda.Caranya, telentangkan bayi. Lalu, angkat kedua kakinya dengan ditekuk. Selanjutnya, gerakkan kaki seperti mengayuh sepeda.Cara serupa lainnya adalah dorong lutut yang ditekuk ke arah perut. Pastikan posisi tubuh tetap telentang dan tahan kaki bayi selama 10 detik.

7. Tengkurapkan bayi

Tengkurap tekan gas agar keluar dan atasi bayi kembung
Berbeda dengan posisi seperti mengayuh sepeda, posisi ini dilakukan dengan cara tengkurap. Terbukti, bayi tengkurap membantu mengeluarkan gas dari perut. Bahkan, cara ini pun direkomendasikan American Academy of Pediatrics.Hal ini dikarenakan tengkurap memberi tekanan pada perut. Oleh karena itu, gas pun mudah keluar.

8. Tunda pemberian susu formula

Tunda susu formula yang dikocok agar bayi kembung terhindari
Memberikan susu formula yang disajikan dengan cara dikocok membuat gelembung udara terjebak di dalam botol.Hal ini membuat udara tertelan bayi sehingga gas di dalam perut lebih banyak. Namun, tetap konsultasikan pada dokter terkait penundaan pemberian susu formula ini.

9. Obat kembung dokter

Beri obat-obatan untuk menyembuhkan bayi kembung
Apabila perut kembung yang dialami Si Kecil tak kunjung reda meski Anda telah mencoba berbagai cara di atas, maka sebaiknya bawa ia ke dokter. Dokter akan melihat penyebabnya secara rinci dan memberikan obat yang sesuai dengan kondisinya.

Catatan dari SehatQ

Bayi kembung adalah salah satu masalah pencernaan yang kerap ditemukan. Umumnya, hal ini terjadi akibat sistem pencernaan bayi yang masih belum matang.Cara mengatasi bayi kembung bisa dilakukan dengan mengurangi kemungkinan udara masuk terlalu banyak melalui perut. Selain itu, bantu memosisikan tubuh bayi agar gas segera keluar dari perut.Jika Anda melihat ada tanda-tanda perut kembung pada bayi, segera hubungi dokter anak melalui chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Jika Anda ingin memenuhi keperluan bayi dan ibu menyusui, kunjungi untuk mendapatkan penawaran menarik.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
bayibayi sembelitmakanan bayiperkembangan bayimasalah pencernaanperut kembung
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/infant-gas#1
Diakses pada Maret 2019
Parents. https://www.parents.com/baby/care/gas/signs-newborn-has-gas/
Diakses pada Maret 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324725
Diakses pada 8 Maret 2020
Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6073729/
Diakses pada 9 November 2020
American Academy of Pediatrics. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/diapers-clothing/Pages/Breaking-Up-Gas.aspx
Diakses pada 9 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait