logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Wanita

10 Cara Meredakan Nyeri Haid dari Alami hingga Obat

open-summary

Cara meredakan nyeri haid adalah dengan banyak minum air putih, mandi air hangat, pijat, yoga, melakukan teknik relaksasi, mengonsumsi makanan rendah lemak, menghindari kafein dan makanan asin, hingga minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol.


close-summary

3.22

(81)

21 Jun 2022

| Anita Djie

Cara meredakan nyeri haid adalah kompres air hangat, banyak minum air putih, dan pijat

Cara meredakan nyeri haid salah satunya dengan kompres air hangat di area nyeri

Table of Content

  • Penyebab nyeri haid
  • Cara meredakan nyeri haid yang efektif

Nyeri haid saat periode menstruasi dialami oleh sebagian besar wanita dengan intensitas nyeri yang berbeda-beda. Rasa nyeri yang muncul biasanya tidak hanya berupa kram perut di bagian bawah, tetapi dapat juga berupa rasa sakit atau nyeri di bagian punggung, pinggang, dan paha.

Advertisement

Nyeri haid biasanya dirasakan paling intens di hari pertama menstruasi dan akan mulai berkurang secara perlahan setelah 2 – 3 hari. Sebagian besar wanita mungkin sudah mengetahui alasan dari munculnya periode menstruasi, tetapi apa yang menyebabkan nyeri haid saat periode menstruasi?

Penyebab nyeri haid

Nyeri haid terjadi karena adanya kontraksi rahim akibat peningkatan hormon prostaglandin
Nyeri haid terjadi karena kontraksi di rahim

Penyebab nyeri haid adalah kontraksi di dinding rahim selama masa menstruasi. Kontraksi ini terjadi agar  lapisan dinding rahim bisa meluruh dan keluar dari vagina sebagai darah menstruasi karena tidak adanya pembuahan yang terjadi.

Kontraksi dinding rahim yang menyebabkan nyeri haid dipengaruhi oleh hormon prostaglandin yang merupakan salah satu hormon pengatur proses menstruasi

Saat kontraksi terjadi, pembuluh darah di rahim akan tertekan dan menyebabkan berkurangnya suplai oksigen di rahim. Berkurangnya suplai oksigen menyebabkan rahim mengeluarkan hormon yang menimbulkan rasa sakit dan salah satunya adalah hormon prostaglandin.

Hormon prostaglandins tidak hanya meningkatkan kontraksi pada dinding rahim tetapi juga meningkatkan rasa sakit yang menimbulkan nyeri haid.

Wanita yang tingkat hormon prostaglandinnya lebih tinggi, cenderung mengalami nyeri haid yang lebih menyakitkan. Selain nyeri haid, hormon prostaglandin dapat menyebabkan diare, sakit kepala, dan muntah-muntah saat periode menstruasi.

Jika nyeri haid yang dirasakan mengganggu aktivitas sehari-hari, bertambah parah, atau muncul saat Anda berusia 25 tahun ke atas, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Penyebab nyeri haid bisa jadi diakibatkan oleh kondisi medis tertentu yang membutuhkan penanganan dari dokter.

Nyeri haid biasanya tidak hanya muncul saat hari pertama menstruasi, tetapi dapat juga muncul sebelum Anda mengalami periode menstruasi. Beberapa wanita dapat mengalami nyeri haid beberapa hari sebelum hari pertama periode menstruasinya.

Durasi dari nyeri haid yang dirasakan bisa berbeda-beda pada tiap wanita. Secara umum, nyeri haid yang dirasakan dapat berlangsung 48 sampai 72 jam.

Baca Juga: Posisi Tidur untuk Mengurangi Nyeri Haid yang Bisa Dicoba

Cara meredakan nyeri haid yang efektif

Olahraga adalah salah satu cara meredakan nyeri haid yang efektif
Olahraga adalah salah satu cara meredakan nyeri haid yang efektif

Merasakan nyeri haid bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Karena itu, Anda bisa mencoba cara meredakan nyeri haid di bawah ini:

1. Berolahraga 

Saat mengalami nyeri haid, melakukan aktivitas fisik mungkin jadi salah satu hal yang Anda hindari. Namun faktanya, olahraga ringan dapat membantu untuk mengurangi nyeri haid. Anda dapat mencoba olahraga yang baik dilakukan saat haid seperti berjalan-jalan, bersepeda, dan sebagainya.

2. Kompres air hangat

Rasa hangat dapat membuat tubuh rileks sehingga bisa dijadikan salah satu cara meredakan nyeri haid yang efektif. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan botol berisi air hangat atau heating pad khusus yang memang sudah dikemas sebagai kompres hangat praktis lalu tempelkan atau kompres di area perut dan punggung bawah untuk meredakan nyeri haid.

3. Pijat menggunakan essential oil

Memijat area perut yang nyeri saat haid bisa menjadi salah satu cara meredakan nyeri haid yang efektif. Anda disarankan untuk memijat area yang nyeri dengan essential oil yang terbuat dari chamomile, peppermint, ataupun rosemary. Campurkan beberapa tetes minyak tersebut ke dalam carrier oil sebelum dioleskan ke tubuh.

4. Menghindari kafein dan makanan asin 

Cara meredakan nyeri haid yang patut dicoba adalah menghindari makanan dan minuman tertentu, misalnya makanan asin, kafein, alkohol dan makanan berlemak. Berbagai makanan ini dipercaya bisa menyebabkan retensi cairan, kembung, dan perasaan tidak nyaman. Dengan menghindari makanan-makanan tersebut, maka nyeri dan ketegangan jaringan bisa berkurang. 

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi minuman hangat yang akan membuat jaringan lebih rileks seperti air jahe atau air lemon dan mengganti asupan makanan manis dengan buah-buahan.

5. Mencoba yoga

Menurut sebuah riset, yoga dipercaya bisa menjadi cara mengatasi nyeri haid. Para partisipan itu mengikuti kelas yoga berdurasi 1 jam sebanyak satu kali dalam seminggu. Setelah 12 minggu mengikuti studi, partisipan mengalami penurunan nyeri haid yang signifikan.

6. Mengonsumsi makanan sehat

Saat haid, penting untuk wanita mengonsumsi makanan sehat karena langkah ini akan menyehatkan pencernaan, sehingga risiko terjadinya kram perut saat haid bisa berkurang.

Menurut sebuah studi dari tahun 2000, mengonsumsi makanan rendah lemak dan menjalani pola makan vegetarian mampu meredakan nyeri haid dan gejala premenstrual syndrome (PMS).

Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan pereda nyeri haid lain seperti yang mengandung asam lemak omega-3, kacang-kacangan, serta protein tanpa lemak, termasuk dada ayam atau ikan untuk membantu meredakan nyeri haid.

7. Banyak minum air putih

Dehidrasi dapat memperparah nyeri haid. Maka dari itu, banyak minum air putih termasuk sebagai salah satu cara meredakan nyeri haid yang efektif. Cara ini sangatlah sederhana, meski begitu cobalah untuk tetap memerhatikan volume air putih yang dikonsumsi dan minumlah air putih lebih teratur.

8. Akurpresur

Akupresur adalah pengobatan asal Tiongkok yang dilakukan dengan cara menekan bagian tubuh tertentu dengan tangan. Sebuah studi dari 2004 menyatakan, memijat betis tepat di atas pergelangan kaki searah jarum jam atau lingkaran dapat menjadi cara mengatasi nyeri haid yang cukup efektif.

9. Berhenti merokok

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2020 menyebutkan bahwa wanita yang merokok berisiko 1,45 kali lebih tinggi mengalami nyeri haid dibanding wanita yang tidak merokok. Selain itu, wanita yang sehari-harinya memang perokok berisiko 1,5 kali lebih besar mengalami nyeri haid dibanding wanita yang sama sekali tidak pernah merokok.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa wanita yang pernah menjadi perokok dan saat ini sudah berhenti, tetap berisiko 1,31 kali lebih besar mengalami nyeri haid dibanding wanita yang sama sekali tidak pernah merokok.

Fakta-fakta di atas membuat berhenti merokok merupakan salah satu cara meredakan nyeri haid yang efektif untuk jangka panjang.

10. Obat pereda nyeri

Jika sakit yang dirasakan tidak tertahankan, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri sebagai cara meredakan nyeri haid. Jenis obat yang bisa diminum termasuk kelompok obat antiinflamasi non steroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen, dan asam mefenamat. Untuk Anda yang tidak bisa mengonsumsi golongan NSAID, bisa mengonsumsi paracetamol.

Golongan individu yang tidak disarankan mengonsumsi NSAID di antaranya adalah yang memiliki penyakit asma, gangguan perut, gangguan ginjal, atau gangguan hati. Perlu diperhatikan bahwa aspirin tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang berusia di bawah 16 tahun.

Baca Juga

  • Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan 5 Gerakan Olahraga di Rumah
  • 12 Penyebab Telat Haid Berbulan-bulan, Belum Tentu Hamil
  • Mengenal 6 Perbedaan Flek Hamil dan Haid

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar cara mengatasi nyeri haid, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

haidmenstruasikram menstruasi

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved