Mengapa Pria Bisa Mencintai Lebih dari Satu Wanita? Ketahui Alasannya


Pria bisa mencintai lebih dari satu wanita dalam hidupnya, bahkan secara bersamaan. Kondisi ini pun tergolong sangat normal, tapi perlu kontrol yang kuat untuk tetap setia.

0,0
04 Oct 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pria bisa mencintai lebih dari satu wanita dalam hidupnya, bahkan secara bersamaanPria mungkin kesulitan untuk membagi dua hati, pikiran, sekaligus energi pada dua orang sekaligus
Saat bicara tentang cinta, satu orang pasangan sebenarnya sudah lebih dari cukup. Namun, ada kalanya pria bisa membuka diri sehingga bisa mencintai lebih dari satu wanita dalam hidupnya. Lalu, apakah pria yang bisa mencintai lebih dari satu wanita sudah dianggap berselingkuh?Fenomena mencintai lebih dari satu orang sebenarnya terjadi di dunia. Ada pria mencintai lebih banyak perempuan, tapi hanya melakukan hubungan intim dengan pasangannya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Bisakah pria mencintai lebih dari satu wanita?

Secara logis, pria mungkin kesulitan untuk membagi dua hati, pikiran, sekaligus energi pada dua orang sekaligus. Mungkin ada pihak yang akan merasa lebih diuntungkan, sedangkan pihak lain mendapatkan porsi lebih sedikit. Hal ini yang membuat hubungan perasaan ini sulit dijelaskan dengan kata-kata.Biarpun begitu, mencintai lebih dari satu orang tetap mungkin dilakukan. Pria membuka hatinya untuk jatuh cinta dengan perempuan lain bisa didasarkan oleh beberapa faktor. Alih-alih faktor tersebut bertentangan, perasaan suka terhadap lawan jenis kadang malah memberikan kesempurnaan terhadap perasaan.Ada sebagian pria yang juga membangun persetujuan untuk terlibat dalam hubungan lebih dari satu orang. Hubungan ini sering disebut dengan istilah poliamori. Hubungan ini lebih dari sekadar hubungan terbuka dalam sebuah hubungan eksklusif.Dengan kata lain, tetap ada satu orang yang lebih diuntungkan dalam kondisi ini. Bisa jadi, satu hubungan hanya pada tahap mengagumi hingga mengidolakan. Hubungan yang lain terjalin dengan lebih dewasa dan penuh dengan cinta kasih.Kalau dikembalikan pada pertanyaan “bisakah mencintai lebih dari satu wanita?”, jawabannya kembali kepada Anda. Membiarkan perasaan mencintai lebih dari satu orang sama saja dengan memanjakan perasaan tersebut. Akhirnya, mudah jatuh cinta ini akan memunculkan risiko yang besar dalam mencari kebahagiaan pada sebuah hubungan.

Jatuh cinta dengan dua orang disebut selingkuh

Satu hal yang kadang disalahartikan dalam konsep perselingkuhan. Jatuh cinta dengan lawan jenis lain tidak serta-merta memunculkan istilah “selingkuh”. Kata selingkuh sendiri berarti menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan sendiri. Dalam kasus percintaan, kepentingan diri sendiri bisa berupa perasaan emosional atau perasaan kepuasan berhubungan intim.Dengan kata lain, Anda melakukan sesuatu di luar yang sudah dijanjikan dengan pasangan. Misalnya, Anda berjanji untuk tidak berhubungan seksual dengan perempuan lain, tapi malah melakukannya tanpa mengatakan apa pun. Itu yang disebut selingkuh.Selingkuh dan poliamori merupakan dua hal yang berbeda. Perbedaan yang paling terlihat adalah kesepakatan tentang hubungan seksual dengan orang lain.Perselingkuhan juga terjadi sebagai pelampiasan di dalam sebuah hubungan. Anda mungkin melakukan sebuah perselingkuhan lantaran berada dalam hubungan tanpa emosional yang tinggi. Jadi, saat melihat ada orang yang memberikan hubungan emosional yang lebih, perasaan jatuh cinta itu akan muncul.

Tips agar tidak mudah jatuh cinta

Hubungan percintaan eksklusif biasanya dijalani oleh dua orang. Hal ini yang membuat setiap pihak harus sama-sama melakukan sesuatu untuk menjaganya. Berikut beberapa cara untuk mencegah masalah dalam hubungan percintaan:

1. Buat aturan dan batasan

Hubungan yang eksklusif harus ada aturan yang jelas. Anda harus tahu waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu berdua saja. Namun, buat juga aturan jelas untuk memberikan kebebasan kepada pasangan melakukan aktivitas lain dalam hidupnya.Berikan juga batasan tentang hubungan dengan orang lain. Namun, ada baiknya Anda hanya menyarankan dan bukan mengekang kebebasan pasangan.

2. Saling dukung

Support merupakan hal yang paling dibutuhkan dalam sebuah hubungan. Mendukung pasangan bisa dengan menunjukkan rasa hormat dengan keberadaan atau karya yang dihasilkan.

3. Hindari saling membandingkan

Perbandingan merusak hubungan. Biarpun perbandingan adalah hal yang wajar, jangan melakukannya pada pasangan Anda. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hargai semua yang mereka miliki.

4. Beri tahu perasaan Anda

Cobalah untuk lebih terbuka kepada pasangan. Tunjukkan semua yang Anda rasakan, baik itu sedih, kesal, maupun senang. Lebih baiknya lagi, Anda bisa menjelaskan perasaan yang sedang dirasakan tersebut kepada pasangan.

Catatan dari SehatQ

Cukup wajar apabila pria mencintai lebih dari satu wanita. Namun, Anda perlu membuat batasan yang kokoh jika sudah berada dalam hubungan dengan seseorang. Ketahui juga bahwa Anda tetap harus mendahulukan pasangan.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar percintaan dan hubungan seksual, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
percintaanmenjalin hubungan
Psychology Today https://www.psychologytoday.com/us/blog/in-the-name-love/200803/can-you-love-two-people-the-same-time
Diakses pada 20 September 2021
Very Well Mind https://www.verywellmind.com/what-does-polyamorous-mean-21882
Diakses pada 20 September 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/polyamorous
Diakses pada 20 September 2021
Askmen https://www.askmen.com/dating/dating_advice/being-in-love-with-two-people-at-the-same-time.html
Diakses pada 20 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait