Mengapa Kita Harus Berolahraga? Ini 10 Alasannya!


Terdapat berbagai macam alasan mengapa kita harus berolahraga secara rutin di dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari menurunkan risiko penyakit, menguatkan tubuh, hingga membakar lemak berlebih.

0,0
23 Nov 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Terdapat banyak alasan mengapa kita harus berolahraga secara rutin!Salah satu alasan mengapa kita harus berolahraga ialah meningkatkan stamina tubuh.
"Berolahragalah secara rutin, jangan malas-malasan!". Mungkin ini menjadi salah satu saran yang sering dilontarkan oleh keluarga, teman, atau pasangan kepada kita. Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa kita harus berolahraga?Ada banyak alasan mengapa kita harus rutin berolahraga di dalam kehidupan sehari-hari. Intinya, olahraga membawa dampak baik pada berbagai aspek kesehatan kita.

10 alasan mengapa kita harus olahraga

Olahraga diartikan sebagai segala gerakan yang membuat otot bekerja dan menuntut tubuh membakar kalori. Ada banyak jenis olahraga yang dapat dicoba, seperti berenang, berlari, hingga bersepeda.Bukan sekadar mitos belaka, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga sangatlah baik untuk kesehatan. Bahkan, berolahraga secara rutin dipercaya dapat membuat Anda hidup lebih lama. Mari kenali berbagai alasan mengapa kita harus berolahraga ini.

1. Menjaga berat badan

Setiap gerakan olahraga akan menuntut tubuh untuk membakar kalori. Semakin intens gerakannya, semakin banyak juga kalori yang dipangkas. Itulah mengapa berolahraga secara rutin dapat membantu Anda menjaga berat badan ideal.

2. Mencegah datangnya penyakit

Takut akan penyakit jantung? Khawatir dengan tekanan darah tinggi? Cobalah untuk berolahraga secara rutin. Salah satu alasan penting mengapa kita harus berolahraga secara rutin adalah menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit.Berolahraga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan trigliserida. Faktor ini dapat melancarkan aliran darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.Selain itu, berolahraga secara rutin juga dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit ini:
  • Stroke
  • Sindrom metabolik
  • Diabetes tipe 2
  • Depresi
  • Gangguan cemas
  • Berbagai jenis kanker
  • Artritis.
Ditambah lagi, berolahraga secara rutin juga diyakini dapat meningkatkan fungsi kognitif dan menurunkan risiko kematian dari penyakit apa pun.

3. Memperbaiki suasana hati

Salah satu alasan mengapa kita harus berolahraga ialah memperbaiki suasana hati
Berolahragalah untuk perbaiki suasana hati yang runyam
Suasana hati yang kurang baik bisa diperbaiki dengan berolahraga. Sebab, berolahraga secara rutin dapat merangsang berbagai zat kimia pada otak yang membuat Anda menjadi lebih rileks, bahagia, dan terhindar dari gangguan cemas.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Sejumlah perubahan fisik akan terjadi ketika kita telah terbiasa berolahraga, contohnya postur tubuh yang membaik, otot lengan membesar, atau bahkan six pack. Perubahan ini tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.

5. Menambah stamina

Sering merasa lelah saat melakukan aktivitas? Cobalah berolahraga secara rutin untuk meningkatkan kekuatan otot dan ketahanan tubuh.Kebiasaan berolahraga secara teratur juga dapat memastikan jaringan tubuh mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya. Lebih dari itu, kegiatan ini bisa membuat sistem kardiovaskuler berkerja secara efisien sehingga stamina tubuh akan meningkat.

6. Mencegah gangguan tidur

Menjadikan olahraga sebagai kebiasaan dapat membantu Anda untuk tertidur lebih cepat dan nyenyak. Bagi Anda yang memiliki gangguan tidur, cobalah untuk berolahraga dengan teratur.Namun ingat, jangan berolahraga berdekatan dengan waktu tidur. Kebiasaan ini malah bisa membuat Anda merasa kesulitan untuk terlelap.

7. Menyehatkan kulit

Punya masalah kulit? Cobalah lebih aktif melakukan aktivitas fisik. Menurut sebuah studi, tubuh akan memproduksi antioksidan alami saat berolahraga yang bisa membantu menyehatkan kulit Anda.Kegiatan ini juga mampu meningkatkan aliran darah dan merangsang adaptasi sel kulit guna mencegah penuaan dini.

8. Menjaga kesehatan otak

Ketika berolahraga, jantung akan terpacu untuk berdetak cepat sehingga aliran darah dan oksigen ke otak menjadi lancar. Berolahraga juga mampu merangsang produksi hormon yang bisa memacu pertumbuhan sel otak.Lebih dari itu, sebuah penelitian sudah membuktikan kalau berolahraga dapat memperbesar ukuran hipokampus (bagian otak yang berfungsi untuk mengingat dan belajar). Studi lain juga mengungkapkan kalau berolahraga juga ampuh dalam mengurangi perubahan di otak akibat penyakit Alzheimer dan skizofrenia.

9. Membuat kehidupan seks lebih bergairah

Kebiasaan berolahraga secara rutin dapat memperkuat sistem kardiovaskuler, meningkatkan sirkulasi darah, mengencangkan otot, hingga mengasah fleksibilitas tubuh. Semua faktor ini mampu membuat kehidupan seks Anda lebih bergairah.Sebuah riset membuktikan, partisipan wanita yang berusia 40 tahun ke atas mengalami peningkatkan gairah dalam kehidupan seksnya setelah rajin berolahraga. Untuk pria, berolahraga digadang-gadang dapat meredakan gejala disfungsi ereksi.

10. Menumbuhkan jiwa sosial

Berolahraga secara rutin dapat menumbuhkan jiwa sosial jika dilakukan bersama teman atau keluarga
Berolahragalah bersama-sama untuk menambah keseruan!
Kegiatan olahraga dapat lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman-teman, keluarga, hingga kekasih. Sambil berbincang dan bertukar cerita, Anda pun dapat menikmati sesi olahraga.Dengan begitu, jiwa sosial Anda akan tumbuh, terutama jika Anda bergabung dengan sebuah komunitas olahraga.

Catatan dari SehatQ:

Dampak baik dari olahraga hampir menyentuh segala aspek di dalam hidup, mulai dari kehidupan seks bersama pasangan, kehidupan sosial, hingga kesehatan fisik maupun mental. Maka dari itu, jadikanlah berbagai alasan untuk berolahraga di atas sebagai motivasi Anda dalam menjalani hidup sehat.Bagi Anda yang masih ingin tahu lebih dalam tentang manfaat olahraga, jangan malu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
olahragatips olahragahidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-exercise
Diakses pada 9 November 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise/art-20048389#
Diakses pada 9 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait