Mengapa Lubrikan Penting bagi Wanita saat Berhubungan Seks?


Menggunakan pelumas atau lubrikan membuat hubungan seks berjalan mulus. Lubrikan membantu melumasi vagina dan kondom agar penetrasi bisa dilakukan dengan mudah.

0,0
06 Oct 2021|Marco Anthony
Pelumas membantu membuat hubungan seks menjadi nikmatPelumas membantu membuat hubungan seks menjadi nikmat
Hubungan seksual merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan dilakukan bersama pasangan. Namun terkadang, kegiatan ini bisa terganggu karena vagina kering. Secara alami, tubuh wanita bisa memproduksi cairan vagina saat terangsang. Namun, beberapa kondisi menyebabkan cairan ini tidak keluar saat berhubungan seks sehingga membuat penetrasi menyakitkan. Untungnya hal ini bisa diatasi dengan menggunakan pelumas atau lubrikan. 

Manfaat lubrikan untuk wanita

Meski tidak semua orang suka menggunakan pelumas dalam berhubungan seks, penggunaannya dapat membuat pengalaman berhubungan seks menjadi lebih nyaman. Terutama bagi para wanita yang mengalami masalah vagina kering, atropi vagina, yang sedang menjalani pengobatan, dan menopause.Lubrikan mempermudah penetrasi penis ke dalam vagina sehingga tidak menyebabkan rasa sakit.

Kapan harus menggunakan pelumas?

Selain wanita yang mengalami masalah vagina kering, sebenarnya pelumas juga bisa digunakan oleh setiap wanita. Kapan saat yang tepat menggunakannya?
  • Vagina kering karena efek pengobatan. Beberapa obat memiliki efek samping yang dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk memproduksi cairan alami vagina.
  • Vagina kering akibat perubahan hormonal. Saat mengandung dan saat melahirkan, tubuh wanita mengalami perubahan hormon yang dapat memengaruhi jumlah produksi cairan alami vagina.
  • Vagina kering akibat menopause.
  • Saat vagina terasa gatal dan nyeri saat berhubungan seks.

Memilih pelumas yang tepat

Saat ini, pelumas bisa ditemukan secara mudah di apotek maupun supermarket minimarket. Namun pelumas juga hadir dalam beberapa kategori. Mengenali masing masing jenisnya akan memudahkan Anda memilih pelumas yang sesuai kebutuhan.
  • Water-based lubricant

Pelumas berbahan air adalah yang paling umum digunakan. Pelumas ini relatif aman jika tidak segaja tertelan saat oral sex (dalam jumlah kecil), tidak meninggalkan noda pada kain, dan juga aman digunakan bersamaan dengan kondom.
  • Silicon-based lubricant

Pelumas jenis ini memiliki tekstur yang lembut seperti kain sutera saat digunakan. Bisa digunakan bersamaan dengan kondom
  • Oil-based lubricant

Pelumas berbasis minyak ini memiliki kelebihan tahan lama. Berbeda dengan pelumas berbahan air yang jumlahnya harus terus ditambahkan ketika sudah terasa kesat, pelumas ini bisa licin lebih lama. Sayangnya jenis ini, tidak cocok digunakan bersama kondom karena meningkatkan risiko kondom robek.

Vigel Tight, melumasi dan menutrisi

vigel tight
Vigel Tight
Jika Anda bingung memilih pelumas yang tepat untuk Anda, Vigel Tight bisa menjadi pilihan yang tepat. Pelumas yang berbahan dasar air ini tak hanya membantu melumasi vagina, tetapi juga menutrisi vagina dengan berbagai kandungan alaminya.Kandungan ekstrak witch hazel dan ekstrak bubuk pale catechu-nya memiliki zat tannin yang bersifat astrigent dan dapat mengencangkan dinding vagina. Sementara ekstrak oak gall di dalamnya membantu merangsang kontraksi otot vagina dan juga mengembalikan elastisitas uterus.Dengan Vigel Tight Anda bisa mendapatkan pengalaman seksual yang bukan hanya nikmat tetapi juga sehat.

Gunakan pelumas saat berhubungan seks

Karena manfaatnya yang begitu baik, tak ada salahnya untuk menggunakan pelumas di setiap hubungan seksual Anda. Bukan hanya untuk wanita yang mengalami masalah vagina kering, pelumas juga akan bermanfaat bagi Anda yang tidak mengalami vagina kering tetapi ingin mengalami pengalaman seksual yang lebih nikmat.
hubungan sekstips seksadv vigel tight
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/vaginal-lubricants#benefits  Diakses pada 30 September 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/lube-shopping-guide-types Diakses pada 30 September 2021ISSM. https://issm.info/sexual-health-qa/why-is-vaginal-lubrication-important-for women/Diakses pada 30 September 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326450#_noHeaderPrefixedContent  Diakses 30 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait