12 Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa agar Tetap Sehat


Pada saat berpuasa, tubuh kekurangan cairan akibat keterbatasan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, tubuh berpotensi mengalami dehidrasi yang ditandai dengan gejala kulit kering. Untuk mengatasi kulit kering saat puasa, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. 

0,0
02 May 2021|Azelia Trifiana
Jangan lupa gunakan pelembap untuk mengatasi kulit kering saat puasaKulit kering saat puasa bisa membuat Anda merasa tidak nyaman saat menyentuh kulit
Kulit kering saat puasa umum terjadi pada beberapa orang. Apakah Anda salah satu yang tengah mengalaminya? Sebenarnya, kulit kering adalah kondisi ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak mendapatkan kelembapan yang cukup.
Pada saat berpuasa, tubuh kekurangan cairan akibat keterbatasan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, tubuh berpotensi mengalami dehidrasi yang ditandai dengan gejala kulit kering. Kurang asupan cairan tubuh dan makanan bergizi, kebiasaan malas mandi dan mencuci muka, serta malas menggunakan produk perawatan kulit bisa memperburuk kondisi kulit kering saat puasa.  Kulit kering saat puasa memang pada dasarnya bukan hal yang berbahaya. Namun, jika dibiarkan terus-menerus bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Bagaimana cara mengatasi kulit kering saat puasa? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara mengatasi kulit kering saat puasa

Kulit yang kering biasanya menimbulkan rasa gatal, bersisik, ruam, dan mengelupas.Masalah kulit kering dapat terjadi di bagian tubuh mana saja. Namun, umumnya dapat dirasakan di bagian wajah, tangan, lengan, dan kaki.Pada dasarnya, tips menjaga kulit tidak kering saat puasa Ramadan sama seperti cara mengatasi kulit kering umumnya, yakni Anda perlu menjaga kelembapan kulit. Adapun cara mengatasi kulit kering yang harus Anda lakukan saat puasa Ramadan, di antaranya:

1. Oleskan pelembap

Cara mengatasi kulit kering saat puasa bisa dengan mengoleskan pelembap
Oleskan pelembap sesuai jenis kulit setiap hari
Cara mengatasi kulit kering saat puasa yang ampuh adalah dengan mengoleskan pelembap sesuai jenis kulit setiap hari. American Academy of Dermatology menyarankan agar menggunakan pelembap sesaat setelah mencuci muka,  mandi, dan cuci tangan. Pastikan Anda menggunakan produk pelembap yang berbeda, yakni khusus wajah dan kulit tubuh. Jangan lupa untuk mengoleskan area kulit yang kering, termasuk lengan dan kaki. Penggunaan pelembap dapat meningkatkan retensi air kulit sehingga mengunci kelembapan wajah. Selain menggunakan sebelum beraktivitas di pagi atau siang hari, Anda juga bisa menggunakan pelembap pada malam hari sebelum tidur.Pilihlah pelembap yang mengandung hyaluronic acid, lactic acid, ceramide, gliserin, lanolin, minyak mineral, petrolatum, dan colloidal oatmeal

2. Gunakan sunscreen atau tabir surya

Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat memperburuk kondisi kulit kering saat puasaOleh karena itu, penting untuk menggunakan sunscreen sebagai tips menjaga kulit tidak kering saat puasa Ramadan.Anda disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15. Oleskan pada permukaan kulit 15-20 menit sebelum bepergian ke luar rumah. 

3. Eksfoliasi kulit

Cara mengatasi kulit kering saat puasa dengan eksfoliasi kulit
Lakukan eksfoliasi kulit secara rutin untuk mengangkat sel kulit mati
Eksfoliasi kulit juga jadi cara mengatasi kulit kering saat puasa. Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kering. Anda dapat melakukannya dengan bahan-bahan kimia maupun memakai alat-alat khusus. Contoh eksfoliasi dengan alat, meliputi cleansing brush, washcloth, dan facial scrubSementara, produk eksfoliasi kimia biasanya mengandung senyawa alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA).

4. Pakai masker wajah

Rutin menggunakan masker wajah untuk melembapkan kulit kering karena berpuasa juga bisa Anda coba. Anda bisa memakai masker wajah instan yang dijual di pasaran atau meracik masker wajah alami sesuai jenis kulit. Gunakan masker wajah pada malam hari untuk menjaga kondisi kulit selama puasa Ramadan. 

5. Oleskan gel lidah buaya

Oleskan lidah buaya sebagai cara mengatasi kulit kering saat puasa
Gunakan gel lidah buaya pada area kulit yang kering
Manfaat lidah buaya atau aloe vera juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering saat puasa.Anda bisa mengoleskan gel lidah dari tanamannya secara langsung atau gel aloe vera yang banyak dijual di pasaran. Namun, pastikan kandungan aloe vera di dalamnya 100%, ya. Anda bisa mengoleskan sedikit gel lidah pada kulit area lengan terlebih dahulu guna melihat ada tidaknya reaksi alergi yang ditimbulkan. Jika tidak, Anda bisa mengoleskannya pada area kulit yang kering dan mendiamkannya semalaman.

6. Semprotkan face mist ke wajah

Tips menjaga kulit tidak kering saat puasa Ramadan juga bisa dengan cara menyemprotkan face mistManfaat face mist sangat penting dalam menghidrasi dan melembapkan kulit. Dengan ini, kulit Anda akan terasa segar. Pastikan Anda mencari produk face mist yang mengandung zat emolien atau oklusif, seperti squalene, shea butter, atau minyak kelapa.Anda bisa menyemprotkan sedikit face mist pada area wajah, lalu tepuk-tepuk kulit dengan lembut menggunakan tisu atau kapas bersih setelah mendiamkannya beberapa detik. Hal ini dilakukan agar face mist tidak menguap sehingga membuat wajah terasa lebih lembap, kenyal, dan segar selama berpuasa.

7. Konsumsi antioksidan

Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan merupakan salah satu cara mengatasi kulit kering saat puasa secara alami. Gejala kulit kering saat berpuasa bisa semakin parah apabila terpapar dengan elemen-elemen yang merusak sel kulit lebih cepat.Nah, makanan kaya antioksidan dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel-sel yang lebih sehat.Jenis-jenis makanan yang tinggi antioksidan meliputi blueberry, tomat, wortel, serta kacang-kacangan. Jangan lupa untuk menyertakannya dalam menu sahur dan berbuka puasa Anda.

8. Hindari makanan berminyak

Meski enak di lidah, makan makanan berminyak, seperti gorengan, justru dapat mempercepat proses dehidrasi. Itu artinya, cairan tubuh akan terserap lebih banyak ketika Anda banyak mengonsumsi makanan berminyak. Oleh karena itu, ada baiknya Anda membatasi konsumsi makanan berminyak saat sahur dan buka puasa.

9. Konsumsi makanan tinggi omega-3

Lemak dari omega-3 punya peran yang tidak bisa diremehkan dalam menjaga kesehatan kulit, termasuk sebagai cara mengatasi kulit kering saat puasa. Meski demikian, tubuh tidak bisa memproduksi omega-3 dengan sendirinya.Anda bisa memperoleh asupan omega-3 lewat konsumsi makanan tinggi omega-3, seperti salmon, kacang kedelai, chia seeds, minyak ikan, dan masih banyak lagi.

10. Minum air putih yang cukup

Minum air putih bisa cegah kulit kering saat puasa
Pastikan Anda mencukupi asupan air putih saat sahur dan buka puasa
Kondisi kulit kering saat puasa membuat Anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan benar.Kecukupan konsumsi air putih dapat mencegah dehidrasi selama puasa dan membantu merawat kesehatan kulit.Saat bulan Ramadan, pastikan Anda tetap memenuhi asupan air putih, paling tidak 8 gelas per hari.Anda bisa menggunakan rumus 2-4-2, yakni 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur di malam hari. Hindari minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi yang cenderung menyerap mineral dalam tubuh dan bersifat diuretik. Alhasil, tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi sehingga berpengaruh terhadap kondisi kulit saat berpuasa. 

11. Gunakan humidifier atau pelembap udara

Humidifier bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering saat puasa karena membantu melembapkan udara dalam ruangan. Penggunaannya dapat menjaga kelembapan sehingga kulit kering saat puasa bisa terhindarkan. 

12. Hindari penggunaan make up yang berat

Bagi para perempuan, tips menjaga kulit tidak kering saat puasa Ramadan juga perlu memerhatikan penggunaan make upSebaiknya, hindari penggunaan produk make up yang terlalu tebal, seperti foundation dan concealerKombinasi penggunaan produk make up yang berat serta paparan sinar matahari berlebih bisa menyebabkan masalah pada kulit, seperti jerawatJika ingin menggunakan make up, pastikan Anda mengoleskan sunscreen dan pelembap terlebih dahulu, lalu diikuti dengan produk BB cream yang cenderung lebih ringan.

Catatan dari SehatQ

Beberapa tips menjaga kulit tidak kering saat puasa Ramadan di atas bisa Anda terapkan sehari-hari. Dengan demikian, ibadah puasa selama satu bulan penuh bisa berjalan lancar tanpa ada masalah kulit kering yang mengganggu. Jika Anda masih punya pertanyaan seputar tips menjaga kulit tidak kering saat puasa Ramadan, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulittips puasakulit keringramadankesehatan kulitkulit dan kecantikannyeri wajah
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/168051-the-effects-of-fasting-on-skin/
Diakses 2 Mei 2019
Harvard Medical School. https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/is-that-dry-skin-really-something-more-serious
Diakses 2 Mei 2019
Teen Vogue. https://www.teenvogue.com/story/my-ramadan-skincare-routine
Diakses 2 Mei 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care
Diakses pada 21 April 2021
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/dry-skin-causes
Diakses pada 21 April 2021
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin
Diakses pada 21 April 2021
Web Md. https://www.webmd.com/beauty/features/6-tips-relive-dry-skin-fast#1
Diakses pada 21 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait