Mengatasi Jerawat dan Masalah Kulit Lainnya saat Kehamilan

Mengatasi jerawat kehamilan dapat dilakukan dengan menggunakan produk skincare yang ramah janin
Jerawat kerap timbul saat kehamilan karena meningkatnya hormon dalam tubuh

Saat hamil, ada beberapa wanita yang tetap nyaman dengan penampilannya. Namun, sebagian lainnya mengalami beberapa keluhan karena hampir semua hormon dalam tubuh meningkat sehingga menimbulkan masalah kesehatan, termasuk masalah kulit seperti jerawat.

Jerawat merupakan salah satu masalah umum dalam kehamilan. Namun tidak hanya itu, ada banyak berbagai masalah wajah lain yang menghantui Anda saat hamil. Dalam kondisi tersebut, tentunya kebanyakan orang akan berusaha mencari produk kecantikan untuk mengurangi masalah kulitnya. Sayangnya, kebanyakan produk yang beredar memiliki kandungan yang tidak baik untuk kehamilan.

Akan tetapi, Anda jangan terlalu khawatir. Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat kehamilan yang aman bagi kehamilan Anda.

Cara Mengatasi Jerawat Kehamilan

Ada beberapa daerah di wajah yang menjadi sasaran munculnya jerawat saat Anda hamil. Jika tidak diatasi dengan baik, maka hal ini dapat menjadi masalah yang berkepanjangan, bahkan hingga Anda melahirkan. Selama masa kehamilan, sebaiknya Anda menghindari produk-produk dengan kandungan benzoil peroksida, asam salisilat, dan retinoid karena bahan-bahan tersebut berbahaya bagi janin.

Sebenarnya, produk kecantikan apa yang cocok untuk merawat kulit saat hamil? Anda bisa mencoba produk mengandung sulfur yang berbasis organik atau produk dengan kandungan asam glikolat atau asam alfa hidroksi. Jika belum berhasil, maka Anda dapat mencoba produk dengan kandungan asam azelaic dan krim erythromycin yang aman bagi ibu hamil.

Lalu, apa saja yang dapat dilakukan selain mengganti produk skincare? Anda bisa mengganti alas bedak Anda menjadi alas bedak khusus kulit berminyak. Bisa juga menggunakan bedak bubuk yang mengandung mineral. Dua hal ini dapat membantu Anda mencegah iritasi kulit akibat jerawat.

Cara Mengatasi Stretch Marks

Tak hanya kulit wajah, masalah kulit yang kerap dialami wanita adalah stretch marks. Usai melahirkan, stretch marks tidak dapat dihindari. Biasanya wanita yang menjalani proses persalinan normal akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menghilangkan stretch marks.

Para ahli merekomendasikan mengonsumsi teh hijau untuk membantu menghilangkan stretch marks dengan efektif.

Cara Mengatasi Masalah Pigmentasi 

Salah satu masalah kulit pada kehamilan adalah melasma yang ditandai dengan bercak-bercak gelap, serta kulit berpigmen yang muncul di wajah. Hal ini terjadi akibat peningkatan hormon kehamilan serta paparan sinar matahari.

Tindakan penanganan yang dapat Anda lakukan adalah menghindari paparan langsung terhadap sinar matahari serta menggunakan tabir surya saat berada di luar ruangan dapat mengurangi perubahan warna pada kulit. Selain itu, menggunakan asam azelaic dan krim yang mengandung vitamin C dapat membantu menekan pigmen secara alami.

Itulah beberapa saran yang dapat Anda lakukan saat melakukan perawatan kulit di masa kehamilan. Jangan takut untuk mencari tahu rekomendasi produk dengan berkonsultasi langsung ke dokter.

WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/pregnancy-skin-care-get-that-glow#1
Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed