Mengatasi Kulit Kering pada Bayi, Kuncinya: Jaga Kelembapan

Gunakan sabun lembut khusus kulit bayi untuk mencegah kulit kering
Mandi terlalu lama bisa menyebabkan kulit kering pada bayi

Sama seperti orang dewasa, bayi juga bisa memiliki kulit kering. Namun, kulit kering pada bayi bisa menyebabkan mereka merasa tidak nyaman, apalagi kulit bayi masih sensitif. Salah satu triknya, jangan memandikan bayi terlalu lama.

Memang ada banyak produk losion untuk kulit bayi di luar sana, namun terkadang orangtua merasa masih ragu memberikannya kepada si Kecil, terutama jika bayi masih baru lahir.

Penyebab kulit kering pada bayi

Kulit bayi jauh lebih sensitif dan lembut sehingga rentan kering. Udara yang dingin dan kering dapat menghilangkan kelembapan alami kulit bayi. Apabila hal ini dapat diatasi dengan menjaga kelembapan kulitnya, maka tidak ada masalah.

Namun hal yang perlu diperhatikan lebih detil adalah apabila terjadi eksim maupun dermatitis atopik pada bayi Anda. Meskipun bisa tampak lebih parah, eksim pun bisa diatasi dengan menggunakan losion dan sabun khusus untuk menjaga kelembapan kulit bayi.

Selain dua penyebab di atas, ada satu lagi penyebab kulit kering pada bayi yang lebih langka. Kondisi genetik disebut ichthyosis dapat menyebabkan kulit bayi kering dan tampak kemerahan.

Biasanya, bayi yang mengalami ichthyosis bisa merasakan penebalan pada telapak tangan dan telapak kaki. Konsultasikan pada dokter untuk mengetahui cara mengatasinya.

Cara mengatasi kulit kering pada bayi

Ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit kering pada bayi, terutama berkaitan dengan rutinitas mandi bayi. Beberapa cara alami tersebut adalah:

  • Mandi tidak terlalu lama

Seperti yang disinggung di atas, sebisa mungkin jangan terlalu lama memandikan bayi. Batas waktunya adalah 10 menit. Lebih lama dari itu, bisa memicu kulit kering pada bayi.

  • Mandi air hangat

Apabila si Kecil mengalami kulit kering, mandikan mereka dengan air hangat. Hindari air yang terlalu panas dengan merasakannya langsung dengan tangan Anda sebelum memandikan bayi.

  • Pilih jenis sabun

Sebisa mungkin pilihlah jenis sabun yang tidak mengandung pewangi, lembut, dan bersifat hypoallergenic untuk membantu mengatasi kulit kering pada bayi

  • Keringkan dengan tepat

Perhatikan cara Anda mengeringkan tubuh bayi seusai mandi. Ketimbang menggosok dengan handuk, lebih baik menepuk perlahan hingga kering sempurna.

  • Pilih deterjen bayi

Jangan luput pula untuk memilih deterjen bayi yang tepat sehingga tidak meninggalkan residu. Terutama untuk bayi dengan kulit sensitif, pilih jenis deterjen yang benar-benar lembut.

  • Jaga bayi agar terhidrasi

Tak hanya dari faktor eksternal, penting pula untuk menjaga agar bayi tetap terhidrasi dengan memberikannya cukup cairan. Entah itu ASI, susu formula, atau saat anak sudah memasuki usia MPASI, berikan asupan cairan sesuai kebutuhan mereka.

  • Jaga suhu ruangan

Suhu ruangan terlalu tinggi atau panas juga rentan menyebabkan kulit kering pada bayi. Untuk itu, jaga agar suhu ruangan tetap dingin dan lembap. Anda juga bisa menggunakan humidifier untuk menambah kelembapan udara di kamar.

Bolehkah menggunakan losion?

Tidak ada salahnya menggunakan losion untuk mengatasi kulit kering pada bayi. Meski demikian, pastikan bahwa tidak ada reaksi alergi yang justru membuat kondisi kulit bayi kian parah.

Tes dulu losion pada bagian kecil kulit bayi dan observasi bagaimana reaksinya. Apabila tidak ada masalah, maka Anda bisa memberikan losion pada bayi terutama setelah mandi saat kulit mereka masih lembap.

Tak perlu terlalu panik ketika melihat kulit bayi tampak kering. Apabila hal ini hanya disebabkan oleh faktor eksternal seperti suhu atau cuaca, maka mengatasinya pun bisa dengan mudah.

Pantau juga bagaimana kondisi si Kecil. Apabila mereka tidak merasa terganggu atau rewel, maka tak ada masalah. Namun jika mereka merasakan gatal hingga mengganggu waktu tidur, saatnya mencari tahu lebih lanjut.

Baby Center. https://www.babycenter.com/baby-dry-skin
Diakses 28 November 2019

Raising Children. https://raisingchildren.net.au/guides/a-z-health-reference/dry-skin
Diakses 28 November 2019

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/dry-baby-skin.aspx
Diakses 28 November 2019

Artikel Terkait