Mengapa Penting Ikut Kelas Ibu Hamil? Ini Penjelasannya

Kelas ibu hamil bertujuan untuk mengedukasi para calon orangtua
Ilustrasi kelas kehamilan yang melibatkan banyak ibu hamil

Proses kehamilan bisa jadi momen yang membingungkan bagi sebagian perempuan, apalagi bagi yang baru pertama kali hamil. Untuk itu, Anda dapat mengikuti kelas ibu hamil sejak kandungan Anda berusia 4 minggu hingga 36 minggu (jelang persalinan).

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar bagi para calon ibu tentang kesehatan bagi ibu hamil secara keseluruhan. Tujuan diadakannya kelas ini adalah mengedukasi ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan lancar, serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan bekal pengetahuan dasar.

Materi pada kelas ibu hamil akan disampaikan oleh bidan atau tenaga kesehatan. Namun, Anda juga bisa bertukar ilmu atau sharing dengan ibu hamil lain yang menjadi peserta kelas tersebut sehingga kegiatan ini sekaligus dapat dijadikan sebagai ajang sosialisasi bagi ibu hamil.

Materi yang disampaikan dalam kelas ibu hamil

Dalam kelas ibu hamil, Anda akan mendapat pengetahuan seputar hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan, persalinan, dan perawatan bayi. Secara garis besar, materi yang akan diberikan oleh fasilitator, antara lain:

  • Kehamilan, perubahan tubuh, dan keluhan yang menyertainya

Tidak sedikit wanita yang mengkhawatirkan kenaikan bobot tubuhnya selama kehamilan, ada juga ibu yang khawatir karena justru mengalami penurunan berat badan saat hamil. Di kelas ibu hamil, semua ketakutan Anda akan terjawab karena fasilitator akan menerangkan perubahan tubuh selama kehamilan dilihat dari kacamata medis.

Kelas ini juga akan membahas keluhan umum yang biasanya terjadi pada ibu hamil, misalnya morning sickness, konstipasi, perut kembung, dan sebagainya. Anda juga akan diberi solusi generik atas keluhan itu, misalnya diberikan kapsul penambah darah pada ibu hamil yang anemia atau anjuran untuk memperbaiki asupan gizi tertentu.

  • Perawatan kehamilan

Perawatan kehamilan yang akan dibahas dalam kelas ibu hamil biasanya mencakup obat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Selain itu, fasilitator juga akan memberi tahu tanda bahaya kehamilan dan penanganan pertama yang bisa dilakukan ibu hamil.

Kelas ini juga akan membahas kesiapan psikologis orangtua dalam menghadapi kehamilan, termasuk tentang hubungan suami-istri selama kehamilan.

  • Persalinan

Di kelas ibu hamil, Anda akan diajarkan untuk mengenali tanda-tanda persalinan maupun tanda bahaya persalinan. Fasilitator juga akan memberikan opsi proses persalinan yang aman karena tidak semua ibu hamil aman melahirkan lewat persalinan normal (lewat vagina).

  • Perawatan pascapersalinan

Pada materi ini, ibu hamil akan diajarkan cara menjaga kesehatan setelah melahirkan, selama menjalani masa nifas. Tak hanya itu, fasilitator juga akan mengenalkan Anda tentang tanda bahaya saat nifas maupun cara untuk tetap bisa menyusui secara eksklusif selama masa nifas.

Bagi Anda yang ingin menjalani program keluarga berencana (KB), kelas ibu hamil juga akan memberi pengetahuan seputar ini. Fasilitator akan menerangkan pilihan alat KB yang bisa Anda pilih, mulai dari KB suntik, intrauterine (IUD) alias spiral, maupun pil KB dan plus minus dari setiap metode tersebut.

  • Perawatan bayi baru lahir

Perawatan bayi baru lahir bisa mencakup banyak hal, mulai dari perawatan tali pusar hingga imunisasi yang dapat dilakukan pada bayi tersebut. Bidan atau tenaga kesehatan juga akan menerangkan tanda bahaya pada bayi baru lahir yang harus diperhatikan oleh ibu.

Selain materi-materi di atas, kelas ibu hamil juga bisa membahas mitos yang beredar seputar kehamilan maupun pascapersalinan. Selain itu, bidan dan tenaga kesehatan akan memberikan informasi mengenai penyakit menular (seperti infeksi menular seksual hingga HIV/AIDS) serta cara membuat akte kelahiran bayi.

Kelas ibu hamil pada dasarnya dilakukan untuk memberi skill dasar pada calon orangtua mengenai kehamilan yang sehat dan cara merawat bayi newborn yang benar. Oleh karena itu, ada juga kelas ibu hamil yang bisa dihadiri oleh calon ayah.

Di mana Anda bisa menghadiri kelas ibu hamil?

Dalam buku pedoman kelas ibu hamil yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan pada 2009 lalu, kelas ibu hamil bisa dilakukan di mana saja. Di berbagai daerah, kegiatan ini bisa dilakukan di Puskesmas atau Posyandu, namun tidak tertutup kemungkinan juga untuk kelas yang lebih fleksibel dilaksanakan di balai pertemuan atau tempat sesuai kesepakatan peserta dan fasilitator.

Penyelenggaraan kelas ibu hamil pun tidak selalu pemerintah karena pihak swasta hingga masyarakat bisa menjadi inisiator kelas ini. Beberapa rumah sakit swasta pun menyediakan fasilitas kelas ibu hamil ini dengan kegiatan kelas yang lebih beragam, misalnya senam hamil hingga prenatal yoga.

Pemkab Lamongan. https://lamongankab.go.id/dinkes/pelaksanaan-kelas-ibu-hamil/
Diakses pada 27 Februari 2020

Baby Center Canada. https://www.babycenter.ca/a536329/prenatal-classes
Diakses pada 27 Februari 2020

Buku Pedoman Pelaksaanaan Kelas Ibu Hamil. https://libportal.jica.go.jp/library/Archive/Indonesia/232i.pdf
Diakses pada 27 Februari 2020

Artikel Terkait