Ciri-Ciri Gatal karena Diabetes dan Cara Mengatasinya


Gatal karena diabetes berbeda dengan gatal biasa. Biasanya, gatal karena diabetes juga disertai ciri lain, seperti menghitamnya kulit, atau disebut akantosis nigrikans. Selain perawatan kulit, pengobatan diabetes juga wajib dilakukan untuk mengatasinya.

0,0
20 Aug 2021|Rhandy Verizarie
cara mengatasi gatal karena diabetesCiri gatal karena diabetes biasanya disertai dengan gejala kencing manis lainnya
Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah (glukosa). Penyakit ini juga menimbulkan sejumlah gejala, salah satunya gatal. Lantas, bagaimana membedakan gatal karena diabetes dan gatal biasa? Bagaimana cara menghilangkannya? Simak informasinya berikut ini!

Penyebab orang diabetes gatal-gatal

Penyebab diabetes, atau kencing manis, adalah ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin yang cukup. Insulin adalah hormon yang dihasilkan pankreas dan bertugas untuk mengendalikan kadar gula darah. Insulin bekerja dengan cara mengubah glukosa menjadi energi. Jumlahnya yang kurang membuat gula darah tidak dapat diubah menjadi glikogen, sehingga terus mengalir di dalam darah. Akibatnya, kadar gula darah tinggi. Gula darah tinggi membuat sistem saraf tubuh jadi memproduksi sitokin dalam jumlah yang banyak. Sitokin dalam jumlah banyak inilah yang kemudian memicu peradangan (inflamasi) di dalam tubuh.Salah satu peradangan yang muncul, juga bisa terjadi pada kulit dan menyebabkan gatal karena diabetes. Selain gatal, biasanya kulit penderita diabetes juga jadi tampak kering dan pecah-pecah. 

Ciri-ciri gatal karena diabetes

Kulit terasa gatal tidak selalu disebabkan oleh diabetes. Jadi, jangan langsung berasumsi Anda kena kencing manis saat merasakan gejala diabetes yang satu ini.Anda tetap harus melakukan cek gula darah untuk memastikannya.Terdapat sejumlah perbedaan gatal karena diabetes dan gatal biasa. Ciri gatal karena diabetes biasanya turut disertai dengan perubahan tekstur kulit, yakni:
  • Kulit kering
  • Kulit bersisik
  • Kulit menebal
  • Kulit berubah warna jadi kehitaman
Menurut American Diabetes Association, gejala gatal khas diabetes ini disebut sebagai akantosis nigrikans. Akantosis nigrikans umum dialami penderita diabetes tipe 2 yang juga kelebihan berat badan (obesitas). Gejala gatal karena diabetes ini biasanya mulai muncul pada tahap prediabetesSelain itu, ciri gatal karena diabetes juga termasuk adanya infeksi, baik itu infeksi jamur maupun bakteri. Jamur dan bakteri ini dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat dikarenakan tingginya kadar gula darah. Pada perkembangannya, gatal yang disertai dengan infeksi ini dapat menyebabkan masalah kulit seperti dermopati diabetik, necrobiosis lipoidica diabeticorum, dan xanthomatosis eruptif. 

Cara mengatasi gatal karena diabetes

Gatal pada kulit karena diabetes sudah pasti akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Alhasil, keinginan untuk menggaruk kulit pun tidak terbendung. Padahal, hal ini sebaiknya tidak dilakukan.Bukannya meredakan gatal, menggaruknya justru berpotensi membuat kulit terluka dan memicu infeksi. Luka diabetes umumnya lebih sulit sembuh dan malah bisa bertambah parah. Itu sebabnya, daripada menggaruk kulit yang gatal, penderita diabetes dapat mengikuti beberapa cara menghilangkan gatal akibat diabetes berikut ini:

1. Menggunakan pelembap

Biasanya, gatal karena diabetes juga muncul akibat kulit yang kering. Itu sebabnya, Anda perlu menjaga kulit Anda tetap lembap dengan menggunakan losion atau pelembap.Anda juga bisa menggunakan salep tertentu untuk meredakan gatal. Biasanya, salep juga dapat membantu melembapkan kulit Anda..Dengan kondisi kulit yang tetap lembap, maka kemungkinan gatal-gatal dapat diminimalisir. Pilihlah pelembap yang mengandung urea dan emollient. 

2. Pasang air humidifier

Orang dengan diabetes juga disarankan untuk memiliki air humidifier di dalam ruangan, khususnya ruangan yang ber-AC. Pasalnya, udara dingin dari AC dapat menurunkan tingkat kelembapan ruangan sehingga berpotensi membuat kulit kering dan gatal. Air humidifier berfungsi untuk menjaga agar kadar kelembapan udara di dalam ruangan. Dengan begitu, penderita diabetes terhindar dari kulit kering yang menyebabkan gatal-gatal. 

3. Oleskan minyak tea tree

Cara menghilangkan gatal karena diabetes lainnya adalah dengan menggunakan minyak tea tree. Menurut studi yang dimuat dalam The Archives of Dermatological Research, minyak tea tree mengandung clobetasone butyrate yang memiliki keampuhan cukup baik dalam mengatasi gatal.Selain minyak tea tree, sejumlah bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi tangan dan kaki gatal karena diabetes, antara lain:
  • Minyak zaitun
  • Gel lidah buaya
  • Oatmeal
  • Susu 

4. Mengonsumsi makanan mengandung omega-3

Asam lemak omega-3 dikenal akan manfaatnya yang cukup penting bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari omega-3 ternyata juga untuk mengatasi gatal pada kulit, termasuk gatal akibat diabetes.Beberapa contoh makanan yang mengandung omega-3 untuk Anda konsumsi antara lain:
  • Ikan salmon
  • Ikan tuna
  • Ikan sarden
  • Bayam
  • Tahu
  • Biji chia
  • Alpukat

5. Hindari mandi terlalu lama

Gatal yang dialami penderita diabetes juga mungkin disebabkan oleh kebiasaan mandi terlalu lama. Pasalnya, mandi terlalu lama—lebih dari 10 menit—justru dapat membuat kulit kering hingga akhirnya memicu gatal.Terlebih lagi jika mandi dengan air panas, maka hal ini dapat membuat pori-pori melebar dan menurunkan kadar minyak alami kulit.Oleh sebab itu, sebaiknya mandi selama 5-10 menit saja agar kelembapan kulit tetap terjaga. Selain itu, gunakan air dingin atau hangat (suam-suam kuku).

Catatan dari SehatQ

Gatal karena diabetes tidak hanya membuat penderitanya merasa tidak nyaman, tapi juga bisa memicu kondisi kulit lainnya yang bisa membahayakan. Oleh sebab itu, lakukan cara-cara di atas agar Anda terhindar dari gejala ini.Selain itu, terapkan langkah-langkah untuk mengendalikan kadar gula darah normal seperti tidak mengonsumsi makanan mengandung banyak gula, olahraga teratur, dan melakukan pemeriksaan medis ke dokter secara berkala.Punya pertanyaan seputar diabetes? Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play.
diabeteskomplikasi diabetesprediabetesluka diabetes
American Diabetes Association. https://www.diabetes.org/diabetes/complications/skin-complications Diakses pada 25 Juli 2021The Archives of Dermatological Research. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20865268/ Diakses pada 25 Juli 2021Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/12176-diabetes-skin-conditions Diakses pada 25 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait