Mengapa Membangun Massa Otot Baik untuk Kesehatan Tubuh? Simak Penjelasan Ini


Mengapa membangun massa otot baik untuk kesehatan tubuh? Salah satu alasannya adalah memungkinkan Anda tetap dapat bergerak aktif kelak di usia senja.

(0)
05 Dec 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Memperbaiki postur adalah salah satu alasan mengapa membangun massa otot baik untuk kesehatan tubuhMengurangi risiko cedera termasuk alasan mengapa membangun massa otot baik untuk kesehatan
Ketika melakukan program olahraga untuk menurunkan berat badan, Anda sangat dianjurkan untuk tetap memperhatikan massa otot. Nah, tahukah Anda mengapa membangun massa otot baik untuk kesehatan tubuh? Lalu, olahraga apa saja yang dapat membantu Anda mencapai target ini?Dalam dunia medis, otot adalah jaringan di dalam tubuh yang memungkinkan manusia untuk bergerak. Otot terdiri atas 3 tipe, yakni otot halus, otot jantung, dan otot rangka (menempel di tulang dan tersebar di seluruh tubuh).Meskipun demikian, saat membicarakan massa otot dalam konteks olahraga, orang-orang biasanya mengacu khusus pada otot rangka yang memang bisa dikontrol bahkan dibentuk dengan latihan khusus. Menjaga massa otot tetap sehat penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, apalagi pada orang dewasa.

Mengapa membangun massa otot baik untuk kesehatan tubuh?

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Harvard Medical School, massa otot akan berkurang sekitar 1% per tahun setelah usia menginjak 40 tahun. Itu artinya, tubuh akan lebih mudah cedera atau mengalami masalah seperti kaku otot atau bahkan lemah otot.
Membangun massa otot bisa membantu turunkan berat badan
Massa otot yang berkurang juga memperbesar risiko pengeroposan tulang alias osteoporosis. Untuk mencegah kondisi ini, Anda dapat melakukan latihan otot yang sekaligus juga bisa memperkuat tulang.Itu hanya sedikit alasan mengapa membangun massa otot baik untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat lain yang akan Anda dapatkan ketika massa otot tetap terjaga seiring bertambahnya usia, seperti:
  1. Membuat tubuh dapat tetap aktif di hari tua

    Memiliki massa otot yang baik dapat menurunkan risiko Anda sulit bergerak di usia senja karena otot sering kaku.
  2. Menurunkan risiko cedera saat berolahraga

    Membangun massa otot dapat membuat keseimbangan tubuh menjadi lebih baik dan otot semakin kuat secara keseluruhan sehingga Anda tidak rentan mengalami cedera saat berolahraga.
  3. Memperbaiki postur tubuh

    Ketika tubuh sudah lebih kuat karena massa otot terjaga, Anda akan terlihat memiliki tubuh yang lebih tegap, sehingga secara tidak langsung juga meningkatkan kepercayaan diri.
  4. Membantu menurunkan berat badan

    Ini adalah salah satu alasan mengapa membangun massa otot baik untuk kesehatan tubuh ketika Anda sedang diet. Memiliki massa otot yang padat akan membantu meningkatkan metabolisme sehingga lemak yang tersimpan di dalam tubuh juga lebih cepat dan lebih mudah terbakar.
Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, ada pula alasan kuat mengapa membangun massa otot baik untuk kesehatan mental. Penelitian klinis menunjukkan bahwa rutin melakukan olahraga penguatan otot juga dapat meringankan gejala depresi.

Tips melakukan olahraga membangun massa otot bagi pemula

Apakah Anda membayangkan olahraga membangun massa otot pasti memerlukan peralatan angkat berat seperti yang ada di gym? Olahraga untuk membangun otot memang idealnya dilakukan di pusat kebugaran menggunakan alat khusus dengan arahan trainer atau instruktur.
Plank dapat jadi pilihan untuk membangun massa otot
Akan tetapi, ada beberapa jenis latihan membangun massa otot yang bisa dilakukan di rumah tanpa menggunakan alat. Latihan yang dimaksud disebut bodyweight exercises karena beban yang digunakan di sini adalah berat badan Anda sendiri.Olahraga yang termasuk bodyweight exercises adalah:
  • Push-up
  • Pull-up
  • Squat (termasuk squat jump)
  • Mountain climber
  • Lunge
  • Plank (termasuk side plank)
  • Bicycle crunch
  • Abdominal crunch
  • Burpee
  • Speed skaters
  • Crab crawl
Anda juga dapat menggunakan alat bantu tambahan untuk menambah variasi gerakan, seperti karet senam dan bola besar atau gym ball. Selain itu, barbel yang dijual bebas di toko olahraga dengan berat mulai dari 1 kilogram pun bisa jadi pilihan.

Catatan dari SehatQ

Karena berlatih di rumah tanpa didampingi oleh trainer, sangat penting untuk tahu batasan kondisi fisik Anda sendiri. Apalagi, membangun massa otot tidak bisa dilakukan hanya dengan 1-2 kali latihan dan rentan menimbulkan cedera bila dilakukan dengan teknik yang salah.Untuk mengetahui lebih lanjut tentang risiko cedera ketika melakukan olahraga dalam membangun massa otot, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragamakanan pembentuk otottips olahraga
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/muscle-mass-percentage
Diakses pada 20 November 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/218201-what-are-the-benefits-of-gaining-muscle-mass/
Diakses pada 20 November 2020
WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/ss/slideshow-start-strength-training
Diakses pada 20 November 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/bodyweight-exercise-challenge-4583789
Diakses pada 20 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait