gambar orang menggigil
Udara dingin sering menjadi penyebab menggigil, tetapi ada juga penyebab lainnya

Saat sedang menonton film menyeramkan atau berada di tempat yang dingin, tubuh Anda pasti akan merespon dengan menggigil. Menggigil memang wajar terjadi dan merupakan respon alamiah tubuh.

Tubuh Anda menggigil sebagai cara untuk memproduksi rasa hangat dengan memicu kontraksi pada otot. Namun, tahukah Anda jika menggigil juga bisa menjadi indikasi adanya infeksi atau kondisi medis tertentu yang menyerang daya tahan tubuh.

Apa penyebab dari menggigil?

Tubuh Anda tiap harinya merasakan berbagai macam keadaan dan menggigil dapat menjadi respon tubuh atau sinyal tubuh yang mengindikasikan bahwa tubuh mengalami suatu kondisi tertentu.

  • Udara dingin

Penyebab umum dari seseorang menggigil dapat dikarenakan suhu ruangan yang terlalu dingin sampai membuat ketidaknyamanan pada tubuh. Menggigil memicu kontraksi otot dan pemakaian gula dalam tubuh untuk memproduksi panas.

Sensitivitas seseorang terhadap udara dingin berbeda, karenanya Anda bisa saja menggigil di suhu 23 derajat celcius, tetapi teman Anda baru menggigil pada suhu 20 derajat celcius.

Jika terus terpapar dengan udara dingin sementara tubuh tidak mampu memproduksi panas dengan cepat, Anda akan mengalami hipotermia.

  • Rasa takut

Selain udara dingin, rasa takut adalah penyebab umum lainnya seseorang menggigil. Rasa takut memompa dan meningkatkan tingkat adrenalin dalam darah yang memicu respon pada otot berupa menggigil.

  • Efek obat bius

Jika Anda baru saja menjalani operasi tertentu, Anda mungkin akan menggigil setelah efek obat bius berakhir. Obat bius mengganggu kemampuan otak seseorang untuk mengatur suhu tubuhnya atau disebut juga termoregulasi. Sehingga pasca pembiusan, tubuh bisa menggigil karena efek obat yang belum habis.

  • Flu

Saat tubuh terserang virus flu, tubuh akan merespon dengan meningkatkan suhu tubuh untuk membunuh virus yang menyerang. Menggigil merupakan salah satu cara tubuh untuk menaikkan suhu tubuh Anda.

Saat mengalami flu, Anda juga akan merasakan gejala lain seperti sakit kepala, mual, nyeri otot, sakit tenggorokan, batuk, diare, muntah, hidung yang berair atau tersumbat, dan kelelahan.

  • Infeksi

Tidak hanya flu, infeksi bakteri atau virus lainnya juga mampu memicu reaksi menggigil yang dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Menggigil umumnya beriringan dengan demam dan bertujuan untuk membunuh virus atau bakteri yang masuk ke tubuh.

Beberapa infeksi yang dapat menyebabkan respon menggigil adalah malaria pneumonia, dan infeksi saluran kandung kemih.

  • Batu ginjal

Saat Anda menderita batu ginjal, salah satu gejala yang bisa terjadi adalah menggigil. Batu ginjal terjadi saat senyawa dan garam menggumpal menjadi satu, gumpalan tersebut dapat menyebabkan infeksi yang menimbulkan respon menggigil.

Salah satu ciri khas utama dari batu ginjal adalah adanya masalah saat buang air kecil, serta warna dan bau urine yang berbeda dari biasanya.

Berbeda dengan flu, Anda perlu menjalani operasi untuk mengangkat batu ginjal karena batu ginjal tidak dapat hilang dengan sendirinya.

  • Hipotiroid

Hipotiroid atau kondisi saat kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon tiroid secara cukup dapat membuat Anda lebih rentan terhadap dingin yang membuat Anda cepat menggigil.

Gejala lain yang bisa dialami adalah kulit kering, merasa lelah, sembelit, depresi, dan merasa pikiran kosong. Hipotiroid tidak dapat diobati tapi bisa diatasi dengan konsumsi obat.

  • Hipoglikemia

Hipoglikemia atau gula darah rendah dapat mengaktivasi respon menggigil. Gula darah rendah dapat terjadi jika Anda mengalami diabetes atau belum makan. Terkadang Anda dapat merasa pusing, detak jantung tidak menentu, dan berkeringat saat kadar gula darah turun.

Menggigil pada bayi dan kaum lansia

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak dan kaum lansia juga dapat mengalami respon menggigil. Pada bayi, menggigil bukan karena udara dingin, tetapi untuk membakar lemak dalam tubuh sebagai sumber panas.

Terkadang, bayi menggigil karena mengalami penurunan pada kadar gula darah akibat kelaparan.

Kaum lansia lebih rentan menggigil karena lebih sensitif terhadap udara dingin. Konsumsi obat tertentu, seperti asma juga dapat menyebabkan reaksi menggigil. Kadang kala, tremor sering dianggap sebagai menggigil, padahal keduanya adalah kondisi yang berbeda.

Selalu konsultasi ke dokter

Apabila Anda sering menggigil padahal udara tidak sedang dingin atau Anda tidak mengalami rasa takut, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/shivering#in-babies
Diakses pada 17 Desember 2019

WebMD.  https://www.webmd.com/a-to-z-guides/why-do-i-have-chills#1
Diakses pada 17 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed