Ingin Mengasah Kreativitas Anak? Jangan Lupakan 9 Hal Ini

(0)
06 Jun 2020|Lenny Tan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kreativitas anak bisa dibangun dengan menyiapkan tempat bermain khusus untuknyaAsah kreativitas anak dengan membiarkannya bermain
Bagi orang tua, mengasah kreativitas anak tidaklah mudah. Perlu upaya yang menantang dan berkesinambungan untuk melakukannya.Orang tua perlu mengetahui cara-cara yang benar dalam menuntun kreativitas buah hati agar membantu perkembangan mental, sosial, serta emosionalnya.Melalui proses berkreasi, anak akan mendapatkan kepercayaan diri berkat pencapaiannya dalam menyelesaikan sesuatu. Bekal ini akan membantu Si Kecil dalam membentuk pola pikir imajinatif dan inventif di kemudian hari.

Kenapa imajinasi dan kreativitas anak sangat penting?

Pengembangan imajinasi anak merupakan langkah penting untuk beragam hal. Beberapa di antaranya meliputi:
  • Mengembangkan kemampuan analisis dan penyelesaian masalah
  • Membangun rasa percaya diri
  • Mendukung kemahiran anak dalam bersosialisasi
  • Mengembangkan karakter yang berani bereksperimen dan tidak takut akan kegagalan

Cara mengasah kreativitas anak yang bisa Anda lakukan

Orang tua perlu memperhatikan dan membangun kreativitas anak dengak saksama. Apa sajakah yang bisa Anda lakukan?
  • Siapkan tempat untuk anak bermain

Terkait hal ini, orang tua tidak perlu membangun ruang khusus secara eksklusif atau berlebihan. Anda cukup memberikan tempat untuk anak leluasa berkreasi, misalnya di salah satu sudut ruang keluarga.Taruhlah mainan favorit Si Kecil maupun peralatan menggambarnya di sana. Memilki tempat bermain khusus bisa memberikan keleluasaan, kendali, sekaligus rasa tanggung jawab pada anak.Kegiatan kreatif tidak selalu harus di dalam rumah. Anda juga bisa membiarkan anak bermain atau menggambar di halaman atau teras saat hari cerah.
  • Tidak perlu rumit

Tujuan dasar dari bermain adalah mendapatkan kesenangan. Namun bukan berarti Anda harus menyediakan permainan terbaru atau termutakhir untuk anak.Biarkan anak leluasa bermain menggunakan mainan sederhana, misalnya lego atau alat gambar. Berikan kesempatan supaya ia bisa mengeksplorasi kesenangannya sendiri.
  • Ajak anak untuk membahas karyanya

Orang tua bisa berdiskusi dengan anak mengenai gambar yang dibuatnya. Namun berikan pertanyaan yang spesifik, misalnya tentang pilihan warna yang ia gunakan.Jangan memaksanya menjawab jika anak diam saja. Dengan mengajukan pertanyaan, Anda setidaknya sudah memberikan pancingan agar Si Kecil berpikir mengenai alasan di balik karyanya.
  • Perkenalkan lingkungan sekitar pada anak

Ajaklah Buah Hati ke luar rumah. Tidak perlu jauh, Anda cukup mengajaknya jalan-jalan pagi atau sore ke taman kota atau mengelilingi perumahan.Langkah tersebut akan memungkinkan anak untuk berkenalan dengan keadaan di sekitarnya. Lingkungan yang baru dapat melatih dan mempertajam indera Si Kecil.
  • Latih pola pikir kreatif dan kritis

Mengasah kreativitas anak bisa memberikan manfaat jangka panjang, termasuk melatih cara pikir yang kreatif dan kritis. Sembari berkreasi, anak akan belajar untuk tidak menyerah dan mampu mengatasi masalahnya dengan cara unik.Bila anak menceritakan masalah yang dihadapi oleh temannya di sekolah, tanyakan pendapat serta idenya untuk langkah penyelesaian. Kemudian Anda dan Si Kecil bisa mendiskusikannya lebih dalam.
  • Jangan membatasi ruang lingkup berpikirnya

Memandu anak untuk bersikap dan berpikir dengan benar memang penting. Namun orang tua juga harus memberikan keleluasaan agar anak dapat mengembangkan pola pikirnya sendiri.Hindari pemberian petunjuk ketika anak berkreasi. Berikan kebebasan padanya tanpa menggurui. Proses ini akan mengasah kreativitas anak secara lebih optimal.
  • Berikan waktu bebas dari jadwal sehari-hari

Orang tua boleh menjadwalkan waktu makan dan tidurnya, tapi berikan juga waktu bebas selama beberapa jam untuk Si Kecil.Biarkan anak melakukan apa yang disukai dalam rentang waktu tersebut. Namun pastikan Anda tetap mengawasinya.
  • Kenali hal-hal yang digemari oleh anak

Orang tua perlu mengetahui apa saja kegemaran anak. Misalnya, mainan, alat gambar, maupun cerita favoritnya.Dengan begitu, Anda bisa menyediakan apa yang anak butuhkan untuk tetap berkreasi. Hal ini akan mendukung buah hati dalam mengembangkan minatnya.
  • Libatkan diri Anda dalam kegiatan anak

Melibatkan diri dalam kegiatan berkreasi dan bermain akan memperat ikatan di antara anak dan orang tua. Anak juga dapat melihat bahwa orang tua mereka memiliki kreativitas yang bisa dicontoh.

Catatan dari SehatQ

Jangan ragu untuk turut aktif bila Si Kecil meminta bantuan Anda dalam berkreasi. Namun ingatlah agar tidak menggurui mereka.Mengembangkan kreativitas anak termasuk bekal penting yang perlu diberikan pada Si Kecil. Jangan pernah lelah untuk selalu hadir supaya Anda bisa memberikan bantuan kapan saja.
tumbuh kembang anak
Baby Center. https://www.babycenter.com/0_how-to-encourage-your-budding-artist_10315405.bc
Diakses pada 6 Juni 2020
Psych Central.https://psychcentral.com/blog/9-ways-to-support-your-childs-creativity/
Diakses pada 6 Juni 2020
Parents. https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/intellectual/why-art-and-creativity-are-important/
Diakses pada 6 Juni 2020
Parents. https://www.parents.com/baby/development/intellectual/nurturing-your-childs-creativity/
Diakses pada 5 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait