Ini Cara Mengatasi Kulit Kering pada Bayi dan Tips agar Kembali Lembut


Cuaca hingga mandi terlalu lama bisa menghilangkan kelembapan alami bayi dan membuat kulit bayi kering. Waspadai terjadinya eksim dan atasi kulit kering pada bayi agar kembali lembut dengan cara ini.

(0)
04 Dec 2019|Azelia Trifiana
Gunakan sabun lembut khusus kulit bayi untuk mencegah kulit bayi keringMandi terlalu lama bisa menyebabkan kulit bayi kering
Sama seperti orang dewasa, bayi juga bisa memiliki kulit kering. Apalagi kulit bayi masih sensitif dan sangat tipis sehingga udara dingin maupun panas bisa menyebabkan kulit bayi kering.Memang ada banyak produk lotion untuk kulit bayi di luar sana, namun terkadang orangtua masih merasa ragu memberikannya kepada si Kecil. Apalagi untuk bayi baru lahir atau usianya masih di bawah 6 bulan.

Penyebab kulit bayi kering

Kulit bayi jauh lebih sensitif dan lembut sehingga rentan kering. Musim dingin hingga udara yang terlalu kering dapat menghilangkan kelembapan alami kulit sehingga memicu masalah kulit bayi seperti kulit kering dan mengelupas.Namun hal yang perlu diperhatikan lebih adalah apabila terjadi eksim atau dermatitis atopik pada bayi Anda. Meskipun bisa tampak lebih parah, eksim pun bisa diatasi dengan menggunakan lotion dan sabun khusus untuk menjaga kelembapan kulit.Selain dua penyebab di atas, ada satu lagi kondisi penyebab terjadinya kulit kering pada bayi yang lebih langka. Kondisi genetik ini disebut ichthyosis.Ichthyosis pada bayi dapat menyebabkan kulit bayi menjadi kering dan tampak kemerahan.  Biasanya, bayi yang mengalami ichthyosis bisa merasakan penebalan pada telapak tangan dan telapak kaki. Baca juga: 11 Jenis Penyakit Kulit pada Bayi yang Sering Muncul

Cara mengatasi kulit kering pada bayi

Ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit kering pada bayi, terutama berkaitan dengan rutinitas mandi. Sejumlah cara alami untuk mengatasi kulit kering pada bayi tersebut adalah:

1. Mandi tidak terlalu lama

Seperti yang disinggung di atas, sebisa mungkin jangan terlalu lama memandikan bayi. Batas waktunya adalah 5 -10 menit. Lebih lama dari itu, bisa memicu kulit kering pada bayi. 

2. Mandi dengan air hangat

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan bayi untuk mandi setiap hari dengan suhu ruangan lebih dari 25 derajat Celcius. Suhu air yang disarankan adalah 37 derajat Celcius atau setara suam-suam kuku. Hindari memandikan bayi dengan air terlalu panas maupun terlalu dingin.

3. Menggunakan sabun bebas deterjen

Sebisa mungkin pilihlah jenis sabun mandi bayi yang tidak mengandung pewangi, lembut, dan bersifat hypoallergenic untuk membantu mengatasi kulit kering pada bayi.IDAI juga merekomendasikan untuk menggunakan sabun dengan pH netral kulit yaitu 5,5. Hindari sabun dengan kandungan antiseptik seperti fenol dan kresol, deodorant (triklosan, heksaklorofen) dan sabun yang mengandung deterjen seperti SLS maupun SLES.

4. Mengeringkan kulit dengan tepat

Perhatikan cara Anda mengeringkan tubuh bayi setelah mandi. Ketimbang menggosok dengan handuk, lebih baik menepuk perlahan hingga kering sempurna.

5. Menggunakan deterjen khusus bayi

Jangan luput pula untuk memilih deterjen bayi yang tepat sehingga tidak meninggalkan residu. Terutama untuk bayi dengan kulit sensitif, pilih jenis deterjen yang benar-benar lembut.

6. Menjaga bayi agar tetap terhidrasi

Tak hanya dari faktor eksternal, penting pula untuk menjaga agar bayi tetap terhidrasi dengan memberikannya cukup cairan. Entah itu ASI, susu formula, atau saat anak sudah memasuki usia MPASI, berikan asupan cairan dengan air putih sesuai kebutuhan mereka.Baca juga: 13 Tanda Bayi Dehidrasi yang Perlu Orang Tua Waspadai

7. Menjaga suhu ruangan

Suhu ruangan terlalu tinggi atau panas juga rentan menyebabkan kulit kering pada bayi. Untuk itu, jaga agar suhu ruangan tetap dingin dan lembap. Anda juga bisa menggunakan humidifier untuk menambah kelembapan udara di kamar.

8. Mengaplikasikan pelembap secara rutin

Cara mengatasi kulit kering pada bayi lainnya adalah rutin mengoleskan pelembap khusus bayi untuk si Kecil. Anda bisa menggunakan pelembap dengan kandungan moisturizer yang lebih banyak untuk menjaga kelembapan kulit.Oleskan pelembap setidaknya dua kali sehari setelah mandi pagi, siang atau sore dan sebelum tidur. 

Bolehkah menggunakan lotion?

Tidak ada salahnya menggunakan lotion untuk mengatasi kulit bayi yang kering. Meski demikian, harus berdasarkan catatan bahwa tidak ada reaksi alergi yang justru membuat kondisi kulitnya semakin parah.Anda bisa menguji terlebih dahulu lotion yang digunakan pada kulit bayi dan observasi bagaimana reaksinya. Apabila tidak ada masalah, maka Anda bisa memberikan lotion pada bayi terutama setelah mandi saat kulit mereka masih lembap.Selain itu gunakan lotion yang memiliki kandungan hypoallergenic khusus bayi yang aman untuk kulit sensitif. Baca juga: Ragam Manfaat VCO untuk Bayi, Alami dan Melembapkan KulitTak perlu terlalu panik ketika melihat kulit bayi tampak kering. Apabila hal ini hanya disebabkan oleh faktor eksternal seperti suhu atau cuaca, maka mengatasinya pun bisa dengan mudah.Pantau juga bagaimana kondisi si Kecil. Apabila mereka tidak merasa terganggu, maka tak ada masalah. Namun jika mereka merasakan gatal hingga mengganggu waktu tidur, sebaiknya segera mencari penanganan yang tepat. 

Cara mencegah kulit bayi kering

Untuk mencegah kulit bayi kering dan mengelupas, sejumlah hal yang bisa Anda lakukan adalah:
  • Memastikan suhu ruangan tetap sejuk dan lembap, tidak terlalu dingin maupun terlalu panas
  • Cukupi cairan harian bayi baik dengan air putih maupun ASI atau susu agar terhindar dari dehidrasi
  • Gunakan pakaian dengan bahan katun dan hindari menggunakan baju berbahan kasar dan gatal seperti wol
  • Pilih deterjen yang lembut dan bebas pewangi maupun parfum untuk mencuci baju bayi
  • Lindungi kulit bayi dari paparan sinar matahari maupun udara dingin dengan menggunakan pakaian yang tertutup saat berada di luar rumah
  • Jangan mandikan bayi terlalu lama dan hindari penggunaan sabun yang berlebihan karena bisa menghilangkan minyak alami kulit
  • Setelah berenang, pastikan bayi mandi dan menggunakan pelembap untuk mencegah kulit kering akibat kandungan klorin pada air kolam renang
Selain itu, saat bayi sudah berusia di atas 6 bulan, Anda bisa menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari saat di luar rumah. Pilihlah jenis physical sunscreen yang mengandung titanium oxide atau zinc oxide dengan SPF 30 atau lebih.Kulit kering pada bayi memang umumnya bisa diatasi dengan mudah. Namun, jika kulit bayi kering disertai kemerahan dan pembengkakan yang tidak wajar dan tak kunjung sembuh, maka segera hubungi dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi dan usia bayi.Jika Anda ingin berkonsultasi langsung pada dokter terkait kesehatan kulit atau kulit bayi kering, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
kulit sensitifkulit keringmerawat bayi
IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memilih-produk-kulit-untuk-si-kecil Diakses pada 12 Februari 2021Babyi Center. https://www.babycenter.com/baby-dry-skin Dikases pada 28 November 2019What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/dry-baby-skin.aspx Diakses [ada 28 November 2019Raising Children. https://raisingchildren.net.au/guides/a-z-health-reference/dry-skin Diakses pada 28 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait