Bau Mulut Tak Sedap Saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya!

07 Mei 2019 | Oleh
Agar Anda tidak dijauhi oleh orang-orang, ketahui cara mengatasi bau mulut tak sedap
Agar Anda tidak dijauhi oleh orang-orang, ketahui cara mengatasi bau mulut tak sedap saat puasa

Mengatasi bau mulut merupakan salah satu prioritas yang harus dilakukan ketika Anda sedang berpuasa. Selain mengganggu orang-orang di sekitar, Anda bisa jadi dijauhi karena bau mulut yang tidak sedap tersebut.

Kunci Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

Sebenarnya kunci dari mengatasi bau mulut saat puasa adalah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Anda dapat menyikat gigi selama dua menit dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride terutama setelah makan sahur.

Selain gigi, lidah juga perlu disikat sehari sekali untuk mengatasi bau mulut. Jika Anda memiliki gigi palsu, maka Anda perlu untuk mengeluarkan dan membersihkannya pada malam hari sebelum digunakan kembali di pagi harinya.

Tak hanya menyikat gigi, Anda juga perlu menggunakan benang gigi (dental floss) sebanyak satu kali sehari untuk mengeluarkan makanan yang menyangkut di sela-sela gigi dan menggunakan obat kumur antibakteri untuk mengatasi bau mulut.

Cara Mengatasi Bau Mulut dari Rumah

1. Meminum Air

Cara sederhana untuk mengatasi bau mulut adalah dengan minum cukup air saat berbuka hingga sahur. Mulut yang kering dapat menyebabkan bau mulut. Meminum air dapat membuat mulut menghasilkan air liur.

Air liur berfungsi untuk menjaga mulut tetap bersih dan karenanya Anda perlu meminum setidaknya delapan gelas air per hari untuk mengatasi bau mulut.

2. Susu

Susu sering digunakan sebagai salah satu cara mengatasi bau mulut akibat bawang putih. Anda hanya perlu meminum satu gelas susu sebelum atau setelah mengonsumsi makanan yang mengandung bawang putih.

3. Teh Hijau

Teh hijau memiliki efek yang serupa dengan mint dan berfungsi untuk mengatasi bau mulut karena memiliki kandungan desinfektan dan penghilang bau.

Anda dapat membuat dua cangkir teh dan mendinginkannya di kulkas untuk diminum saat berbuka.

4. Yogurt

Tidak hanya baik untuk pencernaan, kandungan probiotik dalam yogurt dapat mengurangi dan mengatasi bau mulut. Anda dapat mengonsumsi yogurt polos yang rendah lemak sebanyak sehari sekali.

5. Cuka

Anda dapat membuat cuka sebagai obat kumur alami yang dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut. Asam salisilat dalam cuka dapat mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan dua sendok makan cuka ke dalam satu cangkir air. Setelahnya, berkumurlah dengan larutan tersebut selama 30 detik.

6. Soda kue

Selain cuka, Anda juga dapat menggunakan soda kue sebagai obat kumur alami untuk mengatasi bau mulut. Kandungan sodium bikarbonat dalam soda kue dapat membunuh bakteri dalam mulut.

Serupa dengan pembuatan larutan cuka, Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok makan soda kue ke dalam satu cangkir air hangat yang kemudian dapat digunakan untuk berkumur selama 30 detik.

7. Apel

Sama seperti susu, Anda dapat mengonsumsi apel untuk mengatasi bau mulut akibat bawang putih. Apel memiliki kandungan yang dapat menetralisir bawang putih dalam darah dan tidak semata-mata hanya mengatasi bau mulut karena bawang putih.

8. Jeruk

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat membersihkan bakteri dalam mulut. Oleh karenanya, Anda dapat mengonsumsi jeruk sebagai cara mengatasi bau mulut.

Referensi

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bad-breath#home-remedies
Diakses pada 11 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/guide/bad-breath#2
Diakses pada 11 April 2019

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top