Jangan lupa gunakan pelembap untuk mengatasi kulit kering saat puasa
Jangan lupa gunakan pelembap untuk mengatasi kulit kering saat puasa

Kita semua tahu bahwa kekurangan cairan bisa mengakibatkan kulit kering. Itu sebabnya, kulit kering saat puasa selalu menjadi tantangan setiap tahunnya saat bulan Ramadan tiba. Sudah tahukah Anda cara praktis mengatasinya?

Kulit kering saat puasa memang pada dasarnya bukan hal yang berbahaya. Namun jika terus dibiarkan, kulit kering dapat membuat Anda merasa tidak nyaman.

Perubahan ketebalan epidermis membuat kulit tidak terlindungi dan kelembabannya pun tidak terjaga.

5 Cara Praktis Atasi Kulit Kering Saat Puasa

Kabar baiknya, kulit kering saat puasa tetap bisa diatasi dengan cara-cara yang mudah. Anda bisa mencoba beberapa trik ini dan menyesuaikannya dengan kondisi kulit masing-masing, di antaranya:

1. Konsumsi Omega-3

Lemak dari omega-3 punya peran yang tidak bisa diremehkan dalam menjaga kesehatan kulit. Meski demikian, tubuh tidak bisa memproduksi omega-3 dengan sendirinya.

Untuk itu, dapatkan asupan omega-3 yang cukup lewat konsumsi makanan yang kaya akan omega-3. Beberapa di antaranya adalah salmon, kacang kedelai, chia seeds, minyak ikan, dan masih banyak lagi.

2. Kurangi Konsumsi Makanan Berminyak

Saat berbuka puasa jangan dijadikan  ajang untuk balas dendam. Biasanya karena lapar mata, segala jenis gorengan disantap ketika azan Magrib telah berkumandang.

Namun Anda perlu ingat bahwa makanan berminyak seperti gorengan justru mempercepat proses dehidrasi. Cairan tubuh akan terserap lebih banyak ketika Anda banyak mengonsumsi gorengan.

Untuk itu, ada baiknya Anda membatasi konsumsi makanan berminyak saat sahur dan buka puasa.

3. Banyak Minum Air

Jelas ini menjadi cara yang termudah untuk mencegah dehidrasi dan kulit kering saat puasa. Namun saat puasa, Anda tidak bisa minum selama kurang lebih 12 jam. Untuk itu, atur strategi agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi.

Contohnya, perbanyak minum sebelum tidur, saat sahur, berbuka puasa, dan beberapa jam setelah berbuka. Kelola waktu minum air dengan bijak.

Sebaiknya, Anda menghindari meminum terlalu banyak air di satu waktu karena bisa menyebabkan kembung. Dengan cara ini, kelembapan kulit akan terjaga.

4. Kurangi Konsumsi Susu, Soda, dan Kafeina

Tahukah Anda, terlalu banyak meminum produk berbahan dasar susu ternyata bisa memicu munculnya jerawat. Selain itu, minuman bersoda dan kopi juga cenderung menyerap mineral dalam tubuh. Dampak negatif ini tentu berkontribusi pula pada kulit kering saat puasa.

Lebih jauh lagi, minuman seperti soda dan kafeina hanya bisa diserap tubuh sekitar 20 hingga 30 persen. Sementara jus buah-buahan bisa terserap hingga 60%. Jelas kan, mana yang lebih efektif

5. Gunakan Pelembap dan Tabir Surya

Tak hanya mengatasi kulit kering saat puasa dari dalam, hal yang tak kalah penting adalah merawat dari luar. Gunakan pelembap dan tabir surya sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, sangat direkomendasikan untuk mengaplikasikan pelembap setelah mandi atau sebelum tidur. Tak ada salahnya sedikit memanjakan diri dengan memakai masker wajah alami untuk mencukupi kebutuhan kulit Anda.

Beberapa tips di atas bisa Anda terapkan untuk mengatasi kulit kering saat puasa. Semoga ibadah selama satu bulan bisa berjalan lancar tanpa ada masalah kulit kering yang mengganggu, ya!

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/168051-the-effects-of-fasting-on-skin/
Diakses 2 Mei 2019

Harvard Medical School. https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/is-that-dry-skin-really-something-more-serious
Diakses 2 Mei 2019

Teen Vogue. https://www.teenvogue.com/story/my-ramadan-skincare-routine
Diakses 2 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed